uefau17.com

Iritabilitas Adalah Kemampuan Menanggapi Rangsangan, Ini Contoh-Contohnya - Hot

, Jakarta Iritabilitas adalah salah satu bentuk adaptasi berupa kemampuan menanggapi rangsangan pada makhluk hidup. Semua makhluk hidup baik manusia, hewan dan tumbuhan memiliki kemampuan untuk menanggapi rangsangan dengan cara yang berbeda-beda, baik rangsangan yang berupa cahaya, suhu, sentuhan dan lain sebagainya. 

Dimiliki oleh semua makhluk hidup, iritabilitas adalah salah satu ciri makhluk hidup yang membedakannya dengan benda yang tidak hidup. Kemampuan menanggapi rangsangan ini, memiliki bentuk perilaku yang berbeda-beda, sebagai contoh adalah saat kita tertusuk duri, secara refleks kita akan bergerak menjauhkan diri dari duri karena rasa sakit yang dirasakan.

Iritabilitas adalah bentuk adaptasi makhluk hidup untuk bertahan hidup, dengan menanggapi rangsangan yang diterima, makhluk hidup berusaha menghindari atau mendapatkan hal yang berpengaruh pada hidup mereka. Dilakukan oleh semua makhluk hidup, terdapat banyak contoh iritabilitas yang bisa kita lihat sehari-hari.

Lebih lengkapnya, berikut ini rangkum dari berbagai sumber pada Kamis (29/12/2022). Pengertian iritabilitas, bentuk iritabilitas pada manusia, hewan dan tumbuhan, serta contoh-contohnya. 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Iritabilitas Adalah

Iritabilitas Adalah

Di bidang biologi, iritabilitas adalah salah satu sifat dasar makhluk hidup, yang memungkinkan mereka mendeteksi perubahan yang tidak menguntungkan di lingkungan tempat mereka ditemukan dan bereaksi terhadapnya, sehingga mencegah perubahan tersebut merusak kesejahteraan mereka. atau membahayakan kelangsungan hidup mereka.

Dengan cara ini, iritabilitas adalah bagian dari kemampuan homeostasis makhluk hidup, yaitu mekanisme mereka yang dimaksudkan untuk mengabadikan keseimbangan internal dan dengan demikian beradaptasi dan bertahan dari perubahan lingkungan yang mengancamnya.

Jadi, sebelum ada rangsangan dari lingkungan (eksternal) atau dari dalam organisme (internal),  makhluk hidup bereaksi dengan cara tertentu, tergantung pada sifat rangsangan yang memicu reaksi dan tingkat kerumitan makhluk hidup tersebut. Beberapa tanda umum iritabilitas adalah sebagai berikut:

- Agitasi, frustrasi, dan gangguan

- Kelelahan

- Bingung dan sulit berkonsentrasi

- Detak jantung yang cepat

- Kesulitan membuat akomodasi atau mengubah rencana

- Kepekaan berlebihan

- Berkeringat berlebihan

- Tingkat pernapasan meningkat

3 dari 4 halaman

Bentuk Iritabilitas Pada Makhluk Hidup

Bentuk Iritabilitas Pada Makhluk Hidup

1. Iritabilitas Sel

Sel memiliki membran plasma permeabel, yang memungkinkan protoplasma bagian dalam mendeteksi dan bereaksi terhadap perubahan kimia dan fisik di lingkungan, untuk menyediakan sarana yang lebih sesuai untuk perkembangannya. Dengan demikian, sel bereaksi terhadap perubahan pH, suhu, sinar matahari, listrik atau adanya nutrisi dan bahan organik.

Tingkat iritabilitas mikroskopis ini  umumnya bergantung pada reaksi biokimia yang dapat dideteksi oleh organel khusus atau oleh membran plasma yang sama. Jadi, organisme uniseluler beradaptasi, misalnya dengan kondisi lingkungan, tetapi juga sel sistem kekebalan tubuh bereaksi terhadap keberadaan agen asing di dalamnya.

2. Iritabilitas tanaman

Tumbuhan tidak memiliki reaksi kompleks sistem saraf yang memungkinkan rangsangan terencana untuk internal dan eksternal, sehingga  sifat iritabilitasnya seringkali melibatkan gerakan lambat yang kurang lebih  diatur oleh hormon tumbuhan, yang dapat diklasifikasikan menjadi dua jenis:

A. Tropisisme

Reaksi berkelanjutan dari orientasi atau pertumbuhan tanaman, dalam menghadapi rangsangan berkelanjutan, yang bisa positif (ke arah rangsangan) atau negatif (menjauhi rangsangan). Kasus-kasus tropisme adalah:

- Fototropisme. Tumbuhan menggunakan sinar matahari untuk proses fotosintesisnya, tetapi terlalu banyak sinar matahari dapat membakar daunnya atau mengeringkan tubuhnya. Oleh karena itu, tumbuhan akan tumbuh mencari matahari (fototropisme positif) ketika jumlahnya sedikit dan akan tumbuh menjauhi matahari (fototropisme negatif) ketika menemukannya berlebihan.

- Geotropisme. Tumbuhan perlu memperbaiki akarnya di tanah dan mengangkat batangnya ke arah yang berlawanan, di mana pun mereka berada. Oleh karena itu, akar akan selalu mencari pusat gravitasi bumi, sedangkan batang akan tumbuh berlawanan arah, tidak pernah sebaliknya.

- Hidrotropisme. Komponen lain yang dibutuhkan tanaman untuk metabolismenya adalah air, dan karena akarnya adalah organ tempat mereka dapat menyerapnya, biasanya terlihat tumbuh dan menyebar ke arah simpanan air, dan bukan sebaliknya.

- Tigmotropisme. Kita pernah memperhatikan bagaimana tumbuhan menyesuaikan pertumbuhannya dengan rintangan di sekelilingnya, mengelilinginya, tumbuh di atasnya, atau merayap menjauh darinya. Ini karena mereka bereaksi terhadap hambatan, mencegahnya menghalangi atau menghambat pertumbuhannya.

B. Nasties 

Perubahan pada daun dan bagian tanaman lainnya, sebagai respons terhadap rangsangan eksternal yang ditentukan dan sesaat. Mereka juga bisa dari jenis yang berbeda, misalnya:

- Photonastic. Banyak tanaman menanggapi ada atau tidaknya sinar matahari dengan cara tertentu, baik dengan mengernyitkan daunnya untuk mengurangi permukaan yang terkena cahaya (jika ada kelebihan cahaya), atau dengan mekar setelah matahari terbenam, jika selama itu. momen di mana lebih nyaman melakukannya, karena adanya serangga atau angin penyerbuk, misalnya.

- Seismonasti. Ini adalah jenis reaksi daun tanaman tertentu terhadap rangsangan fisik seperti gosokan atau sentuhan. Dalam beberapa kasus, mereka dapat menutup daunnya untuk melindungi atau menyembunyikannya, atau mereka dapat mengeluarkan zat beracun sebagai reaksi terhadap apa yang dianggap sebagai ancaman.

3. Iritabilitas Hewan

Dalam kasus hewan, keberadaan sistem saraf yang kurang lebih kompleks sangat menentukan reaksi mereka terhadap rangsangan tertentu, pertama-tama berdasarkan pada perilaku mereka. Secara aktif menjauh dari sumber ketidaknyamanan, keluar dari habitat atau sebaliknya, mendekati sumber panas saat dingin, atau menutupi matahari saat panas adalah contohnya. Perilaku ini dapat diklasifikasikan menjadi:

- Taktik Perpindahan organisme sebagai respons terhadap munculnya atau hilangnya rangsangan tertentu, terkait dengan kondisi yang bermanfaat bagi hewan Inilah yang terjadi ketika reptil berjemur untuk menghangatkan darah dinginnya karena mereka tidak dapat mengaturnya sebaliknya.

- Bertindak refleks. Mekanisme reaksi dasar sebagai tanggapan langsung terhadap situasi bahaya, rasa sakit atau ancaman, dan yang terjadi tanpa perencanaan sebelumnya, tetapi sebagai mekanisme otomatis. Inilah yang terjadi ketika kita menutup kelopak mata kita sebelum kemungkinan sesuatu mengenai mata kita.

4 dari 4 halaman

Contoh Iritabilitas

Contoh Iritabilitas

Iritabilitas menyiratkan prinsip dasar untuk keberhasilan hidup, yaitu adaptasi. Makhluk hidup harus dapat merasakan perubahan di lingkungannya, terutama yang mengancam kesejahteraannya dengan satu atau lain cara, untuk bereaksi sedemikian rupa sehingga keadaan keseimbangan internalnya dapat dipertahankan semaksimal mungkin. 

Kapasitas ini memainkan peran penting dalam evolusi karena ketika adaptasi menjadi lebih radikal dan lebih gigih, spesies baru dapat muncul. Berikut adalah beberapa contoh Iritabilitas pada makhluk hidup yang bisa dengan mudah kita temui :

- Ketertarikan ngengat nokturnal terhadap cahaya buatan, yang diasosiasikan dengan cahaya bulan (taktik positif) versus terbangnya kecoa saat kita menyalakan lampu dapur dan lari bersembunyi (taktik negatif).

- Penyusutan daunnya saat kita menyentuh tanaman "mimosa" atau "bertengger", atau menutupnya daun tanaman karnivora saat mendeteksi serangga di antara mereka.

- Akar pohon genus ficus mengangkat beton dari trotoar untuk mencari air dari pipa (hidrotropisme positif).

- Pergerakan cabang bunga matahari, mengikuti jalur matahari di langit (fototropisme positif).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat