uefau17.com

5 Manfaat Sarapan Enggak Main-Main, Bikin Pikiran Jadi Lebih Jernih - Health

, Jakarta Banyak dari kita yang sehari-harinya harus melahap semangkuk sereal atau sepiring telur sebelum berangkat aktivitas. Ada juga orang yang lebih memilih tidak sarapan di pagi hari.

Alasan orang tidak makan pagi karena mencoba menurunkan atau mempertahankan berat badan, terutama jika mengikuti diet makan yang disebut puasa intermiten. Ini di mana seseorang membatasi asupan makanan pada periode waktu tertentu di siang hari.

Berdasarkan Kitchen Infinity National Survey tahun 2023 yang mensurvei 2.500 orang dewasa di Amerika Serikat, bahwa satu dari lima orang dewasa (20 persen) melewatkan sarapan, sedangkan 80 persen cenderung sarapan setiap hari.

Padahal, sarapan pagi, menurut pakar diet Amy Campbell, mempunyai sejumlah manfaat yang dapat mendukung Anda beraktivitas. Melansir Diabetes Self-Management, berikut manfaat sarapan pagi, antara lain:

  1. Sarapan memberi Anda energi. Setelah tidur selama tujuh atau delapan jam semalam, tubuh Anda membutuhkan bahan bakar atau energi untuk membuat Anda bangun dan beraktivitas di hari berikutnya. Bayangkan, mengendarai mobil Anda dengan sedikit bensin, tentu Anda tidak akan pergi terlalu jauh. Kekurangan bahan bakar dapat memengaruhi kinerja Anda di tempat kerja.

  2. Sarapan dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Beberapa penelitian menunjukkan, sarapan di pagi hari dapat meningkatkan tingkat metabolisme istirahat (higher resting metabolic rate), yaitu jumlah kalori yang dibakar saat Anda duduk atau berbaring. Penelitian lain menunjukkan, orang yang sarapan memiliki indeks massa tubuh (BMI) yang lebih rendah daripada mereka yang tidak sarapan. Orang yang sarapan mungkin memiliki lebih sedikit keinginan untuk makan dan makan lebih sedikit sepanjang hari.

  3. Selain memberikan kalori (alias bahan bakar), sarapan yang sehat adalah cara untuk mendapatkan semua nutrisi yang Anda butuhkan untuk kesehatan yang baik.

  4. Sarapan mendukung kesehatan jantung. 

  5. Sarapan dapat membantu Anda berpikir lebih jernih.

    Penelitian terhadap anak-anak yang sarapan telah menemukan, anak-anak berprestasi lebih baik di sekolah, yang berarti, prestasi akademis yang lebih baik dibandingkan dengan anak-anak yang tidak sarapan.Temuan yang sama juga berlaku untuk orang dewasa. Ketika orang dewasa sarapan, mereka cenderung lebih waspada dan memiliki tingkat konsentrasi, memori, dan energi yang lebih baik.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Turunkan Risiko Penyakit Jantung sampai Stroke

Sudah menjadi rahasia umum kalau sarapan adalah waktu makan yang paling penting dalam sehari. Sarapan dapat membantu meningkatkan metabolisme dan memberi Anda energi untuk memulai hari.

Salah satu manfaat dari sarapan adalah meningkatkan suasana hati. Ketika makanan ini terdiri dari nutrisi sehat seperti karbohidrat kompleks yang menjadi bahan bakar otak Anda, hal ini dapat meningkatkan daya ingat, kemampuan kognitif, dan rentang perhatian.

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang secara teratur mengonsumsi sarapan juga memiliki penurunan risiko penyakit jantung, diabetes, obesitas, tekanan darah tinggi, dan stroke.

3 dari 5 halaman

Menu Sarapan yang Sederhana

Menu yang sederhana dapat membuat sarapan menjadi lebih mudah dari yang Anda kira. Sepotong roti panggang gandum berserat tinggi dapat ditaburi dengan banyak pilihan seperti selai kacang atau selai kacang apa pun dan sepotong buah, dilansir dari United States Government.

Roti panggang alpukat (alpukat yang dioleskan di atas roti panggang dengan telur rebus) adalah menu populer yang juga mudah disiapkan. Alternatif lain adalah bagel berserat tinggi dengan krim keju rendah lemak dan buah.

4 dari 5 halaman

Pilihan Sarapan yang Sehat

Ahli diet dapat membantu Anda membuat pilihan sarapan yang lebih sehat. Anda dapat mengganti telur dengan tahu atau menambahkan kacang-kacangan dan salsa, lalu membungkusnya dengan tortilla untuk membuat burrito yang sehat.

Melakukan perubahan pola makan yang kecil dapat mengarah pada gaya hidup yang lebih sehat. Salah satu cara sederhana untuk melakukannya adalah dengan menambahkan sarapan ke dalam rutinitas harian Anda.

5 dari 5 halaman

Cara Agar Tetap Sarapan Saat Perjalanan

Buat Anda yang tidak sempat sarapan dan ingin makan saat perjalanan, ubah oatmeal menjadi semangkuk makanan lezat dengan menambahkan kacang-kacangan, biji chia atau biji rami, buah beri, atau beberapa sendok makan buah kering.

Oat adalah cara yang populer untuk menambahkan sarapan pada hari Anda.

Smoothie adalah pilihan lain yang bisa dibawa dan merupakan cara yang bagus untuk meningkatkan asupan serat dengan menambahkan buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan dan biji-bijian.

Jika Anda perlu menambahkan sayuran ke dalam menu makanan Anda, telur dadar cepat saji adalah cara yang lezat untuk melakukannya. Memotong sayuran pada malam sebelumnya adalah cara yang baik untuk menyiapkan makanan sehat di pagi hari atau Anda dapat mencoba menggunakan sayuran beku untuk menghemat waktu. ***

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat