uefau17.com

Bila Anak Demam Usai Vaksin Polio, Orangtua Lakukan Ini - Health

, Jakarta Mulai hari ini, Senin, 15 Januari 2024 digelar secara serentak Sub Pekan Imunisasi Polio atau Sub PIN Polio di Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Kabupaten Sleman, DIY. Bila mengacu data, efek samping atau kejadian ikutan pasca imunisasi vaksin Polio nOPV2 termasuk non serius.

"KIPI ringan, berlangsung singkat, sembuh dengan atau tanpa pengobatan," kata Ketua Komisi Nasional Kejadian Ikutan Pasca-Imunisasi (Komnas KIPI) Profesor Hinky Hindra Irawan Satari.

Reaksi yang mungkin timbul seperti menangis sebesar 15 persen, mengantuk 7 persen, demam 11 persen, rewel 15 persen, hilang nafsu makan 11 persen, dan muntah 13 persen.

Salah satu reaksi yang dikhawatirkan orangtua usai vaksinasi adalah demam. Terkait hal ini Hinky mengatakan bahwa demam yang muncul biasanya tidak terlalu tinggi.

"Secara data, vaksin Polio tidak menyebabkan demam tinggi, jika ada demam tidak terlalu tinggi," kata Hinky pada Jumat kemarin dalam konferensi pers bersama Kemenkes RI.

Demam merupakan reaksi tubuh yang mengadakan reaksi terhadap benda asing yang masuk.

"Kan virus yang masuk dilemahkan, untuk membentuk antibodi tertentu perlu suhu tertentu yaitu suhu demam nah ada yang (menjadi) tidak begitu tinggi ada yang tinggi," kata Hinky.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Beri Obat Penurun Demam

Bila memag terjadi demam usai vaksinasi bisa diberikan obat penurun demam seperti parasetamol atau ibuprofen. Bisa dimintakan obat tersebut ke dokter atau fasilitas kesehatan terdekat.

"Jadi tidak perlu panik tapi waspada kalau ada demam. Kasih obat penurun demam, minta ke dokter atau fasilitas kesehatan," kata Hinky.

"Kalau dikasih obat penurun demam bakal turun dalam semalam," lanjutnya. .

3 dari 4 halaman

Bila Demam Tak Turun dari Semalam

Jika panas tak kunjung menurun lebih dari semalam, besar kemungkinan bukan karena vaksin polio.

"Kalau lebih dari semalam demam, mungkin demam bukan dari vaksin segera bawa ke dokter atau puskesmas atau bidan terdekat," sarannya.

Sehingga bisa dicari tahu penyebab demam pada anak. 

4 dari 4 halaman

Tentang Sub PIN Polio

Sub PIN Polio dilakukan menyusul temuan kasus lumpuh layu di Kabupaten Pamekasan dan Sampang, Jawa Timur; serta Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Wilayah pemberian imunisasi tambahan adalah seluruh kabupaten/kota di Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur yang merupakan lokasi terjadinya KLB polio. 

Pemberian imunisasi tambahan juga dilakukan di Kabupaten Sleman DIY, yakni daerah yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Klaten, lokasi ditemukannya kasus polio beberapa waktu lalu.

Vaksin nOPV2 bakal diberikan sebanyak dua tetes dengan interval minimal satu bulan. Putaran pertama dimulai pada 15 Januari 2024, sedangkan putaran kedua akan berlangsung mulai 19 Februari 2024.

Masing-masing putaran dilaksanakan dalam waktu satu minggu dengan jarak antarputaran minimal satu bulan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat