uefau17.com

6 Cara Menghadapi Cuaca Ekstrem, Jaga Tubuh Tetap Sehat - Hot

, Jakarta - Cuaca ekstrem ditandai dengan terjadinya musim hujan berkepanjangan atau musim kemarau yang berkepanjangan. Kondisi cuaca ekstrem tentu akan berdampak pada kesehatan, karena bencana alam akan berisiko terjadi dan ini memicu munculnya berbagai macam penyakit. 

Kementerian Kesehatan atau Kemenkes RI menjelaskan, tubuh yang sehat adalah faktor dominan dalam menangkal berbagai macam penyakit. Ini karena sistem imun tubuh dapat bekerja dengan lebih efektif dalam melawan serangan bakteri atau virus.

Bagaimana cara menghadapi cuaca ekstrem?

Ada enam cara menghadapi cuaca ekstrem yang lansir dari berbagai literatur kesehatan. Mulai dari beristirahat dengan cukup, minum air putih cukup, rutin berolahraga, mengonsumsi makanan bernutrisi, selalu menjaga kebersihan, dan mengelola stres dengan baik.

Berikut ulas lebih mendalam tentang enam cara menghadapi cuaca ekstrem yang dimaksudkan, Selasa (27/12/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Menghadapi Cuaca Ekstrem dan Penjelasannya

1. Beristirahat dengan Cukup

Beristirahat dengan cukup adalah cara menghadapi cuaca ekstrem yang wajib dilakukan. Terutama bagi orang-orang yang melakukan aktivitas seharian. Istirahat atau tidur paling tidak 7 hingga 8 jam.

WebMD menjelaskan cara menghadapi cuaca ekstrem dengan istirahat yang cukup dapat menjaga tubuh dari berbagai serangan penyakit. Ini karena istirahat cukup bisa membantu tubuh meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara alami.

Cara menghadapi cuaca ekstrem ini pun berlaku untuk anak-anak. Jam tidur anak dapat mempengaruhi metabolisme. Oleh sebab itu, anak usia 3 hingga 6 tahun perlu mencukupi jam tidur sebanyak 11-13 jam dan anak usia 6 hingga 12 tahun sebanyak 10 jam.

Selain bisa membantu mencegah serangan berbagai penyakit, cara menghadapi cuaca ekstrem dengan istirahat cukup diungkap Kemenkes memberi manfaat:

- Menjaga agar mood selalu baik

- Mencegah tekanan darah tinggi

- Membantu menurunkan berat badan

- Meningkatkan konsentrasi saat beraktivitas

2. Cukup Minum Air Putih

Mencukupi kebutuhan konsumsi air putih harian jangan sampai dilewatkan. Cara menghadapi cuaca ekstrem ini akan membantu tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Direkomendasikan bagi orang dewasa minum air putih 2-3 liter setiap hari.

WebMD menjelaskan cara menghadapi cuaca ekstrem dengan mencukupi minum air putih, membuat tubuh terhidrasi dengan baik dan metabolisme tubuh meningkat. Nantinya, sistem imun akan lebih kuat.

Kemenkes mengungkap ciri-ciri air putih yang aman dikonsumsi meliputi:

- Air tidak berbau

- Air harus jernih karena air yang keruh biasanya air sudah tercemar oleh zat-zat yang berbahaya

- Tidak memiliki rasa

- Tidak ada kotoran

- Tidak mengandung bakteri dan zat beracun

Lalu, ini waktu yang tepat mengonsumsi air putih menurut Kemenkes:

- Ketika bangun tidur

- Sebelum dan sesudah makan (beri jeda)

- Sebelum dan sesudah olahraga (beri jeda)

- Waktu sore

- Waktu malam/sebelum tidur

3. Rutin Berolahraga

Rutin berolahraga baik itu ringan maupun berat adalah cara menghadapi cuaca ekstrem yang sangat penting dilakukan. Olahraga rutin dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan menjaga tubuh dari berbagai penyakit.

Hermina Hospital mengungkap cara menghadapi cuaca ekstrem dengan berolahraga rutin, dapat mengontrol dan mengatur sel T. Ini sel darah putih yang memiliki peran dalam memproduksi kekebalan tubuh. Paling tidak, lakukan olahraga ringan 30 menit setiap harinya.

Ini manfaat berolahraga secara rutin yang diungkap oleh Kemenkes:

- Menormalkan kadar kolesterol di dalam tubuh

- Membakar kalori di dalam tubuh

- Menyehatkan jantung

- Mencegah terjadinya obesitas

- Mengurangi stres

3 dari 3 halaman

Cara Menghadapi Cuaca Ekstrem dan Penjelasannya

4. Mengonsumsi Makanan Bernutrisi

Mengonsumsi makanan bernutrisi seperti buah, sayur, dan protein tinggi baik untuk kesehatan. Hermina Hospital mengungkap sayur dan buah adalah makanan kaya antioksidan yang baik untuk sistem kekebalan tubuh. Sementara itu, cara menghadapi cuaca ekstrem ini penting bagi anak juga.

Kebutuhan mikronutrien yang cukup dapat membantu pembentukan sistem imunitas anak dan menjaga anak tetap dalam kondisi sehat. Contohnya seperti cara menghadapi cuaca ekstrem dengan mencukupi seng, vitamin C, vitamin A, dan vitamin B kompleks.

5. Selalu Menjaga Kebersihan

Selalu menjaga kebersihan adalah cara menghadapi cuaca ekstrem yang sering diabaikan. Kebersihan yang terjaga akan membuat seseorang terbebas dari berbagai ancaman infeksi baik virus, bakteri, dan jamur.

Health Direct menjelaskan cara terbaik untuk melindungi diri dari kuman maupun penyakit menular selama cuaca ekstrem adalah salah satunya mencuci tangan menggunakan sabun.

Ini termasuk menjaga kebersihan diri seperti mandi secara rutin, menggunting kuku, dan mencuci tangan menjadi langkah efektif. Kemudian, menjaga kebersihan rumah dari debu dan kelembapan.

6. Mengelola Stres dengan Baik

Stres akan meningkatkan risiko berbagai penyakit, ditambah dengan kondisi cuaca ekstrem. Ini mengapa mengelola stres dengan baik adalah cara menghadapi cuaca ekstrem yang sangat direkomendasikan.

Direkomendasikan untuk cara menghadapi cuaca ekstrem dengan melakukan kegiatan yang dapat menghilangkan stres hingga menenangkan diri untuk melakukan hal-hal yang menyenangkan atau meditasi.

Kemenkes mengungkap cara mengelola stres dengan baik bisa dilakukan sebagai berikut:

- Jagalah kesehatan dengan cara olahraga/ aktivitas fisik teratur, tidur cukup, makan bergizi seimbang, terapkan perilaku hidup bersih dan sehat

- Melakukan kegiatan sesuaikan dengan minat dan kemampuan

- Berpikir positif

- Tenangkan pikiran dan kembangkan hobi

- Bicarakan keluhan dengan seseorang yang dapat dipercaya

- Meningkatkan ibadah sesuai dengan Agama masing-masing

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat