uefau17.com

Bermain Ganda dalam Bulutangkis Hal Utama yang Harus Diperhatikan adalah 2 Poin Ini - Hot

, Jakarta Ketika bermain ganda dalam bulutangkis hal utama yang harus diperhatikan adalah teknik dan kerjasama. mMengapa kedua hal ini penting? Nyatanya dalam permainan ganda dalam bulu tangkis keduanya akan menghasilkan kombinasi permainan yang bagus.

Bulutangkis menjadi salah satu cabang olahraga yang sangat digemari di Indonesia, biasa dimainkan dalam permainan tunggal. Bulutangkis juga bisa dimainkan secara ganda. Dalam bermain ganda dalam bulu tangkis, diperlukan pengertian dan kerjasama dari dua orang agar dapat saling mengerti dan bekerjasama.

Dan dengan dilengkapi dengan menguasai teknik-teknik dasar bulu tangkis, kerjasama antara kedua atlet dapat menciptakan chemistry dan kualitas permainan yang tidak tertandingi. Lalu bagaimana kerjasama yang baik terbentuk dan apa saja teknik yang perlu dikuasai oleh atlet bulutangkis ganda?

Untuk menjawabnya, berikut ini rangkum dari berbagai sumber pada Jumat (04/11/2022) tentang penjelasan dua poin utama yang harus diperhatikan dalam bermain ganda dalam bulu tangkis.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hal Utama yang Harus Diperhatikan saat Bermain Ganda Dalam Bulutangkis

Bulutangkis nomor ganda merupakan salah satu cabang olahraga nomor ganda yang cukup menantang karena harus berbagi tugas dalam lingkup permainan yang cukup sempit. Bermain ganda dalam bulutangkis hal utama yang harus diperhatikan adalah teknik yang digunakan. Dari pilihan jawaban di atas, sebenarnya ada lebih dari satu hal yang perlu diperhatikan, yaitu:

- Teknik servis (pada nomor ganda teknik servis yang digunakan adalah servis pendek, bukan servis lama karena servis berpotensi merugikan tim karena tim lawan akan mudah smash)

-  Kerjasama (ini adalah elemen terpenting dalam permainan tim. kerjasama mencakup perubahan posisi, taktik, kekompakan, saling memahami kekuatan dan kelemahan satu sama lain atau tim lawan dan sebagainya. 

3 dari 4 halaman

Cara Bermain Ganda dalam Bulu Tangkis

Bermain ganda dengan teman-teman anda di bulu tangkis bisa sangat mengasyikkan, tetapi jika anda tidak mengetahui cara bermain bulu tangkis ganda, hal ini dapat menjadi rintangan dalam menikmati permainan. Namun anda tidak perlu khawatir, berikut cara bermain ganda dalam bulu tangkis yang baik dan benar.

Tujuan permainan bulu tangkis adalah memukul shuttlecock melewati net dan mendaratkannya di area lapangan yang telah ditentukan. Jika lawan berhasil mengembalikan shuttlecock maka terjadi reli. Jika anda memenangkan reli ini yaitu memaksa lawan untuk memukul shuttlecock keluar atau masuk ke net maka anda memenangkan satu poin. 

Untuk menang anda harus memenangkan 21 poin untuk memenangkan satu set dengan sebagian besar pertandingan menjadi yang terbaik dari 3 set. Untuk bermain Ganda di bulu tangkis anda membutuhkan total 4 pemain dengan masing-masing tim memiliki dua pemain.

Ada tiga jenis kategori permainan ganda dalam bulu tangkis, yaitu: 

- Ganda Putra

- Ganda Putri

- Ganda Campuran (satu laki-laki dan satu perempuan)

4 dari 4 halaman

Tips Bermain Ganda dalam Bulutangkis

Dalam bermain ganda dalam bulutangkis hal utama yang harus diperhatikan adalah kerjasama dan teknik dasar. Untuk dapat memenangkan permainan ganda dalam bulu tangkis, terdapat 7 teknik dasar yang wajib dikuasai, yaitu:

1. Servis

Teknik dasar yang pertama adalah servis. Servis adalah pukulan pertama untuk memulai pertandingan yang dapat diarahkan untuk mencetak poin. Untuk melakukan servis pada olahraga bulu tangkis terdiri dari dua cara, yaitu Backhand Service dan Forehand Service.

2. Mengembalikan Servis

Jika servis selesai dilakukan, pihak lawan akan mengembalikannya dengan memberikan pukulan yang sulit dijangkau. Teknik mengembalikan servis ini terbagi menjadi dua, yaitu Dropshot dan Netting.

3. Smash

Smash adalah teknik dasar pukulan dalam bulu tangkis yang memiliki tujuan untuk memberikan serangan kepada lawan. Umumnya, smash dilakukan dengan melompat. Jadi, smash yaitu memukul shuttlecock dengan keras sambil melompat untuk mendapatkan visi lebih luas mengarah ke titik lemah lawan.

4. Grip

Grip merupakan istilah dari teknik memegang raket dalam permainan bulu tangkis. Memegang raket adalah teknik pertama yang harus dikuasai, karena dapat mempengaruhi kenyamanan ketika memukul dan menerima shuttlecock saat pertandingan berlangsung.

5. Pukulan

Teknik dasar yang berikutnya adalah pukulan, tujuannya adalah untuk dapat memukul bola dengan benar sesuai arah yang diinginkan. Caranya dengan memegang raket dengan teknik Forehand Grip, posisikan satu kaki di depan dan satu kaki di belakang, condongkan tubuh ke arah tangan yang memegang raket, lalu pukul bola dengan menggerakkan bahu ke arah depan.

6. Overhead

Teknik ini memiliki tata cara yang sama seperti smash, tetapi tidak membutuhkan banyak daya dan tenaga ketika memukul shuttlecock. Jika bermain secara ganda, teknik dasar bernama Drive merupakan salah satu teknik yang harus dikuasai agar dapat menguasai pertandingan.

7. Drive

Teknik yang terakhir adalah Drive. Drive adalah teknik memukul shuttlecock dengan cepat dan mendatar, tujuannya adalah agar tim lawan tidak mampu mengangkat raket sehingga tetap pada posisi bertahan untuk menerima shuttlecock.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat