uefau17.com

Sebagian Perempuan Alami Kabut Otak Jelang Menstruasi, Apa Penyebabnya? - Health

, Jakarta - Setiap bulan, sekitar dua hingga tiga hari sebelum menstruasi, sebagian perempuan cenderung mengalami brain fog atau kabut otak. Ini mirip dengan perasaan yang dirasakan ketika bangun kesiangan, tidak dapat berpikir secepat atau sejernih biasanya, ingatan agak kabur, dan seperti tidak sadar.

Para ahli menggunakan istilah kabut otak untuk menggambarkan berbagai "kesulitan kognitif" sementara, seperti kesulitan fokus, kelupaan, dan kebingungan ringan.

Kabut otak bukanlah diagnosis medis, melainkan gejala yang terkait dengan berbagai kondisi kesehatan, termasuk kehamilan, depresi, COVID yang berkepanjangan, dan, PMS (sindrom pramenstruasi).

Penelitian tentang hubungan kabut otak dengan PMS masih terbatas. Menurut Jennifer Roelands, seorang dokter kandungan yang ahli dalam pengobatan holistik mengatakan kepada SELF, mengatasinya bisa menjadi pekerjaan yang berat, meskipun banyaknya cerita dari orang-orang.

Sebagai contoh, kekaburan mental dan gangguan konsentrasi dapat mengganggu kinerja di tempat kerja, seperti yang dilaporkan SELF sebelumnya. Penelitian menunjukkan bahwa gejala PMS, termasuk gejala kognitif seperti kebingungan, juga dapat berdampak pada hubungan pribadi.

"Menghadapi hal tersebut setiap bulannya cukup menyedihkan, tetapi pasti ada hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu," kata Roelands.

Mengapa Menstruasi dapat Memicu Brain Fog?

Roelands mengaitkan brain fog pramenstruasi dengan fluktuasi hormon yang terjadi selama siklus menstruasi.

“Ada hubungannya dengan perubahan siklus estrogen dan progesteron. Hal itu mungkin tidak terlalu jauh,” menurut Roelands.

Menstruasi dapat menyebabkan segala macam perubahan hormonal yang drastis dan cepat yang berhubungan dengan serangkaian gejala (alias PMS), dilansir dari SELF pada Senin, 22 April 2024.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perubahan Hormon Pengaruhi Kemampuan Kognitif Kompleks

Meskipun penelitian tentang PMS dan brain fog belum dapat disimpulkan, banyak ahli kesehatan reproduksi, termasuk yang SELF ajak bicara untuk cerita ini, mengatakan bahwa, orang-orang biasanya melaporkan mengalami brain fog sebelum dan selama menstruasi.

Teori yang berkembang, menurut Roelands dan Cheruba Prabakar, MD, ob-gyn, kepala penasihat medis untuk perusahaan bahan kesehatan Purissima,adalah perasaan kabur secara mental kemungkinan besar disebabkan oleh semua perubahan signifikan pada hormon, neurotransmiter, dan kadar insulin yang terjadi selama siklus menstruasi.

Penelitian menunjukkan bahwa estrogen dan progesteron memengaruhi neurotransmiter seperti dopamin dan serotonin yang berhubungan dengan fungsi eksekutif (sekelompok kemampuan kognitif kompleks yang mencakup memori kerja dan pemecahan masalah).

Penelitian juga mengaitkan kadar estrogen yang rendah dengan gangguan kognitif dan kadar estrogen yang lebih tinggi dengan peningkatan daya ingat dan pembelajaran.

“Terdapat reseptor estrogen di seluruh otak,” kata Roelands, sehingga masuk akal mengapa fungsi kognitif Anda dipengaruhi oleh penurunan estrogen yang terjadi selama PMS.

3 dari 4 halaman

Insulin dan Anemia Mempengaruhi Fungsi Otak Serta Memori

Kadar insulin juga menjadi sedikit kacau selama menstruasi, dan peningkatan resistensi insulin, yang terjadi ketika tubuh Anda mengalami kesulitan menggunakan glukosa, atau gula darah, untuk energi-yang dapat diakibatkan oleh fluktuasi tersebut juga dapat memengaruhi fungsi otak dan memori, kata Roelands.

"Teori lain adalah bahwa anemia, kekurangan sel darah merah dalam tubuh yang dapat terjadi dengan perdarahan menstruasi yang berat. Bisa berkontribusi pada masalah kognitif selama PMS, termasuk kabut otak dan kelelahan," tambahnya.

Tentu saja, gejala PMS berbeda-beda pada setiap orang. Sementara beberapa orang mengalami kabut otak yang luar biasa saat menstruasi, yang lainnya tetap berpikiran jernih.

“Genetika, kondisi kesehatan tertentu, dan masalah psikologis, di antara faktor-faktor lainnya, dapat memengaruhi jenis dan intensitas gejala yang dialami seseorang saat menstruasi,” menurut Prabakar.

4 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Kabut Otak Saat Menstruasi

Tidak ada solusi cepat untuk mencegah atau mengakhiri kabut otak sebelum atau selama menstruasi. Tetapi ada beberapa cara untuk membuatnya tidak terlalu mengganggu dan tidak nyaman.

Olahraga secara teratur

Penelitian menunjukkan bahwa berolahraga secara teratur dapat membantu menghilangkan kabut otak. “Olahraga menyeimbangkan kadar insulin dan mendorong aliran darah ke otak,” kata Roelands.

Hal ini membantu meningkatkan daya ingat, perhatian, dan pemrosesan informasi, sehingga menjadikannya cara yang berpotensi efektif untuk mengatasi kabut otak. Anda dapat melakukan latihan kardio, seperti berenang atau bersepeda, atau aktivitas dengan intensitas rendah, seperti yoga.

Memprioritaskan tidur

Jika tidak mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas tinggi di sekitar waktu menstruasi, yang bagi kebanyakan orang dewasa adalah tujuh hingga sembilan jam per malam, kemacetan otak Anda mungkin akan semakin parah.

Menemui dokter jika kabut otak mengganggu kehidupan Anda

Jika Anda mencoba strategi perawatan diri seperti berolahraga dan beristirahat dan kabut otak yang mengganggu masih berlanjut, bicarakan dengan dokter kandungan atau dokter layanan primer Anda, jika ada, kata Roelands.

Sekali lagi, kabut otak tidak selalu berhubungan langsung dengan menstruasi dan bisa jadi disebabkan oleh kondisi kesehatan yang mendasari. Dokter dapat mengevaluasi gejala dan riwayat medis Anda untuk menentukan apakah ada hal lain yang berkontribusi terhadap kabut otak Anda.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat