uefau17.com

12 Tempat Wisata di Singkawang yang Memukau dan Wajib Dikunjungi - Hot

, Jakarta Tempat wisata di Singkawang menjadi salah satu destinasi yang wajib anda kunjungi saat berkunjung ke Kalimantan Barat. Areanya yang dikelilingi oleh berbagai pegunungan, membuat banyak tempat wisata di Singkawang yang menghadirkan nuansa alam alami dengan keindahan alam yang memukau.

Tempat wisata di Singkawang menyajikan beragam pilihan objek wisata yang bisa dipilih, mulai dari wisata alam, religi, kuliner, budaya hingga sejarah. Memiliki banyak pilihan destinasi wisata, tempat wisata di Singkawang menjadi salah satu tujuan wisata di Kalbar yang mampu menarik perhatian banyak wisatawan.

Memiliki pemandangan yang memukau, tempat wisata di Singkawang tidak hanya memberikan suasana yang menenangkan hati dan pikiran, namun juga suasana Instagramable yang cocok untuk anda yang ingin mengabadikan semua pengalaman perjalanan liburan dalam foto di media sosial.

Untuk rekomendasi, berikut ini rangkum dari berbagai sumber tempat wisata di Singkawang yang wajib dikunjungi, Kamis (17/11/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tempat Wisata di Singkawang

1. Vihara Tri Dharma Bumi Raya

Tempat wisata di Singkawang yang pertama adalah Vihara Tri Dharma Bumi Raya. Vihara Tri Dharma Bumi Raya digunakan sebagai tempat merayakan Tahun Baru Imlek. Cap Go Meh tidak hanya dihadiri oleh warga Tionghoa di Singkawang.

Didirikan pada tahun 1878 sebagai persembahan kepada Dewa Hutan, bernama Tua Peh Kong. Meski tidak terlalu besar, namun candi tersebut sudah menjadi ikon kota Singkawang, khususnya bagi masyarakat Tionghoa.

 

2. Rumah Marga Tjhia 

Terletak di Jl. Budi Utomo nomor 36, Singkawang, terletak salah satu tempat wisata Singkawang yang terkenal yaitu Rumah Marga Tjhia. Dibangun lebih dari 100 tahun yang lalu. Meski sudah tua, namun bangunan rumah ini masih berdiri dengan kokoh dan indah.

Rumah Marga Tjhia milik Si He Yuan memiliki teras yang luas dengan banyak ruangan di dalamnya. Taman itu merupakan tempat sentral yang digunakan untuk berkumpul dan bertemu dengan anggota keluarga, terutama di Tahun Baru Imlek.

 

3. Pasar Hongkong Singkawang

Pasar Hongkong menawarkan suasana yang nyaman, terutama di malam hari. Selain jalan-jalan, anda juga bisa menikmati beragam kue dan kuliner lokal khas Singkawang. Dimana kue dan kuliner Singkawang adalah sesuatu yang istimewa yang tidak akan anda temukan di kota lain.

Sebagai info, kuliner di sekitar Hongkong Market kebanyakan adalah makanan “non halal”. Yang berarti beberapa dari mereka dicampur dengan daging babi. Sehingga untuk wisatawan beragama Islam harus selektif saat berkunjung.

3 dari 5 halaman

Tempat Wisata di Singkawang

4. Pantai Pasir Panjang 

Tempat wisata di Singkawang yang selanjutnya adalah Pantai pasir panjang. Terletak di Kecamatan Tujuh, Singkawang, Kalimantan Barat, Indonesia. Dinamakan Pasir Panjang karena pantainya membentang panjang membentuk kubah di laut lepas. 

Airnya yang biru dan bersih membuat pantai ini dikenal sebagai pantai yang paling menarik dibandingkan pantai lain di Singkawang. Selain melakukan olahraga air, anda juga bisa menikmati waktu dengan bersantai atau berjemur di pinggir pantai.

 

5. Pantai Kura-Kura

Pantai Kura-Kura akan memanjakan anda dengan pasir keemasannya, air laut yang bersih dan bening serta ombak yang tenang. Dinamakan “Pantai Kura-Kura” karena pantai ini dipenuhi penyu dan anda dapat menemukan penyu dengan sangat mudah di sepanjang sisi pantai. 

Anda juga dapat menyentuh dan bermain bersama dengan kura-kura yang ada di sepanjang pantai. Di sisa hari, anda bisa menikmati matahari terbenam sambil bersantai di sepanjang garis pantai bersama dengan teman atau keluarga.

 

6. Pantai Tanjung Bajau

Pantai Tanjung Bajau merupakan tempat wisata baru, sehingga kondisinya masih alami dan sempurna. Terletak di antara tiga gunung yaitu Gunung Pelapis, Kota, dan Bajau. Membuat pantai ini memiliki panorama yang terlihat megah dan mempesona.

Memiliki garis pantai yang berwarna coklat keemasan dengan teksturnya yang lembut, pengunjung dapat menikmati berjalan-jalan di pantai dengan nyaman bahkan dengan bertelanjang kaki, selain itu ombaknya juga tenang dan cocok untuk berenang.

4 dari 5 halaman

Tempat Wisata di Singkawang

7. Pulau Randayan

Tempat wisata di Singkawang yang berikutnya adalah Pulau Randayan. Dikenal sebagai pulau terkecil dengan panjang 450 meter dan rata-rata 250 meter. Meski kecil, Pulau Randayan memiliki makhluk terindah di antara pulau-pulau lainnya.

Pulau Randayan dikelilingi dengan pemandangan yang menakjubkan. Pulau kecil ini dikelilingi oleh air biru yang jernih. Anda bisa menggunakan perahu untuk melihat-lihat atau tinggal di pulau dan berkeliling di pulau sambil menikmati tumbuhan dan hewan cantik di pulau ini. 

 

8. Pulau Lemukutan

Selain Pulau Randayan, ada satu pulau yang tidak boleh dilewatkan di Singkawang yaitu Pulau Lemukutan. Pulau sekeren yang sebelumnya. Pulau Lemukutan memiliki keunikan tersendiri yang akan memukau pengunjung.

Air jernih dengan pemandangan bawah laut yang memukau bisa anda temukan disini. Jika anda berencana untuk snorkeling, Pulau Lemukutan adalah tempat yang tepat. Jika anda ingin tinggal di pantai, anda juga bisa duduk-duduk di gazebo yang ada disekitar.

 

9. Pulau Simping

Berada di Desa Sedau dan terletak di seberang Pantai Teluk Mak Jantu. Dulu, penduduk setempat menyebutnya Pulau Simping dengan nama Pulau Kelapa Dua dan merupakan pulau terkecil di dunia. Hal ini membuat banyak orang yang tertarik mengunjungi pulau tersebut dan menyaksikan keunikannya dari dekat. 

Dari segi ukuran, Pulau Simping terbilang kecil. Luas totalnya sekitar 0,5 hektar. Namun pulau ini menawarkan panorama laut yang indah dan dikelilingi oleh terumbu karang. Beberapa pohon juga tumbuh di pulau itu, sehingga suasananya cukup nyaman untuk dijelajahi. Air ombaknya juga tenang sehingga wisatawan bisa berenang.

5 dari 5 halaman

Tempat Wisata di Singkawang

10. Taman Bougenville

Tempat wisata di Singkawang yang selanjutnya adalah Taman Bougenville. Taman ini menawarkan keindahan bunga dan udara yang menyegarkan bagi pengunjung, berada di kaki Gunung Pasi. Taman ini memiliki nuansa terbaik untuk bersantai karena keberadaan hutan dan peternakan di dekatnya. 

Taman Bougenville terdiri dari beberapa spot untuk dijelajahi. Salah satunya adalah hutan homogen dimana pengunjung bisa menikmati ketenangan dan nuansa menyegarkan yang luar biasa begitu memasuki area tersebut. Tempat ini juga dikelilingi oleh pepohonan yang rimbun dan udara yang segar. 

 

11. Mimi Land Batu Payung

Mimi Land berada 24 km sebelum kota Singkawang dari arah Pontianak, tepatnya di Desa Teluk Suak, Kecamatan Karimunting, Kabupaten Bengkayang. Taman ini memiliki banyak wahana permainan anak-anak dan bisa dimainkan oleh orang dewasa juga. 

Terdapat juga teman traveler dimana anda bisa menemukan flying fox, perahu kora tora, ontang-anting, komedi putar, ayunan, seluncuran dan lain sebagainya. Mimi Land juga menyediakan restoran dengan pemandangan langsung ke arah laut. 

 

12. Festival Cap Go Meh

Cap Go Meh merupakan perayaan penutup terbesar Imlek. Orang-orang datang dari kota dan negara lain untuk memeriahkan perayaan tersebut. Festival Cap Go Meh adalah festival paling menarik yang tidak boleh anda lewatkan di Singkawang. Banyak atraksi akan diselenggarakan di sini. 

Cap Go Meh sendiri berarti sebagai festival syukuran untuk merayakan sesi puncak panen. Juga sebagai ucapan syukur selama 15 hari nonstop selama Imlek. Selain atraksi, anda juga bisa menikmati varian makanan dan minuman buatan etnis Tionghoa. Hiasan saat Cap Go Meh dominan dengan warna merah yang berarti kekuatan yang tak terkalahkan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat