uefau17.com

Apa yang Dimaksud dengan Berita? Pahami Pengertian, Unsur-Unsur, dan Jenisnya - Hot

, Jakarta Apa yang dimaksud dengan berita adalah istilah yang kerap kita bicarakan dalam percakapan sehari-hari. Berita tidak akan lepas dalam kehidupan kita, banyak orang mendefinisikan berita sebagai informasi yang kita temukan di mana pun dan kapan pun.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, apa yang dimaksud dengan berita adalah sebuah cerita ataupun keterangan yang memuat informasi mengenai berbagai kejadian ataupun peristiwa yang hangat atau up to date.

Secara sederhana, apa yang dimaksud dengan berita adalah laporan kejadian atau peristiwa yang aktual. Dengan berita kita dapat mengetahui informasi penting yang ada di sekitar kita bahkan di luar lingkungan kita. Dalam teks berita memiliki ciri-ciri untuk membedakannya dengan kalimat lain.

Untuk lebih rinci, berikut ini ulas mengenai apa yang dimaksud dengan berita beserta ciri-ciri dan jenisnya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (14/12/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Apa yang Dimaksud dengan Berita

Apa yang dimaksud dengan berita adalah laporan tercepat mengenai fakta atau ide terbaru yang benar, menarik atau penting bagi sebagian besar khalayak, melalui media berkala seperti surat kabar, radio, televisi, atau media internet.

Dikutip dari buku Dasar-Dasar Jurnalistik (2002) karya Drs. A.M. Hoeta Soehoet, apa yag dimaksud dengan berita adalah keterangan mengenai suatu peristiwa atau isi pernyataan seseorang yang menurutnya perlu diketahui untuk mewujudkan filsafat hidupnya. Definisi lain mengenai apa yang dimaksud dengan berita merupakan sebuah pemberitahuan yang mengungkap tentang sebuah kejadian atau hal yang terjadi pada waktu tertentu.

Apa yang dimaksud dengan berita merupakan suatu fakta atau ide atau opini aktual yang menarik dan akurat serta dianggap penting bagi sejumlah besar pembaca, pendengar, maupun penonton. Jadi walaupun ada fakta tapi jika tidak dinilai penting, aktual, dan menarik oleh sejumlah besar orang maka hal tersebut masih belum bisa diangkat sebagai bahan berita.

Dengan begitu, apa yaang dimaksud dengan berita yakni hal yang penting bagi semua orang karena berita merupakan peristiwa atau kejadian dan akan disiarkan yang tujuannya untuk memberikan tambahan pengetahuan (informasi) kepada penonton.

Topik umum yang biasanya digunakan sebagai laporan berita meliputi perang, pemerintah, politik, pendidikan, kesehatan, lingkungan, ekonomi, bisnis, mode, dan hiburan, serta acara atletik, acara unik atau tidak biasa. 

3 dari 6 halaman

Pengertian Berita Menurut Para Ahli

Adapun apa yang dimaksud dengan berita menurut para ahli, antara lain:

JB Wahyudi

Dikutip dari buku Dasar-dasar produksi Televisi (2012) karya Andi Facruddin, berita adalah laporan tentang peristiwa atau pendapat yang memiliki nilai penting, menarik bagi sebagian khalayak, masi baru dan dipublikasikan secara luas melalui media massa periodik.

James M. Neal dan Suzzane S. Brown

Dalam buku News Writing and Reporting, berita baru ada setelah ada peristiwa. Menurut mereka kecenderungan, kondisi, situasi, dan interpretasi adalah juga berita. Kecenderungan naiknya harga-harga kebutuhan pokok merupakan berita penting bagi khalayak luas. Adanya kecenderungan ini menimbulkan situasi dan kondisi yang akan menjadi berita yang menarik. Situasi dan kondisi di masyarakat itu sendiri akan memunculkan berbagai interpretasi yang juga sangat menarik bila dijadikan berita.

Williard C. Bleyer

Mengutip dari buku Jurnalistik: Suatu Pengantar Teori dan Praktik (2011) karya Indah Suryawati, berita merupakan suatu hal yang aktual dan dipilih oleh wartawan untuk dimuat dalam sebuah surat kabar karena aktual tersebut dinilai dapat menarik/mempunyai makna tersendiri bagi pembaca.

4 dari 6 halaman

Unsur-Unsur Teks Berita

Dalam berita harus terdapat unsur-unsur 5W+1H. Berikut ini penjelasannya:

1. What - apa yang terjadi di dalam suatu peristiwa?

2. Who - siapa yang terlibat di dalamnya?

3. Where - di mana terjadinya peristiwa itu?

4. When - kapan terjadinya?

5. Why - mengapa peristiwa itu terjadi?

6. How - bagaimana terjadinya?

7. What next - terus bagaimana?

5 dari 6 halaman

Syarat Penulisan Berita

Dikutip dari laman Kemdikbud, berikut ini terdapat beberapa syarat penulisan teks berita adalah:

1. Faktual

Peristiwa atau kejadian yang akan disampaikan sebagai berita harus bersifat faktual atau fakta. Fakta adalah berdasarkan kenyataan atau mengandung kebenaran, bukan berdasarkan imajinasi atau khayalan.

Saat membaca cerpen dan novel, memang membaca paparan mengenai sebuah peristiwa. Namun, itu tidak bisa dikategorikan sebagai berita karena sumber yang diceritakan berdasarkan imajinasi dan tidak mengandung kebenaran faktual.

Hal berbeda dengan peristiwa merebaknya virus Covid-19 yang terjadi pertama kali di Wuhan, China, beberapa waktu lalu. Meskipun bentuknya tidak terlihat, tetapi keberadaan virus bisa dibuktikan oleh para ahli, lengkap dengan korban-korban yang menderita akibat virus tersebut. Ini adalah peristiwa faktual, cerita yang benar-benar terjadi dan mengandung kebenaran. Oleh karena itu, peristiwa tersebut layak disebut sebagai berita.

2. Aktual

Aktual adalah istilah lain dari up to date, atau kejadian yang terkini. Sebuah peristiwa baru bisa menjadi berita kalau kejadiannya masih baru atau hangat.

3. Menarik dan bermanfaat

Peristiwa yang diangkat menjadi sebuah berita harus memenuhi unsur kemenarikan. Orang tentu hanya akan membaca atau menyimak sebuah berita yang dianggap menarik. Namun, kemenarikan ini biasanya dipengaruhi oleh manfaat yang terdapat di dalam berita tersebut. Manfaat yang dikandung dalam sebuah berita bisa bermacam-macam, tidak hanya satu jenis, di antaranya adalah informatif, menghibur, hingga memancing rasa empati (human interest).

4. Tidak Memihak

Peristiwa yang akan disajikan menjadi sebuah berita harus bersifat objektif alias tidak memihak. Misalnya, ketika melihat sebuah peristiwa tawuran antarpelajar, lalu anda akan menyajikannya menjadi sebuah berita. Cobalah untuk menempatkan diri pada posisi yang netral, tidak boleh berpihak kepada salah satu kelompok pelajar yang tawuran tersebut.

6 dari 6 halaman

Jenis-Jenis Berita

1. Straight News

Straight news adalah berita langsung atau apa adanya yang ditulis secara singkat dan lugas. Sebagian besar halaman depan surat kabar berisi berita jenis ini. Jenis berita straight news dibagi menjadi dua jenis, yakni:

a. Hard news, yakni berita yang memiliki nilai lebih dari segi aktualitas dan kepentingan.

b. Soft news, nilai beritanya di bawah hard news dan lebih merupakan berita pendukung.

2. Depth News

Depth news adalah berita mendalam yang dikembangkan dengan pendalaman hal-hal yang masih dalam permukaan.

3. Investigation News

Investigation news adalah berita yang dikembangkan berdasarkan penelitian atau penyelidikan dari berbagai sumber.

4. Interpretative News

Interpretative news adalah berita yang dikembangkan dengan pendapat atau penelitian penulis atau reporter.

5. Opinion News

Opinion news adalah berita mengenai pendapat seseorang, biasanya pendapat para cendekiawan, sarjana, ahli, atau pejabat, mengenai suatu hal, peristiwa dan sebagainya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat