uefau17.com

Training adalah Kegiatan Pelatihan dengan Trainer, Ketahui Manfaatnya - Hot

, Jakarta - Training adalah istilah dalam bahasa Inggris yang dalam bahasa Indonesia memiliki arti pelatihan. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menjelaskan training adalah proses, cara, perbuatan melatih, seperti kegiatan atau pekerjaan melatih.

Dalam buku berjudul Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Melaksanakan PTK Melalui Model Pelatihan dan Pembimbingan Tutor Teman Sebaya, training adalah berbentuk penugasan untuk pegawai atau karyawan baru di bawah bimbingan supervisor yang telah berpengalaman atau para pegawai senior.

Pelatihan atau training adalah kegiatan yang umumnya dilakukan oleh trainer atau pelatih. Kegiatan training adalah aktivitas melatih atau belajar oleh pelaku usaha kepada pekerja barunya. Training adalah mirip dengan kegiatan berlatih bekerja atau menyesuaikan diri dengan pekerjaan baru.

Di Indonesia, kegiatan training diatur dalam Undang-Undang No 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, khususnya Pasal 21-30. Sementara itu, penjelasan rincinya diatur dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No Per.22/Men/IX/2009.

Agar lebih memahami, berikut ulas lebih mendalam tentang kegiatan training dan manfaat kegiatan training, Minggu (15/1/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Training adalah Kegiatan Pelatihan dengan Trainer

Pada peraturan tersebut, kegiatan training adalah sistem pelatihan kerja yang diselenggarakan secara terpadu antara pelatihan di lembaga pelatihan dengan bekerja secara langsung di bawah bimbingan dan pengawasan instruktur atau pekerja yang lebih berpengalaman dalam proses produksi barang atau jasa di perusahaan, dalam rangka menguasai keterampilan atau keahlian tertentu.

International Coaching Federation mengungkap hal yang sama. Pelatihan atau coaching atau training adalah suatu metode pembinaan yang dilakukan dengan cara di mana klien bermitra dengan pelatih dalam proses pemikiran dan kreatif yang menginspirasi mereka untuk memaksimalkan potensi, baik secara pribadi maupun profesional.

Pustaka Digital Indonesia atau Tesaurus Bahasa Indonesia, menjelaskan pelatihan atau traning adalah sama dengan kegiatan penataran, pemelajaran, penyuluhan, pembibitan. Selain itu, masih ada 42 sinonim istilah training yang perlu diketahui, yakni:

- Training adalah sama dengan kegiatan Penataran

- Training adalah sama dengan kegiatan Pemelajaran

- Training adalah sama dengan kegiatan Penyuluhan

- Training adalah sama dengan kegiatan Pembibitan

- Training adalah sama dengan kegiatan Training

- Training adalah sama dengan kegiatan Instruksi

- Training adalah sama dengan kegiatan Aba-Aba

- Training adalah sama dengan kegiatan Ajaran

- Training adalah sama dengan kegiatan Amanat

- Training adalah sama dengan kegiatan Amaran

- Training adalah sama dengan kegiatan Arahan

- Training adalah sama dengan kegiatan Komando

- Training adalah sama dengan kegiatan Nasihat

- Training adalah sama dengan kegiatan Perintah

- Training adalah sama dengan kegiatan Pesan

- Training adalah sama dengan kegiatan Titah

- Training adalah sama dengan kegiatan Tugas

- Training adalah sama dengan kegiatan Pedoman

- Training adalah sama dengan kegiatan Pendidikan

- Training adalah sama dengan kegiatan Petunjuk

- Training adalah sama dengan kegiatan Bimbingan

- Training adalah sama dengan kegiatan Didikan

- Training adalah sama dengan kegiatan Edukasi

- Training adalah sama dengan kegiatan Kuliah

- Training adalah sama dengan kegiatan Kursus

- Training adalah sama dengan kegiatan Pelajaran

- Training adalah sama dengan kegiatan Pembelajaran

- Training adalah sama dengan kegiatan Pemberadaban

- Training adalah sama dengan kegiatan Pemeliharaan

- Training adalah sama dengan kegiatan Pencerahan

- Training adalah sama dengan kegiatan Pengajaran

- Training adalah sama dengan kegiatan Pengasuhan

- Training adalah sama dengan kegiatan Penggemblengan

- Training adalah sama dengan kegiatan Penggodokan

- Training adalah sama dengan kegiatan Sekolah

- Training adalah sama dengan kegiatan Tarbiah

- Training adalah sama dengan kegiatan Tuntunan

- Training adalah sama dengan kegiatan Pembenihan

- Training adalah sama dengan kegiatan Pembuahan

- Training adalah sama dengan kegiatan Penyemaian

- Training adalah sama dengan kegiatan Kaderisasi

- Training adalah sama dengan kegiatan Pengaderan

3 dari 3 halaman

Training Menurut Para Ahli dan Manfaatnya

Training Menurut Para Ahli

Training adalah kegiatan pelatihan yang dilakukan oleh seorang trainer. Para ahli menggambarkan kegiatan training berbeda-beda, ini penjelasannya yang lansir dari berbagai sumber:

1. Pengertian Training Menurut Mathis (2002)

Pengertian training adalah suatu proses dimana orang-orang mencapai kemampuan tertentu untuk membantu mencapai tujuan organisasi.

2. Pengertian Training Menurut Payaman Simanjuntak (2005) 

Pengertian training adalah bagian dari investasi SDM (human investment) untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan kerja, dan dengan demikian meningkatkan kinerja pegawai. 

3. Pengertian Training Menurut Ivancevich (2008) 

Pengertian training adalah berorientasi ke masa sekarang dan membantu pegawai untuk menguasai keterampilan dan kemampuan (kompetensi) yang spesifik untuk berhasil dalam pekerjaannya.

4. Pengertian Training Menurut Gary Dessler (2009)

Pengertian training adalah proses mengajarkan karyawan baru atau yang ada sekarang, ketrampilan dasar yang mereka butuhkan untuk menjalankan pekerjaan mereka. Pelatihan merupakan salah satu usaha dalam meningkatkan mutu sumber daya manusia dalam dunia kerja. 

5. Pengertian Training Menurut Gomes (2003)

Pengertian training adalah setiap usaha untuk memperbaiki performansi pekerja pada suatu pekerjaan tertentu yang sedang menjadi tanggung jawabnya, atau satu pekerjaan yang ada kaitannya dengan pekerjaannya.

6. Pengertian Training Menurut Gomez-Mejia, Balkin, dan Cardy (2001)

Pengertian training adalah dilaksanakan pada saat para pekerja memiliki keahlian yang kurang atau pada saat suatu organisasi mengubah suatu system dan para perlu belajar tentang keahlian baru.

7. Pengertian Training Menurut DeCenzo dan Robin (1999)

Pengertian training adalah suatu pengalaman pembelajaran di dalam mencari perubahan permanen secara relatif pada suatu individu yang akan memperbaiki kemampuan dalam melaksanakan pekerjaannya itu.

Manfaat Training

Proses training adalah pasti akan berdampak kepada orang-orang yang mengikutinya. Apa saja manfaat training itu? Ini penjelasan manfaat training yang lansir dari berbagai sumber:

1. Training dapat mengeluarkan potensi diri seseorang. Dalam proses training, seorang pelatih akan membantu untuk memprovokasi pemikiran trainer, orang yang di-training, sehingga trainer akan berpikir dan mendapatkan solusi atas permasalahan yang dimilikinya.

2. Training dapat membantu pengambilan keputusan. Saat trainer memiliki beberapa opsi dalam proses training, pelatih akan membawa trainer untuk berfikir melalui beberapa perspektif, di mana trainer akan berfikir pilihan mana yang paling cocok untuk permasalahan yang sedang dihadapinya.

3. Training sebagai persiapan menghadapi masa depan. Training dapat membantu trainer untuk menentukan apa yang akan menjadi prioritas dalam hidup mereka, sehingga nantinya trainer dapat mempersiapkan sesuatu untuk masa mendatang.

4. Perbaikan dan peningkatan performa. Training di perusahaan atau organisasi banyak dilakukan untuk peningkatan performa kinerja. Training dapat membantu karyawan untuk menentukan metode kerja agar dapat mencapai target dengan lebih efektif dan efisien.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat