uefau17.com

Mengapa Kita Harus Memiliki Sifat Jujur, Ketahui 8 Ciri-Cirinya - Hot

, Jakarta Mengapa kita harus memiliki sifat jujur? Kejujuran akan membawa kebaikan bagi diri sendiri, di mana Anda dengan mudah mendapatkan kepercayaan dari orang lain. Saat Anda berbicara dan bertindak jujur, lebih dari tidak berbohong, menipu, mencuri, atau curang, maka secara tidak langsung Anda menunjukkan rasa hormat terhadap orang lain.

Mengapa kita harus memiliki sifat jujur? Kejujuran adalah dasar kepercayaan dan kunci dalam hubungan sosial. Dengan berbicara apa adanya, mampu memberi kita harapan, kepercayaan diri, kasih sayang dan meningkatkan pengambilan keputusan. Kejujuran juga dapat meningkatkan kesehatan mental dan fisik, sedangkan ketidakjujuran dapat meningkatkan tekanan darah dan detak jantung serta menyebabkan konsekuensi kesehatan yang merugikan lainnya.

Mengapa kita harus memiliki sifat jujur? Saat seseorang memiliki sifat yang jujur, maka komunikasi tentu meningkatkan keterbukaan dan kepercayaan. Tindakan ini merupakan dasar untuk memfungsikan hubungan sosial yang lebih intim. Oleh karena itu, dengan mengungkapkan kebenaran, sangat penting dalam masyarakat saat ini di mana begitu banyak orang berusaha menjadi sesuatu yang bukan diri mereka.

Berikut ini ciri-ciri orang jujur yang rangkum dari berbagai sumber, Kamis (15/12/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ciri-Ciri Orang Jujur

1. Memiliki Keyakinan yang Kuat

Berpegang teguh pada keyakinan membuat Anda tidak takut untuk membaginya dengan orang lain, dan hal ini adalah salah satu sifat yang dimiliki sebagai orang jujur. Terdapat contoh umum yang dapat dilihat dalam wawancara, di mana Anda dapat melihat dua tipe orang. Tipe pertama terdiri dari orang-orang yang mengatakan bahwa pekerjaan itu ideal bagi mereka karena sesuai dengan keterampilan dan pengalaman mereka, meskipun sebenarnya tidak. Tipe kedua adalah orang-orang jujur yang mengakui kekurangan mereka dan mengatasi bagaimana pekerjaan itu tidak sejalan dengan keyakinan mereka.

2. Siap Menerima Kritik

Orang yang berkulit tebal, mengacu pada orang yang tidak peka atau keras terhadap kritik, celaan, penolakan dan sebagainya. Menurut kamus, ketika memiliki sifat jujur, maka Anda akan sering memberi tahu orang apa adanya. Dan tentu saja, orang yang tidak menyukai apa yang mereka dengar akan bersikap defensif dan membalas dengan hinaan atau tidak. Inilah mengapa orang jujur cenderung berkulit tebal, untuk mencegah terpengaruh oleh tanggapan defensif orang lain.

3. Suara Tenang dan Konsisten

Menurut (Power of Positivity, 2020), orang dengan sifat jujur memiliki pembawaan yang tenang. Pernahkah Anda memperhatikan seseorang yang terus-menerus meninggikan nada suaranya selama percakapan? Ini adalah tanda bahwa seseorang berbohong. Sebagai orang yang jujur, Anda akan menjaga nada suara yang tenang dan konsisten saat berbicara dengan orang lain. Hal ini menunjukan bahwa Anda tidak takut dengan apa yang mungkin ditanyakan, atau bahkan ketika mereka mencoba menuduh Anda. Sebagai perbandingan, orang yang berbohong dan meninggikan nada suaranya saat berbicara melakukannya karena mereka menggunakan suara mereka sebagai mekanisme pertahanan ketika orang mengetahui mereka berbohong.

3 dari 4 halaman

Ciri-Ciri Orang Jujur

4. Tidak Mementingkan Popularitas

Seberapa penting pendapat Anda tentang orang lain? Jika jawaban Anda tidak banyak, maka ini mungkin salah satu ciri kepribadian sebagai orang yang jujur. Menurut (Outlandisher, 2020), orang yang memiliki sifat jujur tidak tertarik untuk dikagumi sebagai yang terpintar, atau paling menarik karena Anda tahu bahwa ini mungkin tidak benar . Anda tidak ingin membuang waktu dan tenaga untuk meyakinkan orang tentang hal-hal seperti itu, dan setiap kali Anda melakukan perbuatan baik, Anda melakukannya karena ingin membantu. 

5. Berani Mengatakan Kebenaran

Umumnya sebagaian orang menjadi tidak takut untuk mengatakan kebenaran kepada orang lain, meskipun itu akan menyakiti komunikan kita. Sebagai orang yang jujur, salah satu ciri utama Anda adalah bahwa Anda lebih suka mengatakan kebenaran yang menyakitkan kepada seseorang daripada kebohongan yang menyenangkan. Karena itu, ada beberapa orang tidak menyukai kenyataan, Anda mungkin dianggap sebagai orang kasar yang tidak peduli dengan perasaan orang lain. Tetapi pada akhirnya, bahkan ketika orang berpikir bahwa Anda tidak sopan, ingatlah bahwa Anda tidak memiliki niat buruk, Anda hanya jujur kepada mereka, dan sering kali, orang akan menemukan dan mengakuinya.

6. Membangun Hubungan yang Bermakna

Sebagai orang yang memiliki sifat jujur, kemungkinan Anda akan dikelilingi oleh teman-teman dekat. Lagipula, hubungan yang kuat dan langgeng mendasarkan diri pada kepercayaan dan kejujuran. Kemungkinan besar, Anda akan lebih memilih seseorang yang terbuka dan jujur tentang masalah, dan kebanyakan orang akan memiliki preferensi yang sama terhadap orang yang jujur (Outlandisher, 2020).

4 dari 4 halaman

Ciri-Ciri Orang Jujur

7. Bersikap Natural

Mengapa kita harus memiliki sifat jujur? Terkadang tanda paling jelas yang dapat diberikan orang bukanlah tanda verbal. Namun jika orang yang memiliki sifat jujur, maka gerakan tubuhnya tidak sesuai dengan apa yang dia katakan. Gerakan alami adalah sinyal yang jelas bahwa Anda tidak takut terekspos atau tidak ada yang Anda sembunyikan. Sebaliknya, seseorang yang berbohong biasanya akan memiliki gerakan yang lebih kaku dan tidak wajar, menurut Power of Positivity, tahun 2020. Ketika Anda benar-benar rileks saat berbicara, dan bahasa tubuh Anda menunjukkan hal itu, maka termasuk ciri orang yang jujur.

8. Mendapat Kepercayaan

Sifat jujur akan membawa dampak positif bagi diri seseorang, di mana orang yang terbiasa berkata jujur akan dipercaya oleh orang lain. Kepercayaan itu datang sendirinya akibat dari kejujuran. Selain menyampaikan suatu kejujuran, maka Anda akan mendapatkan kepercayaan. Bagi sebagian orang, memberikan kepercayaan adalah hal yang sulit, maka orang yang selalu jujur akan membuat kepercayaan mereka terbuka. Kepercayaan dalam hal ini juga beragam, dapat terjadi dimanapun kejujuran itu berada. Jika kamu selalu berkata jujur, maka kamu akan dipercaya oleh rekan-rekan kerja kamu.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat