uefau17.com

Mengandung Banyak Nutrisi, Ini Manfaat Air Beras untuk Pertumbuhan Rambut - Health

, Jakarta - Air beras telah digunakan selama berabad-abad dalam budaya Asia sebagai perawatan kecantikan. Air beras adalah air hasil rebusan atau rendaman beras.

Air beras banyak mengandung pati, serta nutrisi lainnya. Beberapa vitamin dan nutrisi dalam air beras berperan penting dalam mendukung kesehatan rambut.

Berikut ini beberapa manfaat air beras untuk rambut seperti dikutip dari Webmd pada Sabtu, (2/12/2023).

Vitamin E : Vitamin E kaya akan jenis antioksidan yang disebut tokotrienol. Telah terbukti meningkatkan pertumbuhan rambut pada orang yang menderita alopecia, yaitu penyakit yang menyebabkan rambut rontok.

Magnesium : Magnesium adalah mineral utama yang penting untuk banyak fungsi tubuh Anda. Studi terhadap wanita dengan rambut menipis menemukan bahwa suplementasi magnesium oral meningkatkan pertumbuhan rambut mereka setelah 90 hingga 180 hari.

Vitamin B : Biotin adalah salah satu vitamin B yang paling erat kaitannya dengan pertumbuhan rambut. Kekurangan biotin dikaitkan dengan kerontokan rambut, karena biotin merupakan komponen penting dalam produksi keratin, yang penting dalam pertumbuhan rambut dan kuku yang sehat.

Zinc : Rambut rontok bisa menjadi efek samping dari kekurangan zinc. Ini penting untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan rambut. Suplementasi seng efektif dalam mengurangi kerontokan rambut pada orang yang kekurangan zat besi.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apakah Air Beras Baik untuk Rambut?

Ada banyak bukti bahwa air beras dapat membantu pertumbuhan rambut. Masyarakat Huangluo, Tiongkok menggunakannya sebagai bagian dari perawatan rambut mereka, dan mereka juga memenangkan gelar Guinness Book of World Records sebagai "Desa dengan Rambut Terpanjang di Dunia".

Namun, tidak ada bukti ilmiah yang mendukung penggunaan air beras untuk pertumbuhan rambut.

Meskipun mengandung banyak vitamin dan mineral yang terkait dengan rambut sehat, sebagian besar penelitian mengenai vitamin dan mineral tersebut dilakukan pada orang-orang yang kekurangan di dalamnya, bukan mereka yang meneliti kadar normal.

Selain itu, sebagian besar penelitian melihat hasil mengonsumsi vitamin dan mineral melalui mulut, bukan menerapkannya pada rambut.

 

3 dari 4 halaman

Efek Samping Air Beras pada Rambut

Air beras tidak memiliki risiko signifkan yang terkait dengan penggunaannya, jadi harus aman untuk dicoba. Namun, beberapa orang harus berbicara dengan dokter mereka sebelum mencobanya, termasuk orang-orang dengan:

Eksim: Orang dengan eksim atau dermatitis atopik mengalami peradangan dan gatal-gatall karena kulit mereka tidak dapat mempertahankan penghalang kelembapan yang memadai.

Rambut rontok: Jika seseorang mengalami kerontokan rambut, maka tidak boleh mencoba air beras sebagai perawatan pertama. Bicaralah dengan dokter terlebih dahulu karena banyakk penyebab rambut rontok telah menyetujui perawatan yang efektif.

 

4 dari 4 halaman

Cara yang Terbukti Menumbuhkan Rambut Lebih Cepat

Jika seseorang tertarik dengan metode yang terbukti secara ilmiah untuk menumbuhkan rambut lebih cepat, cobalah ini:

  1. Dapatkan nutrisi
  2. Makan diet seimbang
  3. Pastikan untuk mendapatkan cukup vitamin B dan D, zat besi, dan asam lemak omega-3 dalam diet.
  4. Cobalah suplemen biotik dan kolagen
  5. Minimalkan perawatan kimia
  6. Hindari menyisir rambut basah

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat