uefau17.com

Cerita Haru Siswa STM Selamatkan Nyawa Sang Ayah Lewat Transplantasi Hati - Health

, Jakarta - Siswa Sekolah Teknik Menengah (STM) Geumo di Gumi, Gyeongsangbuk-do, Korea Selatan, berhasil menyelamatkan nyawa sang ayah dari ambang kematian melalui transplantasi hati.

Tahun lalu, ayah dari remaja laki-laki bernama Yang Hee Chan, 18 tahun, mendadak hilang kesadaran akibat gangguan fungsi hati yang dideritanya.

Dokter mengatakan kepada Yang bahwa satu-satunya cara agar ayahnya tetap hidup adalah dengan transplantasi hati.

Mula-mula Yang mencari seseorang yang mau melakukannya. Namun, hasilnya nihil. Sementara ibunya juga sedang menderita penyakit kronis. Sampai akhirnya Yang rela memberikan hatinya untuk sang ayah.

Setelah berkonsultasi dengan dokter dan melakukan serangkaian tes, Yang dinyatakan cocok. Tanggal operasi pun segera ditentukan.

Usai menjalani operasi transplantasi hati, Yang tersenyum meski tak kuasa menahan rasa sakitnya sambil melihat bekas luka di dadanya.

Yang bercita-cita menjadi seorang tentara. Namun, mimpi tersebut harus dikubur dalam-dalam lantaran organ tubuhnya sudah tidak lengkap lagi.

"Saya mungkin tidak bisa menjadi tentara seperti yang saya mimpikan (karena operasi transplantasi hati), tapi saya beruntung bisa melindungi ayah saya," kata Yang dikutip dari situs Yunhap Korea pada Rabu, 29 November 2023.

Beruntung kesehatan ayahnya Yang telah pulih total setahun usai operasi transplantasi hati.

Ke depan, Yang berencana ikut Olimpiade Keterampilan dan berharap dapat memenangkan medali.

"Saya sangat ingin mendapatkannya," ujar Yang.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Siswi SMA yang Merawat Ayahnya Akibat Diabetes

Selain Yang, ada Choi Eun Byeol, siswi di Sekolah Menengah Putri Incheon Shinheung, yang merawat ayahnya dan mengurus pekerjaan rumah tangga sendirian tanpa ibunya.

"Karena ayah saya tidak mendapat pengobatan tepat waktu, gejala diabetesnya memburuk, dan dia akhirnya kehilangan kaki kanannya awal tahun lalu," katanya.

Adiknya Choi hidup terpisah setelah mendapat pekerjaan. Sehingga Choi yang bertanggung jawab sepenuhnya untuk membawa sang ayah ke rumah sakit untuk cuci darah.

"Saya harus mengomelinya dan memastikan dia tidak melewatkan pengobatannya dan bahkan memastikan dia makan. Saya merawat ayah saya dengan memijat dan mengoleskan salep setiap hari agar otot kakinya tidak kaku," ujar Choi.

Meski keadaannya sulit, Choi memiliki kepribadian gampang bergaul dengan siapa pun, yang membuatnya populer di kalangan orang dewasa di lingkungan sekitar.

"Dari waktu ke waktu, saya makan di luar bersama ayah saya dengan gaji yang saya terima dari sebuah toko kecil yang dikelola oleh seorang lansia di lingkungan sekitar. Tahun depan, saya ingin masuk ke sekolah menengah komersial untuk belajar tentang perpajakan," kata Choi.

 

 

3 dari 3 halaman

Keduanya Dapat Penghargaan

Yayasan Kebudayaan Gachon pada Rabu, 29 November 2023, mengumumkan bahwa mereka telah memilih Yang dan Choi sebagai pemenang Penghargaan Kesalehan Berbakti Gachon ke-25, yang diberikan kepada Simcheong zaman modern, seorang wanita yang sangat berbakti kepada anak.

Pemenang utama Penghargaan Filial Piety Multikultural adalah Fajardo Gemma, kelahiran Filipina, yang merawat ibu mertuanya yang lanjut usia serta suami dan putranya yang menderita disabilitas intelektual.

Yayasan Kebudayaan Gachon juga menganugerahkan 4 hadiah utama dan 4 hadiah khusus kepada Gachon Filial Piety Award, 2 hadiah utama kepada Multicultural Filial Piety Award, dan 1 organisasi dan 1 hadiah khusus kepada Multicultural Helper Award. Satu orang terpilih sebagai pemenang hadiah utama Filial Piety Education Award.

Penghargaan Kesalehan Berbakti Gachon didirikan pada tahun 1999 ketika Presiden Universitas Gachon Lee Gil-ya, pendiri Yayasan Kebudayaan Gachon, membuat dan menyumbangkan patung Simcheong ke Pulau Baengnyeong, Incheon, yang diyakini sebagai latar Kisah Simcheong asli .

Pemenang di setiap kategori akan menerima hadiah uang dan hadiah, termasuk beasiswa senilai 3 hingga 10 juta won dan pemeriksaan kesehatan komprehensif senilai 1 juta won.

Upacara penghargaan akan diadakan di Songdo Convensia di Incheon pada tanggal 5 bulan depan. Acara pada hari itu akan diadakan bersamaan dengan konser memperingati 65 tahun Rumah Sakit Gil dan peringatan 25 tahun Gacheon Filial Piety Award.

Seorang pejabat dari Yayasan Kebudayaan Gachon mengatakan, "Dari tahun 1999 hingga tahun ini, kami mengidentifikasi dan memberikan penghargaan kepada 313 anak perempuan yang berbakti dan ayah yang berbakti."

"Kami akan terus mengadakan Penghargaan Kesalehan Berbakti Gachon untuk melestarikan budaya yang menghargai berbakti di masa depan," pungkasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat