uefau17.com

Tertarik Tes Usia Mental? Ketahui Dulu Apa Itu Usia Mental dan Tingkat Keakuratannya - Hot

, Jakarta Usia mental akhir-akhir ini sedang populer. Tren untuk mengetahui usia mental seseorang sedang naik daun di media sosial, khususnya Twitter dan TikTok. Banyak warganet yang ingin mencoba mengetahui usia mentalnya dengan sebuah tautan yang gratis dibagikan.

Eits, sebelum itu, buat kalian yang tertarik mengetahui usia mental dengan melakukan tes usia mental, kalian harus mengetahui terlebih dahulu ya apa yang dimaksud dengan usia mental itu sendiri.

Apa Itu Usia Mental?

Dikutip dari Merdeka, usia mental atau mental age adalah ukuran pencapaian mental individu atau seseorang dibandingkan dengan kelompok acuan menurut usia kronologisnya (Chronological Age). Usia kronologis maksudnya, perhitungan usia dimulai dari saat kelahiran seseorang.

Jika dianalogikan dengan usia. Mental age bisa dicontohkan seperti anak yang berusia 4 tahun tapi belum bisa berbicara lengkap dan menunjukkan perkembangan yang setara dengan anak berusia 1 tahun. Maka, anak tersebut termasuk dalam kondisi mental age 1 tahun. Penjelasan sederhananya begitu.

Usia mental ini merupakan hal yang sangat penting. Dengan memahami hal itu, kalian bisa megetahui perkembangan yang terjadi berjalan secara normal atau tidak.

Apa Itu Tes Usia Mental?

Tes usia mental, sedang ramai dilakukan oleh warganet di Indonesia. Mereka ingin mengetahui berapa usia mentalnya dan ingin membandingkannya dengan usia kronologis sekarang.

Tes usia mental merupakan kuis yang bertujuan untuk melakukan tes apakah usia mental seseorang lebih muda atau tua daripada umur asli. Tes usia mental akan dikerucutkan ke dalam rangkaian pertanyaan yang harus kalian jawab jujur sesuai dengan kondisi apa yang sedang dirasakan.

Tes usia mental ini bisa populer karena ada efek keterkejutan di sana. Yup, ketika kalian melakukan tes usia mental, hasilnya belum tentu sama dengan usia kronologis sekarang. Kalian bisa jadi akan mendapatkan usia mental 37 tahun dan dianggap memiliki kemampuan secara psikologis seperti orang dewasa berusia 37 tahun, padahal usia kronologis anda bisa jadi lebih muda dari itu.

Dari situ, tes usia mental menjadi populer di jagad media sosial. Banyak warganet yang membagikan hasil tes usia mental dengan kutipan yang menarik dan lucu. Mau tahu berapa usia mental kamu? Berikut cara tes usia mental yang sedang populer!

Tertarik Coba Tes Usia Mental?

Jika kalian tertarik, bisa mengakses laman website (Arealme.com/mental/id) untuk mengetahui usia mental kalian saat ini. Setelah sudah masuk ke dalam website-nya, kalian tinggal mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Buka laman Arealme.com/id.
  2. Pilih usia anda yang sebenarnya.
  3. Jawab dengan jujur 31 pertanyaan.
  4. Pilih jawaban (Ya, Tidak, atau Tidak Keduanya).
  5. Setelah jawab secara jujur, anda akan melihat usia mental dibanding dengan usia asli.
  6. Di akhir kuis, terlihat usia mental yang dibandingkan dengan umur asli. Usia mental tersebut akan dilengkapi keterangan, seperti Periang, Jiwa Muda, Khawatir Berlebih, dan sebagainya.
  7. Hasil akhir bisa kalian bagikan ke media sosial.

Akurat kah Tes Itu?

Dalam penjelasan yang bisa didapatkan di situs resmi Arealme, tes tersebut bisa dipercaya validitasnya. Menurut mereka, algoritma yang terdapat di situs tersebut terus diperbaharui dan disempurnakan, sejak tercipta dari tahun 2013.

Eits, tapi harus diingat ya, jika ingin mengetahui lebih lanjut usia mental, kalian harus konsultasi ke pakar ya, jangan menelan mentah-mentah apa yang didapatkan dari situs tersebut. Kalian harus anggap, itu semua hanya sebuah hiburan yang bisa melepaskan penat di kala sibuk mendera.

 

(*)

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat