uefau17.com

Duduk di Lantai Ternyata Bermanfaat bagi Kesehatan, Begini Alasannya - Health

, Jakarta - Duduk terlalu lama disebut dapat mempengaruhi kesehatan. Namun, para ahli mengatakan satu posisi duduk bisa memberi manfaat bagi tubuh dalam banyak cara, dilansir Huffington Post.

Duduk bersila di tanah dapat membantu mobilitas dan kelenturan Anda, bahkan dapat melatih otot perut Anda, jelas para ahli.

Manfaat mobilitas dan fleksibilitas

“Saya benar-benar berpikir dari sudut pandang manfaat kesehatan atau kondisi muskuloskeletal, postur [duduk bersila] benar-benar membantu kita dengan… rentang gerak pinggul, punggung bawah, dan lutut,” Dr. Christopher Bise, asisten profesor di departemen terapi fisik di Universitas Pittsburgh menjelaskan.

Duduk di lantai juga membuat paha belakang Anda lebih rileks, tidak seperti duduk di kursi yang bisa membuat paha belakang menjadi kencang, kata Dr. Jennifer O’Connell, ahli fisioterapi di Rumah Sakit Bedah Khusus di New York.

Para ahli mencatat bahwa orang lanjut usia juga dapat memperoleh manfaat dari duduk di lantai karena jika mereka berhasil duduk dan bangkit dari posisi duduk, kecil kemungkinannya mereka untuk terjatuh dan lebih besar kemungkinannya untuk dapat bangkit kembali setelah terjatuh jika terjadi kecelakaan. terjadi.

Namun, para ahli mengatakan bahwa posisi duduk bersila tidak harus di tanah untuk membantu meningkatkan kelenturannya.

“Ingat, posisi ini tidak harus di lantai. Anda bisa duduk di sofa dengan posisi duduk bersila, atau Anda bisa menggunakan posisi duduk berbeda di sofa yang juga akan meningkatkan rentang gerak Anda,” kata Bise.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perkuat inti

Duduk di lantai dapat bermanfaat bagi otot perut karena Anda perlu menggunakan inti tubuh saat tidak memiliki apa pun untuk menopang punggung. Berdiri dari posisi duduk di lantai akan semakin mengaktifkan otot Anda.

“Dan tindakan bangkit dari posisi itu saja sudah bermanfaat bagi seluruh tubuh Anda. Anda melatih pinggul, lutut, seluruh rantai bawah, dan otot inti Anda untuk bangkit,” kata O’Connell.

 

 

3 dari 4 halaman

Ada Batasannya

Duduk di lantai sepanjang hari tidak akan meningkatkan kesehatan Anda.

“Ada alasan mengapa Apple Watch mengingatkan Anda setiap 60 menit untuk bangun dan mulai bergerak lagi… sebagian bersifat postural, sebagian hanya berupa gerakan sederhana dan menambah kalori, namun sebagian juga mengubah postur tubuh, kata Bise.

 

4 dari 4 halaman

Tidak Cocok untuk Semua Orang

Selain itu, duduk di lantai juga tidak cocok untuk semua orang, terutama mereka yang memiliki masalah persendian atau sedang dalam masa pemulihan setelah operasi tertentu.

“Sama seperti apa pun… tanyakan kepada dokter Anda sebelum memulai jenis olahraga apa pun,” kata O’Connell.

“Tetapi Anda dapat berkonsultasi dengan ahli terapi fisik, dan mereka dapat memberi Anda strategi untuk bangkit dan turun.”

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat