uefau17.com

20 Wisata Bandung Kota, dari Jalan Braga Hingga Masjid Al Jabbar - Hot

, Jakarta Wisata Bandung kota bisa menjadi alternatif menarik saat liburan. Sebagai kota metropolitan terbesar di Jawa Barat, Kota Bandung menawarkan berbagai destinasi wisata yang menyenangkan. Menikmati suasana kota sambil jalan kaki bisa menjadi pilihan.

Kamu bisa mengunjungi berbagai destinasi wisata seperti museum, taman, hingga belanja dan kulineran. Kamu bisa berkunjung ke berbagai destinasi wisata tersebut dengan mudah. Bandung juga tetap menarik dikunjungi baik pada siang hari maupun malam.

Wisata Bandung kota merupakan alteratif bagi kamu yang tidak mau liburan jauh-jauh dari kota. Berlibur ke daerah Lembang ataupun Ciwidey tentunya membutuhkan waktu dan tenaga lebih dibandingkan berkeliling kota Bandung saja.

Berikut rangkum dari berbagai sumber, Rabu (4/1/2023) tentang wisata Bandung kota.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Wisata Bandung Kota

Jalan Dago

Jalan Dago merupakan salah satu wisata Bandung kota yang sangat populer. Dago menjadi tujuan wisatawan untuk belanja dan nongkrong. Di sini terdapat beragam produk distro yang dijual dengan harga terjangkau. Terdapat pula beberapa outlet produk-produk branded dan wisata kuliner yang siap memanjakan wisatawan.

Jalan Braga

Jalan Braga dikenal juga sebagai Paris van Java. Di sisi kanan kiri wisata Bandung kota ini terdapat kompleks bangunan yang masih mempertahankan ciri arsitektur lama pada masa Hindia Belanda dengan kesan kemegahannya. Di sini kamu dapat merasakan kemegahan kota Bandung dari bangunan-bangunan tempo dulunya. Hingga saat ini kawasan ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Jalan Cihampelas

Selain Dago dan Braga, Jalan Cihampelas termasuk salah satu ikon menarik dari kota Bandung. Jalan Cihampelas adalah wisata Bandung kota untuk berbelanja. Di kawasan ini pengunjung bisa menemukan kaos, baju, sepatu, dan pernak pernik khas bandung. Terdapat juga pusat oleh-oleh khas Bandung untuk para wisatawan.

Jalan Asia Afrika

Tak jauh dari Jalan Braga, kamu bisa menuju ke Jalan Asia Afrika yang juga masih memiliki suasana tempo dulu. Jalan Asia Afrika termasuk jalan bersejarah di mana terdapat Gedung Merdeka yang digunakan sebagai tempat Konferensi Asia–Afrika pada 18 April-24 April 1955. Di sepanjang jalan ini terdapat bangunan-bangunan lama yang masih dipertahankan arsitekturnya.

3 dari 6 halaman

Wisata Bandung Kota

Gedung Sate

Gedung Sate merupakan ikon kota Bandung yang sangat populer. Wisata Bandung kota ini menjadi destinasi favorit banyak orang saat liburan. Taman di sekeliling Gedung Sate adalah lokasi favorit untuk wisatawan berfoto ria. Di sini kamu bisa menyaksikan kemegahan Gedung Sate lengkap dengan hiruk pikuk kota Bandung.

Alun-Alun Bandung

Wisata Bandung kota yang tak boleh terlewat adalah Alun-alun Bandung. Tempat ini telah menjadi objek wisata yang populer di Bandung. Kamu dapat menikmati sore di alun-alun Bandung ditemani dengan kuliner yang dapat kamu beli di sekitar alun-alun. Saat ini Alun-alun Bandung telah mengalami renovasi yang membuatnya lebih ramah akan pengunjung.

Museum Konferensi Asia Afrika

Museum Konferensi Asia Afrika merupakan bagian dari Gedung Merdeka. Secara keseluruhan Gedung Merdeka memiliki dua bangunan utama, yang pertama disebut Gedung Merdeka sebagai tempat sidang utama, sedangkan yang berada di samping Gedung Merdeka adalah Museum Konferensi Asia Afrika. Wisata Bandung kota ini berlokasi di Jalan Asia Afrika No. 65. Kota Bandung. Museum Konferensi Asia Afrika merupakan memorabilia Konferensi Asia Afrika yang diselenggarakan di Bandung pada tanggal 18 sampai dengan 24 April 1955.

Museum Kota Bandung

Museum Kota Bandung berlokasi di Jl. Aceh No.47, Babakan Ciamis, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung. Wisata Bandung kota ini baru diresmikan pada 31 Oktober 2018. Museum Kota Bandung menjadi sarana edukasi mengenai sejarah berdirinya Kota dan Kabupaten Bandung. Di sini kamu dapat menelusuri sejarah perkembangan kota dan kabupaten Bandung lengkap dengan tokoh-tokoh penting di Bandung.

4 dari 6 halaman

Wisata Bandung Kota

Museum Geologi Bandung

Museum Geologi Bandung berada di Jl. Diponegoro No.57, Cihaur Geulis, Kota Bandung. Wisata Bandung kota ini sudah berdiri sejak 16 Mei 1929 silam. Di museum ini pengunjung dapat melihat berbagai ruang peragaan yang menampilkan kondisi geologi Indonesia tiap zamannya, fosil, flora-fauna dan sejarah terbentuknya kota Bandung, serta sumber daya geologi dan pemanfaatannya.

Museum Sri Baduga

Museum Sri Baduga di Jl. BKR No.185 (Lingkar Selatan) kota Bandung. Di museum ini kamu dapat menemukan koleksi benda-benda bersejarah seperti berbagai jenis koleksi Geologika, Biologika, Etnografika, Arkeologika, Historika, Numismatika/Heraldika, Filologika, Keramik, Seni Rupa dan Teknologi.

Museum Barli

Museum Barli dibangun untuk mengenang dan memamerkan hasil karya pelukis Barli Sasmitawinata. Wisata Bandung kota ini juga menjadi tempat dari berbagai kegiatan seni seperti pameran karya seni rupa, penjualan karya, diskusi dan sarasehan, pelatihan studio keramik dan lukis. Barli Sasmitawinata merupakan pelukis realis asal Bandung yang tersohor.

Kebun Binatang Bandung

Kebun Binatang Bandung termasuk Wisata Bandung kota yang mudah dijangkau. Dengan luas hampir 14 hektar, Bandung Zoo memiliki koleksi satwa lebih dari 800 individu dari kelas mamalia, burung, reptil & ikan. Satwa-satwa ini berasal dari dalam dan luar negeri. Di sini pengunjung bisa berinteraksi langsung dengan satwa. Terdapat pula Wahana Unta Tunggang, Gajah Tunggang & Kuda Tunggang yang siap memberi pengalaman menyenangkan bagi keluarga.

5 dari 6 halaman

Wisata Bandung Kota

Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani

Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani merupakan wisata Bandung kota dengan konsep edukasi yang tepat untuk liburan anak. Di sini, kamu bisa melihat berbagai konsep lalu lintas berupa simulasi dan berbagai rambunya. Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani ini berada di Jl. Belitung No.1, Merdeka, Sumur Bandung, Kota Bandung.

Taman Sejarah Bandung

Taman Sejarah Bandung terleta di belakang Balai Kota Bandung, kompleks Pemerintahan Kota Bandung. Wisata Bandung kota ini baru diresmikan pada tahun 2017 oleh Walikota Bandung saat itu, Ridwan Kamil. Taman Sejarah Bandung berisi informasi tentang sejarah kota Bandung. Terdapat juga gambar profip para pemimpin kota Bandung dari masa ke masa.

Taman Film

Taman Film merupakan salah satu Wisata Bandung kota berbentuk taman tematik. Taman ini berada di bawah Jembatan Pasupati, Kota Bandung. Taman Film memiliki konsep bioskop terbuka yang modern agar warga dapat beraktivitas di taman dan mendapat sarana menonton film secara gratis. Taman Film dikelola Komunitas Film Bandung dan Dinas Pertamanan Kota Bandung.

Pasar Cibaduyut

Pasar Cibaduyut dikenal sebagai wisata Bandung kota dengan pusat tas dan sepatu bahan kulit. Di sini kamu bisa menemukan beragam produk lokal dengan kualitas tinggi. Kualitasnya tidak kalah dengan merek-merek sepatu terkenal yang ada di mall. Pengunjung juga bisa memesan sepatu dengan desain sendiri. Hanya perlu memesan dan menunggu selama 1 atau 2 minggu. Waktu menunggu tergantung kerumitan model sepatu yang dipesan.

6 dari 6 halaman

Wisata Bandung Kota

Masjid Raya Bandung

Masjid Raya Bandung berada di Alun-alun Bandung. Lokasinya yang berada di pusat kota membuatnya begitu mudah untuk ditemukan. Jika kamu berkunjung ke alun-alun Bandung, tak ada salahnya untuk mampir ke masjid kebanggaan warga Bandung ini. Terdapat dua menara kembar di sisi kiri dan kanan masjid setinggi 81 meter yang selalu dibuka untuk umum setiap hari Sabtu dan Minggu.

Masjid Al Jabbar

Namanya Masjid Agung Al-Jabbar. Adapun, nama Al Jabbar dipilih dari salah satu di antara 99 Asmaul Husna yang artinya Maha Gagah, Maha Kuasa. Masjid  ini diperkirakan berkapasitas 60 ribu jamaah dan terletak di kelurahan Cimenerang, kecamatan Gedebage, kota Bandung.

Peletakkan batu pertama dilakukan pada 29 Desember 2017 oleh Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat ketika itu, Ahmad Heryawan dan Deddy Mizwar. Masjid ini dibangun di atas danau buatan, sehingga sering disebut juga dengan Masjid Terapung Gedebage. Masjid Al Jabbar menjelma menjadi wisata Bandung kota yang sangat ramai dikunjungi saat ini.

Babakan Siliwangi

Wisata Bandung kota berikutnya adalah Babakan Siliwangi. Babakan Siliwangi adalah ruang terbuka hijau di jantung kota Bandung. Tempat ini sudah menjadi area hijau sejak zaman Belanda. Hutan kota ini enggak kalah cantiknya dengan Central Park, New York.

Masjid Pusdai

Masjid Pusdai telah berdiri sejak 1998 dan dikelola oleh pemerintah Jawa Barat. Pusdai sendiri adalah singkatan dari Pusat Dakwah Islam. Salah satu wisata Bandung kota ini tak kalah ramai pengunjung dengan masjid lainnya. Hal ini tak lepas juga dari lokasinya yang berada di dekat Gedung Sate.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat