uefau17.com

Pengertian Estetika adalah Gambaran Keindahan, Ini Penjelasan Para Ahli - Hot

, Jakarta Apa arti estetika? Encyclopedia Britannica menjelaskan pengertian estetika adalah filosofi yang dekat dengan keindahan dan rasa, berhubungan dengan konsep seni.

Pengertian estetika adalah cabang ilmu yang melibatkan pengungkapan perspektif dari pendapat seseorang dan berhubungan dengan emosional pribadi.

Hal yang sama dijelaskan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian estetika adalah cabang filsafat yang menelaah dan membahas mengenai seni dan keindahaan serta tanggapan manusia terhadapnya.

Berikut ulas lebih mendalam tentang estetika adalah gambaran seni, pengertian estetika menurut para ahli, teori estetika, dan unsur-unsur estetika, Senin (25/4/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pengertian Estetika adalah Gambaran Keindahan

Memahami pengertian estetika adalah sesuatu yang menggambarkan keindahan dan berhubungan dengan seni. Pengertian estetika adalah berasal dari istilah bahasa Inggris aesthetic yang artinya estetis atau estetika.

Dalam Encyclopedia Britannica dijelaskan pengertian estetika adalah filosofi yang dekat dengan keindahan dan rasa, berhubungan dengan konsep seni.

Secara etimologi, selain berasal dari bahasa Inggris, pengertian estetika adalah berasal dari bahasa Latin “aestheticus” atau bahasa Yunani “aestheticos” yang artinya merasa atau hal-hal yang dapat diserap oleh panca indera manusia.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menjelaskan pengertian estetika adalah bagian dari cabang filsafat yang menelaah dan membahas mengenai seni dan keindahaan serta tanggapan manusia terhadapnya.

3 dari 5 halaman

Pengertian Estetika Menurut Para Ahli

Bagaimana para ahli menggambarkan tentang pengertian estetika? Ini penjelasannya:

1. Pengertian Estetika Menurut Leo Tolstoy

Pengertian estetika adalah segala sesuatu yang dapat menciptakan rasa senang jika dilihat secara visual. Istilah estetika menurut bahasa Rusia berarti “krasota”  yang artinya sesuatu yang dilihat oleh mata dan dapat menciptakan perasaan senang.

2. Pengertian Estetika Menurut Alexander Baumgarten

Pengertian estetika adalah ilmu perkenalan yang sensitif karena didalamnya terdapat pengungkapan perspektif dan pendapat seseorang sehingga melibatkan emosional pribadi.

Menurut pandangan Alexander Baumgarten menyebutkan bahwa pengertian estetika adalah merupakan satu kesatuan susunan yang saling berkaitan satu sama lain secara menyeluruh.

3. Pengertian Estetika Menurut Humo

Pengertian estetika adalah sesuatu yang dapat menciptakan perasaan senang. Perasaan tersebut akan datang jika melihat segala sesuatu yang indah.

4. Pengertian Estetika Menurut Shaftesbury

Pengertian estetika adalah sesuatu yang mempunyai keseimbangan yang nyata dan harmonis. Hal ini dikarenaan keseimbangan yang harmonis adalah sebuah kenyataan yang dapat disamakan dengan kebaikan. Maka dari itu, sesuatu yang dianggap indah akan bewujud nyata dan baik karena kenyataan adalah kebaikan.

5. Pengertian Estetika Menurut Immanuel Kant

Pengertian estetika adalah perasaan senang yang diperoleh saat melihat sebuah benda, meskipun tidak ada hubungannya dengan benda tersebut.

6. Pengertian Estetika Menurut Santo Agustinus

Pengertian estetika adalah satu kesatuan bentuk. Keindahan tersebut diperoleh dari sebuah pengamatan yang disusun berdasarkan pengandaian yang mengandung penilaian.

7. Pengertian Estetika Menurut Winchelmann

Pengertian estetika adalah segala sesuatu yang tidak dapat dilepaskan dari kebaikan.

8. Pengertian Estetika Menurut Herbert Read

Pengertian estetika adalah sekumpulan pengamatan yang membentuk sebuah hubungan formal sehingga menciptakan rasa senang.

9. Pengertian Estetika Menurut Sulzer

Pengertian estetika adalah keindahan mencakup hal hal yang baik saja. Jika nilai yang ditimbulkan belum baik maka belum dapat dikatakan indah. Hal tersebut dikarenakan keindahan akan memupuk sebuah rasa moral.

10. Pengertian Estetika Menurut Thomas Aquinas

Pengertian estetika adalah sesuatu yang berhubungan dengan pengetahuan. Maka dari itu jika seorang pengamat merasanakan kesenangan seteah melhatnya maka akan dikatakan indah.

4 dari 5 halaman

Macam-Macam Teori Estetika

Apabila sudah memahami pengertian estetika adalah gambaran dari keindahan, selanjutnya pahami macam-macam teori estetika.

Ini penjelasan macam-macam teori estetika atau aesthetic yang lansir dari berbagai sumber:

1. Teori Estetika Formil

Teori ini menyatakan bahwa keindahan eksterior bangunan melibatkan masalah bentuk dan warna. Teori ini memandang keindahan sebagai hasil formal dari lebar, tinggi, ukuran dan warna.

2. Teori Estetika Ekspresionis

Teori ini mengatakan bahwa keindahan tidak selalu terwujud melalui bentuknya, tetapi melalui maksud, tujuan, atau ekspresi. Teori ini mengasumsikan bahwa mayoritas keindahan suatu karya seni tergantung pada apa yang diungkapkannya.

3. Teori Estetika Psikologis

Menurut Teori ini keindahan dibagi menjadi 3 aspek, yaitu:

- Keindahan adalah hasil dari emosi yang hanya dapat ditunjukkan dengan metode psikoanalitik.

- Keindahan adalah hasil dari kepuasan pemirsa dengan objek yang dilihatnya.

- Keindahan dalam arsitektur adalah ritme yang sederhana dan mudah

4. Teori Estetika Esensialitas

Prinsip ini menyatakan bahwa seseorang yang menilai sesuatu yang indah berbicara tentang sesuatu yang memberikan kesenangan yang dihasilkan dari kemampuan manusia pada umumnya.

5. Teori Estetika Bentuk Tujuan

Dalam teori ini, jika ketiga teori sebelumnya berhubungan dengan subjek yang mengalami keindahan, dan kita dapat melihat teori keempat dari objek keindahan itu sendiri.

5 dari 5 halaman

Unsur-Unsur Estetika

Apa saja yang termasuk unsur-unsur estetika? Ini penjelasan unsur-unsur pembentuk estetika yang lansir dari berbagai sumber:

1. Bentuk

Unsur ini juga bisa disebut dengan shape, yang berpengaruh terhadap objek. Seseorang akan beranggapan bentuk tersebut estetika, jika memiliki bentuk yang unik dan beda dari yang lainnya. Unsur bentuk terdiri dari dua jenis, yaitu dua dimensi dan tiga dimensi.

2. Warna

Warna bisa memberikan suatu keindahan terhadap suatu karya seni. Ia bisa meningkatkan keindahan pada suatu benda dan objek lainnya. Unsur warna yang digunakan biasanya disesuaikan dengan kebutuhan orang yang menggunakan karya seni tersebut.

3. Tema

Unsur tema adalah suatu ide dasar, gagasan awal atau pokok pikiran, yang dipikirkan dan dibuat pencipta objek atau karya seni, untuk ditujukan kepada orang lain.

4. Motif Hias

Selain warna, adanya unsur motif hias juga bisa menambah nilai estetika suatu objek. Motif hias ditunjukkan melalui pola atau gambar yang menjadi hiasannya pada suatu objek atau produk.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat