uefau17.com

Dibutuhkan Dalam Kehidupan, Yuk Lakukan 5 Hal Ini untuk Memupuk Percaya Diri - Health

, Jakarta - Rasa percaya diri adalah sesuatu yang diinginkan banyak orang, tetapi tidak semua individu bisa menerapkannya. Definisi percaya diri menurut psikiater Dr. Nina Vasan, MD, MBA adalah perihal harga diri yang aman dan perasaan dapat melakukan sesuatu.

“Itu berarti merasa nyaman dengan diri sendiri atas kemampuan dan potensi yang dimiliki. Kepercayaan diri adalah tentang menerima diri apa adanya dan menyukai penampilan sendiri,” lanjut Vasan.

Tentu saja, orang yang memancarkan rasa percaya diri sudah merasa nyaman dengan dirinya sendiri. Namun, beberapa orang terkadang sulit untuk percaya diri. Tak jarang mereka mencari cara agar bisa menerapkan kepada diri sendiri.

Jika masih bingung, cobalah terapkan lima hal berikut ini agar percaya diri, dilansir dari Today pada Rabu, 29 November 2023.

1. Manfaatkan Kemampuan yang Dimiliki

Terapis klinis, Kathryn Lee, MHC, Ed. M, MA  menyebut, percaya diri berarti menerima dan yakin sepenuhnya terhadap diri sendiri. Namun jika tidak percaya diri, kita tidak mengetahui apa kemampuan yang dimiliki.

“Manusia terprogram untuk takut akan hal yang tidak diketahui. Ketika kurang percaya diri, kita menjadi tidak yakin akan kemampuan untuk menyelesaikan tugas atau peran tertentu,” kata Lee.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui kemampuan yang dimiliki agar memahami kapasitas diri kita.

“Kita perlu memahami kapasitas diri sendiri. Hal ini agar bisa membangun kepercayaan dan keyakinan pada diri kita sendiri,” lanjutnya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Berada di Lingkungan Orang Positif

Menurut Vasan, menghabiskan waktu bersama orang positif akan membuat kita melihat sisi terbaik dalam diri sendiri. Sebaiknya perbanyaklah komunikasi dengan orang-orang yang positif. Dengan begitu, kita bisa mengasah kepercayaan diri dan menambah wawasan baru.

Menurut Vasan, bahkan jika tidak punya banyak teman, hubungan yang berkualitas dengan orang terdekat juga akan meningkatkan kepercayaan diri dan energi.

“Kelilingi diri sendiri dengan orang-orang positif, mereka akan melihat sisi terbaik kita. Pada saat yang sama, jika melihat orang-orang tertentu dalam hidup dan membuat kita merasa negatif atau terkuras, sebaiknya jangan terlalu lama dekat dengannya,” kata Vasan.

3 dari 4 halaman

3. Bangga Terhadap Diri Sendiri

Menurut Lee, semakin menyadari kemenangan dalam hidup, maka memupuk rasa bangga dan percaya diri. Ia menyarankan agar seseorang luangkan waktu untuk merenungkan beberapa pencapaian. Tujuannya agar kita lebih bangga kepada diri sendiri dan mengetahui value yang dimiliki.

4. Miliki Keterampilan atau Hobi

Mempelajari hal baru memang tidak mudah, tetapi perasaan yang muncul saat menguasai suatu keterampilan sungguh tak ternilai harganya.

“Penguasaan adalah salah satu kekuatan pendorong terbesar kepercayaan diri,” kata Vasan.

Vasan pun menyarankan agar pertimbangkan kembali untuk melakukan aktivitas baru seperti melukis, membuat kue, atau prakarya.

“Luangkan waktu untuk menyempurnakan keterampilan tersebut,” tegas Vasan.

4 dari 4 halaman

5. Olahraga

Tidak hanya untuk kesehatan fisik, bahkan olahraga sekecil apa pun dapat membantu meningkatkan cara kita memandang diri sendiri.

“Pikirkan hal-hal kecil yang dapat dilakukan agar kita bergerak. Seperti berjalan-jalan dengan teman selama 10 menit di sore hari sudah cukup,” saran Vasan.

Menurut beberapa sumber, secara psikologis banyak terlibat dalam olahraga, semakin baik perasaan yang didapatkan.

Rasa menguasai dalam olahraga tertentu meningkatkan kepercayaan diri dan harga diri yang mengarah pada perasaan lebih bahagia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat