uefau17.com

4 Cara Setting TV Digital di Semua Merek TV, Mudah dan Cepat - Hot

, Jakarta Cara setting TV digital dapat dilakukan dengan mudah dan cepat, anda cukup mengikuti beberapa langkah mudah untuk dapat menikmati siaran TV di TV digital anda. TV digital merupakan kampanye pemerintah yang berupa migrasi dari saluran berbasis TV analog ke saluran TV digital yang lebih jernih.

Kebanyakan produk TV LED saat ini telah mendukung siaran TV pada saluran digital, sayangnya masih banyak orang yang bingung bagaimana cara setting TV digital pada TV LED biasa. Nyatanya cara setting TV digital pada setiap merek TV hampir sama dan mudah untuk dilakukan tanpa bantuan teknisi.

Yang perlu diperhatikan dalam cara setting TV digital adalah memastikan terlebih dahulu beberapa poin penting, mulai dari informasi mengenai TV yang dimiliki apakah telah mendukung saluran TV digital, hingga cara mengatur TV untuk menangkap saluran digital.

Lebih lengkapnya, berikut ini rangkum dari berbagai sumber pada Jumat (11/11/2022). tentang cara setting TV digital untuk berbagai merek TV dengan mudah dan cepat.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Setting TV Digital di Berbagai Merek TV

Dalam cara setting TV digital, hal pertama yang harus diperhatikan adalah memastikan bahwa poin-poin dibawah ini telah terpenuhi, berikut adalah langkah-langkah mudah dalam cara setting TV digital di berbagai merek TV yang ada:

1. Pastikan TV dapat Mendukung Saluran Digital

Cara setting TV digital yang pertama adalah memastikan terlebih dahulu apakah layar kaca milikmu dapat mendukung siaran televisi digital. Hal ini penting untuk memastikan siaran TV digital dapat kamu akses melalui layar kaca milikmu.

Jika anda tidak memiliki televisi yang dapat mendukung siaran TV digital, maka barang elektronik tersebut tidak akan pernah menangkap sinyal TV digital kecuali menggunakan Set Top Box.

Cara untuk memastikan televisi milikmu dapat mengakses TV digital adalah dengan melihat spesifikasi produk. Umumnya setiap pembelian televisi akan disertai dengan buku atau kertas spesifikasi produk, tetapi jika kamu kehilangan buku tersebut kamu dapat mengeceknya di internet.

2. Memasuki Menu Pengaturan di Televisi

Cara setting TV digital yang berikutnya adalah memasuki menu pengaturan dalam layar kacamu. Ambil remot TV milikmu dan akses menu pengaturan dengan menekan tombol Settings.

Umumnya tombol ini memiliki gambar gerigi roda atau terdapat tulisan Settings di atasnya. Kemudian, tekan pilihan bernama Program atau Programs. Menu tersebut dapat membantu kamu mencari siaran televisi digital baik secara otomatis atau manual.

3. Lakukan Pencarian Sinyal Televisi

Cara setting TV digital yang ketiga adalah dengan melakukan pencarian sinyal. Untuk mempermudah pencarian sinyal, anda bisa menggunakan fitur pencarian otomatis. Setelah membuka menu Settings dan memilih tombol Program.

Lanjutkan pencarian dengan mengklik menu Auto Tuning. Klik menggunakan antena jika televisimu menggunakan alat penangkap sinyal antena. Namun, jika tidak memiliki antena, kamu dapat memilih menggunakan STB atau Cable. Terakhir, pilih Start untuk memulai pencarian sinyal televisi.

4. Menunggu Televisi Mendapatkan Siaran

Cara setting TV digital terakhir adalah menunggu hingga semua siaran televisi digital telah terbaca oleh layar kacamu. Umumnya anda dapat menonton di layar berapa banyak sinyal yang terbaca dan tersimpan di televisimu.

Simbol DTV menandakan jumlah program siaran televisi yang dapat ditangkap oleh barang elektronik milikmu. Tunggu sampai semuanya selesai, kemudian kamu dapat langsung menonton siaran televisi digital langsung dari layar kacamu.

3 dari 3 halaman

Faktor Penyebab TV Tidak Bisa Mengakses Siaran TV Digital

Jika televisi anda mengalami kegagalan dalam mendapatkan sinyal, ada beberapa hal yang dapat menjadi faktor penyebab hal tersebut terjadi. Diantaranya adalah:

- Antena dipasang di dalam rumah bukan di luar rumah

- Lokasi antena milikmu tidak bisa menjangkau sinyal

- Antena yang sudah rusak dan harus dibetulkan

- Terdapat kerusakan pada kabel antena

- Posisi antena yang kurang baik

- Booster mengalami kerusakan

- Kondisi cuaca sedang buruk

Jika anda mengalami kegagalan, pastikan untuk mengecek faktor-faktor penyebab diatas, dan coba betulkan beberapa hal yang menurut anda menjadi penyebab mengapa televisi tidak bisa menangkap sinyal. Setelahnya, coba ulangi kembali cara setting TV digital dari awal.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat