uefau17.com

Cara Membuat Kincir Angin dari Kertas Origami, Kardus, dan Karton, Bisa Berputar - Hot

, Jakarta - Cara membuat kincir angin dari kertas sangat mudah dipraktikkan. Kincir angin cocok dijadikan sebagai mainan anak-anak atau hiasan interior rumah yang lucu dan unik. Bagaimana cara membuatnya?

Ada tiga cara membuat kincir angin dari kertas yang bisa dicoba. Mulai dari cara membuat kincir angin dari kertas origami, dari kertas kardus yang tidak terlalu tebal, dan dari kertas karton yang lebih tebal dari kertas origami.

Cara membuat kincir angin dari kertas hanya membutuhkan alat dan bahan berupa kertas, lem, karet, pensil, tusuk sate atau bilah bambu, jarum pentul, paku payung, gunting, dan pewarna. Tertarik mencoba cara membuat kincir angin dari kertas?

Berikut ulas lebih mendalam tentang cara membuat kincir angin dari kertas origami, kertas kardus, dan kertas karton, Selasa (15/11/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Membuat Kincir Angin dari Kertas Origami

Alat dan bahan cara membuat kincir angin dari kertas origami:

- Kertas origami ukuran 16x16 cm

- Kawat kecil

- Mutiara sintetis

- Tusuk sate/batang bambu

- Karet gelang

- Lem kertas

Cara membuat kincir angin dari kertas origami:

1. Mulailah cara membuat kincir angin dari kertas origami dengan memotong kawat kira-kira 6 cm. Gunakan tusuk sate atau sembilah bambu untuk tiang kincir angin.

2. Tarik garis diagonal pada keempat sudut kertas. Gunakan penggaris dan pensil untuk membuat garis. Cara membuat kincir angin dari kertas origami adalah buat jarak 8 cm.

3. Tarik lagi garis sampai membentuk persilangan. Tandai tengahnya sebagai titik pusat. Setelah itu, gunting pada keempat garis diagonal yang sudah diberi jarak 8 cm. Kini,

4. Cara membuat kincir angin dari kertas origami, pertemukan ujung guntingan dari sudut ke sudut persegi. Tekuk ujung-ujung guntingan itu ke arah tengah-tengah persegi dengan cara ditumpuk.

5. Beri lem dan lekatkan. Kemudian, cara membuat kincir angin dari kertas origami adalah potong kertas berbentuk lingkaran untuk menutup ujung-ujung kertas agar tempelan kuat dan tidak mudah lepas.

6. Tempelkan potongan kertas berbentuk lingkaran pada tengah-tengah tumpukan ujung kertas yang baru dilem. Lanjutkan cara membuat kincir angin dari kertas origami, dengan memasukkan kawat pada mutiara sintetis dan tekuk kawatnya agar mengait.

7. Mutiara sintetis digunakan sebagai pengaman dan pembatas agar ketika berputar, kincir angin tidak lepas. Setelah itu lubangi tengah-tengah kertas lingkaran menembus titik pusat yang ada di bawah dengan menggunakan jarum.

8. Bagian akhir dari cara membuat kincir angin dari kertas origami, masukkan kawat menembus lubang pada titik pusat yang ada di bawah. Pasangkan kincir angin pada tusuk sempol atau tiang kayu. Ikat kawat menggunakan karet gelang atau pengikat yang lebih kuat.

3 dari 4 halaman

Cara Membuat Kincir Angin dari Kertas Kardus

Alat dan bahan cara membuat kincir angin dari kertas kardus:

- Kertas kardus berwarna yang tidak terlalu tebal

- Penggaris

- Pensil atau pulpen

- Pewarna untuk kertas seperti spidol, krayon, atau cat

- Lem kertas

- Jarum pentul

- Tongkat kayu kecil

Cara membuat kincir angin dari kertas kardus:

1. Mulailah cara membuat kincir angin dari kertas kardus, dengan membuat pola persegi yang memiliki ukuran 17.5 x 17.5 cm dengan menggunakan penggaris di sebuah kertas yang kosong.

2. Garis kertas kardus menggunakan pensil, lalu gunting kertas mengikuti garis sesuai pola yang telah dibuat. Gambar empat persegi pada kertas yang sudah dipotong ukurannya menjadi 17.5 x 17.5 cm.

3. Gunakan penggaris untuk membagi wilayah kertas dengan area yang tepat. Cara membuat kincir angin dari kertas kardus, bagian tengah kertas harus berada pata titik 8,75 cm.

4. Gunakan pensil untuk membuat garis lipat, tujuannya agar tidak meninggalkan bekas goresan yang susah untuk dihapus.

5. Cara membuat kincir angin dari kertas kardus, warnai keempat bidang yang telah dibagi dengan cat, atau menggunakan kertas warna lain dengan menempelkan kertas warna tersebut dengan menggunakan lem.

6. Usahan keempat bidang menggunakan warna yang berbeda. Selain kertas warna, bisa menggunakan lapisan alumunium, sehingga kincir angin berkilau saat terkena pancaran sinar.

7. Tunggu kertas yang diwarnai mengering sempurna, tujuannya agar saat dilipat kertas tidak mudah robek.

8. Kalau kertas yang diberi warna sudah selesai, cara membuat kincir angin dari kertas kardus adalah mulai membuat garis diagonal dari setiap sudut kertas menuju pada bagian tengah.

9. Buatlah garis secara mirip antar sudut kertas dengan melewati bagian tengah, sampai mencapai sudut yang berlawanan.

10. Buatlah gambar garis di setiap sudut kertas hingga ke jarak 3 cm dari titik tengah. Ulangi proses ini pada setiap sudut yang ada, sehingga pada kertas terdapat 4 garis yang terpusat pada titik tengah.

11. Gunting kertas mengikuti garis yang telah dibuat, jangan mengguntingnya terlalu panjang. Sisakan jarak sekitar 3 cm dari titik tengah.

12. Setelah itu, cara membuat kincir angin dari kertas kardus adalah berikan label di setiap garis misalnya, A, B, C, dan D. Setiap potongan segitiga memiliki satu huruf sebagai tanda.

13. Tambahkan tiang untuk kincir angin.

14. Setelah itu, cara membuat kincir angin dari kertas kardus adalah lipat kertas pada sisi yang sudah diberi tanda A, B, C, dan D tadi ke tengah persegi.

15. Gunakan jari untuk menahan lipatan, setelah itu masukkan jarum pentul tepat di pusat lipatan A, B, C, dan D semuanya bertumpuk menjadi satu.

16. Kemudian, pasang sebuah manik kecil pada ujung jarum yang tajam.

17. Letakkan kincir yang sudah jadi, lalu cara membuat kincir angin dari kertas kardus adalah ambil tiang kayu kecil yang telah disiapkan.

18. Basahi kayu dengan menggunakan air, lalu tekan jarum pada kayu tadi sampai menancap. Pastikan jarum menancap pada kayu dengan kuat.

4 dari 4 halaman

Cara Membuat Kincir Angin dari Kertas Karton

Alat dan bahan cara membuat kincir angin dari kertas karton:

- Kertas karton ukuran 15 cm × 15 cm

- Batang kayu kecil yang panjangnya 25 cm

- Gunting

- Pensil

- Paku payung atau jarum pentul

- Penggaris

Cara membuat kincir angin dari kertas karton:

1. Mulailah cara membuat kincir angin dari kertas karton, dengan membuat pola pada kertas karton pakai pensil, membentuk dua garis menyilang.

2. Pada bagian tengah yang menjadi tiitk temu kedua garis silang tersebut, cara membuat kincir angin dari kertas karton adalah buat lubang kecil.

3. Potong kertas sesuai dengan garis silang yang telah dibuat dengan gunting. Potong hingga setengahnya atau mendekati sumbu poros.

4. Tekuk bagian yang telah digunting menuju arah poros, lalu cara membuat kincir angin dari kertas karton mulai tusuk dengan paku payung atau jarum pentul pada bagian porosnya.

5. Jika paku payung sudah menusuk karton, selesaikan cara membuat kincir angin dari kertas karton dengan menusukkan paku payung atau jarum pentul tersebut pada sebatang kayu.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat