uefau17.com

10 Manfaat Shalat Berjamaah, Ganjaran Pahala 27 Kali Lipat - Hot

, Jakarta Manfaat shalat berjamaah merupakan amalan terbaik yang bisa dilakukan umat Islam. Shalat merupakan tiang agama yang wajib ditegakkan. Shalat bisa dilakukan sendiri maupun berjamaah. 

Shalat berjamaah adalah shalat yang dilakukan oleh dua orang atau lebih. Manfaat shalat berjamaah bisa dilakukan pada shalat wajib ataupun sunah. Ada perbedaan antara manfaat shalat berjamaah dan shalat sendirian.

Manfaat shalat berjamaah diyakini memiliki lebih banyak keutamaan. Allah bahkan menjanjikan surga dan pengampunan di dalam manfaat shalat berjamaah. Shalat berjamaah bisa dilakukan di masjid atau di rumah bersama keluarga.

Selain manfaat spiritual, manfaat shalat berjamaah juga berpengaruh pada kehidupan sosial. Berikut manfaat shalat berjamaah, dirangkum dari berbagai sumber, Rabu(2/2/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Manfaat shalat berjamaah

Pahala berlipat

"Shalat berjamaah melampaui sholat sendirian dengan (mendapatkan) 27 derajat." (HR. Bukhari).

Allah akan memberi pahala 27 derajat bagi orang yang melaksanakan shalat berjamaah. Hal ini menunjukkan bahwa barang siapa yang mencari dan melaksanakan shalat berjamaah, pahala mereka atas shalatnya akan berlipat ganda. Shalat berjamaah memiliki lebih banyak manfaat spiritual daripada shalat secara individual.

Meraih ridho Allah

Orang-orang yang menjalankan shalat berjamaah adalah tamu Allah. Allah SWT akan selalu memuliakan tamu-tamu-Nya. Manfaat shalat berjamaah akan mendapatkan ridho Allah yang tak terhingga.

Barangsiapa yang berwudhu’ di rumahnya dengan sempurna kemudian mendatangi masjid, maka ia adalah tamu Allah, dan siapa yang di kunjunginya wajib memuliakan tamunya.” (HR. Ath Thabrani).

3 dari 6 halaman

Manfaat shalat berjamaah

Perlindungan dari setan

Manfaat shalat berjamaah tidak hanya melipatgandakan pahala, tapi juga langsung melindungi diri dari kejahatan setan. Setan berhati-hati dalam merusak ibadah umat Islam terutama shalat. Setan menguasai pengabaian jamaah yang shalat sendirian dan tidak shalat berjamaah. Akibatnya, shalat berjamaah melindungi manusia dari kejahatan setan.

“Jika tiga orang di sebuah desa atau di padang gurun, tidak membuat pengaturan untuk Solah secara berjamaah, Setan pasti telah mengalahkan mereka. Maka jagalah shalat berjamaah, karena serigala memakan domba yang menyendiri yang menjauh dari kawanannya.” (HR. Abu Dawud).

Menghindari kemunafikan

“Dari Abu Hurairah berkata, 'Rasulullah SAW bersabda, "Shalat yang dirasakan berat bagi orang-orang munafik adalah sholat Isya dan sholat subuh, sekiranya mereka mengetahui keutamaannya, niscaya mereka akan mendatanginya sekalipun dengan merangkak." [Al-Bukhari dan Muslim].

Hadis lain juga berbunyi:

“Barangsiapa shalat isya’ secara berjamaah maka seakan-akan dia melakukan shalat separuh malam. Barangsiapa shalat subuh berjamaah maka seakan-akan dia shalat seluruh malam.” (HR. Muslim)

Manfaat luar biasa lainnya dari shalat berjamaah adalah membantu mengetahui di mana Anda berdiri dengan kemunafikan. Jika ingin menghindari kemunafikan, kita harus bertekad untuk memanfaatkan setiap shalat berjamaah dengan penekanan pada shalat Isya dan Subuh.

4 dari 6 halaman

Manfaat shalat berjamaah

Tingkatkan kepuasan hidup

Studi ilmiah menunjukkan bahwa shalat berjamaah meningkatkan kesejahteraan psikologis. Jika dibandingkan dengan sholat sendiri, sholat berjamaah berkontribusi pada tingkat kepuasan hidup yang lebih tinggi. Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa shalat berjamaah juga memiliki efek yang lebih baik pada kesehatan mental daripada bentuk kegiatan sosial lainnya. Bersosialisasi di masjid juga dikaitkan dengan peningkatan harga diri di kalangan remaja.

Kesempurnaan Islam dan iman manusia

Manfaat shalat berjamaah menjadi kesempurnaan dalam Islam. Melaksanakan shalat merupakan kewajiban bagi setiap muslim, baik laki-laki maupun perempuan. Allah SWT memerintahkan manusia dan membimbing mereka untuk melaksanakan shalat lima waktu secara berjamaah. Shalat berjamaah adalah bagian dari kesempurnaan iman manusia.

5 dari 6 halaman

Manfaat shalat berjamaah

Meruntuhkan perbedaan sosial

Ketika orang berkumpul di masjid, yang kaya bisa di sebelah orang miskin. Pangeran di sebelah penguasa, penguasa di sebelah yang diperintah, yang muda di sebelah agung, dan seterusnya. Dengan begitu, tiap orang akan merasa dirinya setara. Keakraban pun akan terjadi. Shalat berjamaah meningkatkan perasaan cinta, persaudaraan, kebahagiaan di antara umat Islam. Hal ini mendorong mereka untuk saling mendukung ketika membutuhkan bantuan.

Perlindungan manusia pada hari kiamat

Manfaat shalat berjamaah dapat memberi perlindungan pada hari kiamat. Pada hari ketika Allah akan mengumpulkan semua makhluk di hari akhir, Allah akan melindungi umat yang pergi shalat berjamaah dari kesulitan di hari pembalasan. Untuk orang seperti itu Allah akan menyediakan tempat di Surga.

6 dari 6 halaman

Manfaat shalat berjamaah

Pengampunan dosa

Ketika seseorang melakukan dosa, mereka perlu menebusnya. Melakukan shalat berjamaah bisa membantu menebus dosa. Ini karena shalat berjamaah mendekatkan manusia kepada Allah SWT. Allah adalah satu-satunya yang mengampuni dosa-dosa ini dengan kehendaknya.

Ketika seseorang berwudhu dan melakukannya dengan baik, kemudian dia datang ke masjid tidak ada tujuan lain selain berdoa, Allah mengangkatnya satu derajat dengannya dan menghapus salah satu dosanya, sampai dia masuk masjid. Jika ia melaksanakan shalat wajib dengan berjamaah atau di masjid, maka dosanya diampuni oleh Allah.

Janji surga dari Allah

Manfaat shalat berjamaah akan membawa seseorang ke jalan surga. Allah menjanjikan surga bagi mereka yang shalat secara berjamaah. Ini dijelaskan dalam hadis:

“Ada tiga golongan yang semuanya dijamin oleh Allah Ta’ala, yaitu orang yang keluar untuk berperang di jalan Allah, maka ia dijamin oleh Allah hingga Dia mewafatkannya lalu memasukannya ke dalam Surga atau mengembalikannya dengan membawa pahala dan ghanimah, kemudian orang yang pergi ke masjid, maka ia dijamin oleh Allah hingga Dia mewafatkannya lalau memasukkannya ke dalam Surga atau mengembalikannya dengan membawa pahala, dan orang yang masuk rumahnya dengan mengucapkan salam, maka ia dijamin oleh Allah.” (HR. Abu Dawud).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat