uefau17.com

Apa yang Dimaksud dengan Jujur? Ini Manfaat dan Contohnya dalam Kehidupan Sehari-hari - Hot

, Jakarta Apa yang dimaksud dengan jujur perlu dipahami betul dan diterapkan oleh setiap orang dalam kehidupan sehari-hari. Jujur artinya berkata apa adanya. Perilaku jujur membawa kebaikan dan akan mengantarkan seorang umat Islam ke dalam surga-Nya.

Apalagi, jujur merupakan sifat wajib rasul yang perlu diteladani oleh setiap muslim. Jujur atau siddiq merupakan sifat wajib rasul yang pertama. Jujur perlu dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari karena akan mengantarkan kamu kepada keberkahan.

Apa yang dimaksud dengan jujur yaitu orang yang selalu benar dalam sikap, ucapan, dan perbuatan. Hal ini merujuk pada kesesuaian antara niat dengan ucapan dan perbuatan seseorang. Perilaku ini wajib dimiliki oleh setiap orang dalam kehidupan.

Berikut rangkum dari berbagai sumber, Rabu (14/12/2022) tentang apa yang dimaksud dengan jujur.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apa yang Dimaksud dengan Jujur?

Apa yang dimaksud dengan jujur yaitu sifat wajib yang dimiliki oleh rasul, yang dikenal juga dengan sebutan siddiq. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), apa yang dimaksud dengan jujur yaitu lurus hati atau tidak berbohong (misalnya dengan berkata apa adanya). Jujur artinya tidak curang (misalnya dalam permainan, dengan mengikuti aturan yang berlaku. Apa yang dimaksud dengan jujur sangat penting untuk dipahami seluruh umat Islam.

Quraish Shihab mendefinisikan siddiq atau jujur artinya orang yang selalu benar dalam sikap, ucapan, dan perbuatan. Mengutip laman Kemenag, apa yang dimaksud dengan jujur adalah kesesuaian antara niat dengan ucapan dan perbuatan seseorang. Jadi, jujur artinya perilaku manusia yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan, baik terhadap dirinya maupun pihak lain.

Seorang rasul tentunya tidak akan pernah berbohong kepada siapa pun. Bahkan kejujuran Nabi Muhammad SAW tak hanya terkenal di kalangan sahabat, tapi juga para musuh. Hal tersebut sesuai hadis yang diriwayatkan Ali RA bahwa Abu Jahal pernah berkata kepada Rasulullah SAW:

"Kami tidak menganggap engkau dusta, tapi menganggap dusta ajaran yang engkau bawa."

Apa yang dimaksud dengan jujur yaitu berkata apa adanya, lawannya yaitu bohong atau kizib. Seorang rasul harus menyampaikan kebenaran dan tentunya berlaku yang benar, tidak boleh berbohong. Hal tersebut terdapat dalam Firman Allah, berikut ini:

"Kawanmu (Muhammad) tidak sesat dan tidak (pula) keliru; Dan tidaklah yang diucapkannya itu (Al-Quran) menurut keinginannya. Tidak lain (Al-Quran itu) adalah wahyu yang diwahyukan (kepadanya)". (QS. An-Najm: 2-4)

3 dari 4 halaman

Manfaat Jujur

Apa yang dimaksud dengan jujur tentunya memiliki manfaat tertentu saat kamu melakukannya. Manfaat jujur adalah sebagai berikut:

- Seseorang secara tidak langsung sudah memberikan kebaikan kepada dirinya sendiri serta orang lain saat jujur

- Terbiasa dalam bersikap jujur juga akan membentuk karakteristik pribadi yang lebih bertanggung jawab, amanah, serta dapat dipercaya untuk hal-hal yang besar.

- Memperoleh keberkahan dalam usahanya.

- Dicintai oleh Allah SWT serta rasul -Nya dan juga akan disenangi oleh sesama manusia.

- Selamat dari mara bahaya. Meskipun akan terasa berat, namun pada akhirnya orang yang jujur akan selamat dari berbagai ancaman bahaya.

- Seseorang akan mempunyai perasaan yang lebih tenang serta lebih bahagia ketika menjalani hidupnya.

- Orang-orang jujur juga disebutk mempunyai integritas serta bisa dipercaya oleh orang lain, sehingga pada umumnya orang yang jujur akan lebih sukses di dalam hidupnya.

- Dengan sikap jujur ini, maka seseorang juga akan lebih mudah untuk memperoleh empati serta simpati dari pihak lain.

- Terbiasa dalam bersikap jujur juga dapat menjauhkan diri dari beragam tindakan yang melanggar norma serta hukum negara. Sebagai contoh: korupsi, kolusi, dan juga nepotisme.

- Memperoleh pahala seperti pahala orang syahid yang berada di jalan Allah SWT.

- Dijamin masuk surga.

4 dari 4 halaman

Contoh Jujur dalam Kehidupan Sehari-hari

Apa yang dimaksud dengan jujur juga bisa kamu kenali melalui contoh-contohnya dalam kehidupan sehari-hari. Berikut contoh jujur dalma kehidupan sehari-hari:

- Berusaha mengatakan kebenaran meskipun dari hal terkecil bahkan terasa pahit.

- Mengakui kesalahan yang dilakukan jika memang salah.

- Bertindak jujur dalam berdagang ataupun melakukan transaksi pembelian.

-. Mematuhi rambu lalu lintas di jalan.

- Hindari melakukan suap dan menyontek dalam ujian ataupun pekerjaan.

- Berbicara jujur sesuai fakta dan tidak mengubah fakta yang ada.

- Menghargai orang lain dan tidak membeda-bedakannya.

- Tidak menyuap petugas kepolisian saat sedang ditilang karena kelalaian diri sendiri.

- Memberikan informasi yang sebenarnya saat ada yang bertanya alamat di jalan.

-. Berusaha untuk menepati janji atau tidak mengingkari apa yang sudah dikatakan.

- Tidak menelan informasi secara mentah-mentah yang memicu mengatakan sesuatu tidak sesuai fakta. Sehingga perlu klarifikasi dan cek kebenaran secara faktual.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat