uefau17.com

Tips Menyimpan Daun Jeruk agar Tetap Awet dan Segar Berbulan-Bulan, Cuma 2 Langkah - Health

, Jakarta Daun jeruk adalah salah satu bahan dapur yang sering digunakan dalam masakan. Punya aroma khas dan segar membuat sedikit saja daun jeruk bisa membuat soto, seblak, bahkan nasi jadi terasa lebih mantap.

Namun, daun jeruk memiliki umur simpan yang relatif singkat. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui cara menyimpan daun jeruk dengan benar agar tetap awet dan segar lebih lama.

Pertama, pastikan daun jeruk yang akan disimpan dalam keadaan segar dan tidak rusak. Pilihlah daun yang masih hijau. Hindari memilih daun yang sudah menguning atau mengering, karena biasanya daun tersebut akan cepat rusak.

Kedua, masukkan daun jeruk ke dalam plastik. Kemudian simpan daun jeruk tersebut ke dalam freezer. Bila Anda menaruh di pintu freezer juga tidak masalah. 

Cara ini akan membuat daun jeruk tetap segar dan siap digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama. Bahkan bisa sampai tiga bulan daun jeruk masih segar bila disimpan di freezer.

Penting untuk diingat bahwa daun jeruk yang telah beku tentunya mengeras. Lalu, saat akan dipakai tinggal keluarkan dari freezer sekitar setengah jam sebelumnya lalu cuci kemudian cemplungkan ke dalam masakan. Meski sudah disimpan berbulan-bulan, daun jeruk tetap hijau segar dan tetap mengeluarkan aroma sedap.  .

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Apakah Daun Jeruk Kering Bisa Dipakai?

Jika Anda menyimpan daun jeruk tidak di freezer, misalnya di suhu ruang, daun jeruk akan layu dan mengering.

Meskipun daun yang sudah layu atau kering masih dapat dipakai, namun daun dalam kondisi ini tidak dapat memberikan aroma secara optimal. Akibatnya, manfaat dari daun jeruk tidak akan dirasakan dengan sepenuhnya.

3 dari 3 halaman

Manfaat Lain Daun Jeruk Selain untuk Masakan

Selain untuk masakan, daun jeruk diyakini memiliki manfaat kesehatan tertentu. Daun jeruk mengandung minyak esensial yang dikatakan memiliki sifat anti-inflamasi, antimikroba, dan antioksidan seperti mengutip The Chef and The Dish

Dalam pengobatan tradisional, terkadang digunakan untuk membuat obat herbal. Meskipun hanya ada sedikit penelitian tentang manfaat sebenarnya dari penggunaan daun ini, satu elemen yang kami yakini adalah kekuatan baunya.

Daun jeruk purut mempunyai aroma yang sangat sedap sehingga dapat menimbulkan rasa nyaman dan hangat pada saat kita memasak.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat