uefau17.com

Cara Login SIM PKB Bagi Tenaga Pendidik, Mudah dan Cepat - Hot

, Jakarta Cara login SIM PKB sangat penting diketahui oleh tenaga pendidik yakni guru. SIM PKB adalah singkatan dari Sistem Informasi Manajemen Pengembangan Profesional Berkelanjutan yang bertujuan untuk meningkatkan skill kompetensi para guru.

Cara login SIM PKB dapat melalui Browser di HP maupun komputer atau laptop. SIM PKB berguna untuk mengikuti berbagai program dari Kemendikbud seperti pelatihan atau diklat, guru belajar, dan masih banyak lagi.

Cara login SIM PKB ini terbilang mudah dipraktikkan. Namun, masih banyak tenaga pendidik yang belum mengetahui cara login SIM PKB. Perlu diketahui bahwa syarat utama cara login SIM PKB adalah sudah memiliki akun belajar.id.

Untuk lebih rinci, berikut ini ulas mengenai cara login SIM PKB yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (21/10/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Mengenal SIM PKB

Dikutip dari laman GTK Kemdikbud, SIM PKB adalah singkatan dari Sistem Informasi Manajemen Pengembangan Profesional Berkelanjutan. Pengertian SIM PKB adalah sistem informasi manajemen pengembangan keprofesian yang berkelanjutan. PKB pada dasarnya menjadi kendaraan utama dalam upaya membawa para guru pendidik pada perubahan yang diinginkan. Untuk dapat mengaksesnya, para tenaga pendidik seperti guru harus mendaftar terlebih dahulu.

Tujuan utama dari SIM PKB adalah untuk meningkatkan kompetensi dan keahlian guru yang lebih profesional dalam proses belajar mengajar. Mahasiswa calon guru yang telah memiliki paspor GTK dan terdaftar di sistem PKB dapat dipastikan memiliki keterampilan dan kompetensi mengajar yang lebih profesional dibandingkan dengan guru pada umumnya.

3 dari 7 halaman

Tujuan SIM PKB

Perlu diketahuibahwa SIM PKB adalah program pemerintah yang ditujukan untuk guru yang ada di seluruh Indonesia. Program ini memiliki tujuan untuk mengambangkan kualitas profesi seorang guru dalam rangka menciptakan mutu pendidikan yang lebih baik dan berkualitas. Selain itu, SIM PKB juga berguna untuk mengelola data komunitas, data guru dan seluruh komponen yang terlibat dalam program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB).

4 dari 7 halaman

Persyaratan SIM PKB

Dikutip dari GTK Kemdikbud, adapun persyaratan pendaftaran SIM PKB yang perlu dilengkapi oleh tenaga pendidik, yakni:

a. Terletak di area yang memiliki akses internet atau mode jaringan online dan online dalam kombinasi.

b. Telah menyelesaikan minimal 2 kompetensi dengan nilai terendah atau 2 modul prioritas yang telah ditentukan dalam kurun waktu 1 (satu) tahun.

c. Telah mengajukan dan berpartisipasi dalam program PPG terbaru.

5 dari 7 halaman

Cara Daftar SIM PKB

Sebelum mengetahui cara login SIM PKB, anda perlu mengetahui cara daftar SIM PKB. Untuk mengikuti program SIM PKB ini guru terlebih dahulu harus terdata di Data Pokok Pendidikan atau Dapodik. Kemudian, untuk mendapatkan akun SIM PKB, kamu perlu melakukan registrasi dahulu dengan cara sebagai berikut:

a. Kunjungi laman gtk.belajar.kemdikbud.go.id.

b. Klik "Registrasi Akun GTK".

c. Silakan isi data diri dengan memasukkan nomor peserta UKG dan tanggal lahir.

d. Klik centang tanda "Saya Bukan Robot".

e. Klik register.

f. Nantinya akan muncul notifikasi 'Persetujuan' untuk melakukan cetak akun guru pembelajaran secara mandiri. Lalu klik "Setuju dan Cetak". Kemudian simpan dan cetak saja akun tersebut dengan baik. Sebab bila kamu sudah mengaktifkan akun maka akun tidak akan bisa dicetak ulang lagi secara mandiri melalui situs.

g. Nantinya kamu akan mendapatkan username dan password akun SIM PKB yang bisa digunakan untuk login.

h. Bila sudah semua, klik ‘Setuju’.

6 dari 7 halaman

Cara Cek Nomor UKG

Bagi para tenaga pendidik yang lupa nomor UKG sebelum membuka situ, sangat penting untuk mengetahui cara cek nomor UKG. Nomor UKG merupakan nomor yang dimiliki tiap guru untuk mendaftar ke SIM PKB. Berikut tutorial cara melihat nomor UKG dengan mudah dan praktis, yakni:

a. Kunjungi laman gtk.belajar.kemdikbud.go.id.

b. Klik "Pencarian data GTK".

c. Lalu isi data yang diperlukan seperti nama atau nomor peserta, provinsi, dan kota.

d. Pilih status registrasi akun SIM PKB apakah sudah registrasi atau belum.

e. Pilih status sinkronisasi Dapodik apakah sudah terkoneksi atau belum.

f. Kemudian klik tombol "CARI GTK".

g. Gulir ke bagian bawah laman hingga melihat nomor UKG milikmu.

7 dari 7 halaman

Cara Login SIM PKB

Setelah sukses melakukan registrasi, kamu sudah bisa melakukan masuk dengan mengikuti cara login SIM PKB di bawah ini:

a. Buka Google dan ketik 'SIM PKB' atau langsung akses website paspor-gtk.belajar.kemdikbud.go.id/casgpo/login.

b. Masukkan username surel atau ID SIM PKB (Nomor UKG).

c. Masukkan password atau kata sandi.

d. Kemudian klik Login atau Masuk.

e. Selesai. Kamu sudah berhasil masuk ke Sistem Informasi Manajemen Pengembangan Profesional Berkelanjutan (SIM PKB).

f. Selamat. Anda sudah bisa mengakses laman SIM PKB PPG 2022.

Apabila anda lupa username dan password akun SIM PKB, kamu dapat melakukan reset password melalui admin GP Dinas Pendidikan atau Ketua Komunitas KKG/MGMP atau admin P4PTK naungan kamu.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat