uefau17.com

Jurnal adalah Diary, Ketahui Maknanya dalam Akuntansi dan Bidang Lain - Hot

, Jakarta Secara umum, jurnal adalah catatan mengenai apa pun. Secara khusus, jurnal adalah kata yang mengacu pada catatan tertentu yang terkait dengan bidang tertentu.

Bahkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), jurnal adalah kata yang memiliki lima makna yang berbeda.

Jurnal adalah catatan harian atau buku harian; jurnal adalah surat kabar harian; jurnal adalah buku yang dipakai sebagai buku perantara antara buku harian dan buku besar; jurnal adalah buku yang dipakai untuk mencatat transaksi berdasarkan urutan waktu; jurnal adalah majalah yang khusus memuat artikel dalam satu bidang ilmu tertentu.

Demikian makna jurnal berdasarkan keterangan dari KBBI. Selanjutnya dalam artikel ini akan dibahas mengenai istilah kata jurnal secara mendetail dalam berbagai konteks, seperti yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Minggu (11/9/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Jurnal adalah Buku Harian

Seperti yang dibahas sebelumnya, menurut KBBI, salah satu makna jurnal adalah catatan harian atau buku harian. Makna jurnal adalah buku harian atau catatan harian juga didukung oleh penjelasan dari Cambridge Dictionary.

Menurut Cambridge Dictionary, jurnal adalah catatan tertulis tentang apa yang telah Anda lakukan setiap hari, terkadang termasuk pikiran dan perasaan pribadi Anda.

Jurnal sebagai buku harian biasanya berisi tentang peristiwa, kejadian, dan pengalaman menarik yang dilalui penulis dalam kehidupan sehari-hari.

Jurnal sebagai buku harian juga memiliki istilah lain yang disebut diary. Diary sendiri merupakan kata dalam bahasa latin yaitu diarium yang berasal dari akar kata diumus, yang berarti masukan sehari-hari (memasukkan atau menulis setiap hari) tentang sesuatu yang terjadi atau peristiwa dalam sehari yaitu 24 jam. Yang dimaksud peristiwa di sini bersifat sangat pribadi.

Dalam bahasa Perancis Kuno, diary disebut sebagai jour yang kemudian menjadi journal atau jurnal yang mempunya arti sama dengan diarium.

3 dari 5 halaman

Jurnal adalah Surat Kabar Harian

Dalam KBBI juga disebutkan bahwa jurnal adalah surat kabar harian. Surat kabar harian yang dimaksud seperti koran, majalah tabloid, dan sebagainya. Sementara itu, Cambridge Dictionary menyebutkan bahwa jurnal adalah majalah, surat kabar, atau situs web yang berisi berita dan informasi tentang industri atau profesi tertentu.

Dengan kata lain, jurnal adalah surat kabar dan media massa lainnya, baik bentuknya cetak maupun digital yang memuat informasi terkait bidang tertentu. Jadi sebagai surat kabar, jurnal adalah kumpulan informasi yang sifatnya tematik.

Maka tidak mengherankan jika pembuat berita atau yang lebih sering disebut sebagai wartawan, juga memiliki sebutan lain yaitu jurnalis.

4 dari 5 halaman

Jurnal di Bidang Akuntansi

Selain makna yang sudah disampaikan sebelumnya, jurnal juga sangat terkait dengan bidang ekonomi, khususnya akuntansi. Menurut Investopia, Jurnal adalah akun terperinci yang mencatat semua transaksi keuangan bisnis, yang akan digunakan untuk rekonsiliasi akun di masa depan dan transfer informasi ke catatan akuntansi resmi lainnya, seperti buku besar.

Sebuah jurnal menyatakan tanggal transaksi, akun mana yang terpengaruh, dan jumlahnya, biasanya dalam metode pembukuan double-entry.

Dalam akuntansi, jurnal adalah catatan fisik atau dokumen digital yang disimpan sebagai buku, spreadsheet, atau data dalam perangkat lunak akuntansi. Ketika transaksi bisnis dilakukan, pemegang buku memasukkan transaksi keuangan sebagai entri jurnal. Jika pengeluaran atau pendapatan mempengaruhi satu atau lebih akun bisnis, entri jurnal juga akan merincinya.

Jurnal adalah bagian penting dari pencatatan yang objektif dan memungkinkan tinjauan singkat dan transfer catatan di kemudian hari dalam proses akuntansi. Jurnal sering ditinjau sebagai bagian dari proses perdagangan atau audit, bersama dengan buku besar.

Informasi umum yang dicatat dalam jurnal meliputi penjualan, pengeluaran, pergerakan kas, persediaan, dan utang. Disarankan untuk mencatat informasi ini seperti yang terjadi di kemudian hari sehingga informasi tersebut dicatat secara akurat tanpa ada dugaan di kemudian hari.

5 dari 5 halaman

Jurnal adalah Kumpulan Artikel Ilmiah

Dalam KBBI juga disebutkan bahwa jurnal adalah majalah yang khusus memuat artikel dalam satu bidang ilmu tertentu. Dengan kata lain yang lebih sederhana, bisa disebut juga bahwa jurnal adalah kumpulan artikel ilmiah.

Sebagai kumpulan artikel ilmiah, jurnal adalah buku atau majalah yang memuat hasil penelitian dalam bidang ilmu tertentu. Jadi, jurnal sebagai kumpulan artikel ilmiah bersifat tematik.

Bersifat tematik artinya, isinya spesifik membahas bidang tertentu. Sebagai contoh Jurnal Humaniora yang diterbitkan Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Gadjah Mada. Jurnal tersebut hanya fokus memuat hasil penelitian terkait kebudayaan.

Dalam keterangan dari lama resminya, Jurnal Humaniora disebut sebagai jurnal yang berfokus pada studi budaya yang dilihat dari perspektif Indonesia. Humaniora menyediakan platform untuk presentasi, analisis, dan kritik terhadap karya-karya provokatif dan menerbitkan artikel yang melampaui disiplin ilmu dan memajukan studi humaniora.

Lalu ada lagi E-Jurnal Akuntansi yang diterbitkan Universitas Udayana. Dalam lama resminya disebutkan bahwa Jurnal Akuntansi adalah jurnal ilmiah elektronik yang diterbitkan secara online sebulan sekali.

E-Jurnal Akuntansi menerima hasil kajian dan artikel penelitian yang belum pernah dipublikasikan di media lain. E-Journal Ilmiah Akuntansi (EJA) diterbitkan setiap bulan oleh Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana bekerjasama dengan Ikatan Akuntan Indonesia, Wilayah Bali dan Ikatan Akuntan Indonesia-KAPD.

Demikian pembahasan mengenai apa itu jurnal. Secara umum, jurnal adalah catatan. Namun jika digunakan dalam konteks percakapan tertentu, jurnal bisa memiliki makna yang lebih spesifik, sehingga maknanya bisa bermacam-macam, seperti yang sudah dijelaskan dalam pembahasan di atas.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat