uefau17.com

Potret Perjalanan Saykoji Diet Menurunkan Berat Badan, Awalnya Dijebak Istri ke Dokter Gizi - Health

, Jakarta - Keberhasilan rapper Igor Saykoji atau Saykoji menurunkan berat badan hingga 35 kg diceritakan baru-baru ini. Termasuk, awal mulai ia menjalani program diet di 2022.

Ternyata, awal mula Saykoji memulai diet menurunkan berat badan gegara "dijebak" sang istri, Temmy. Pasangan hidupnya ini yang membuat Saykoji berkonsultasi dengan dokter spesialis gizi klinik Feni Nugraha.

"Kayanya waktu itu gue mau ijin ngapain gitu (malah lupa) dibilang boleh, tapi temenin gue ke dokter gizi ya (dia lagi kontrol nutrisi untuk showcase hobi olahraganya)- eng ing eng.. ditembak konsultasi di tempat," kata Saykoji lewat cuitan di Twitternya.

Seminggu menjalani program yang diberikan dokter gizi klinis, berat badan Saykoji pun turun.

"Karena gue jalanin program dengan baik, dan gue turun beberapa kilogram," kata Saykoji dalam video yang diunggah ke media sosialnya.

Penurunan berat badan terus terjadi. Dalam sebulan menjalankan program diet, berat badannya bisa turun 7,5 kg. Seperti pada periode 5 Oktober 2022 berat badannya 140,1 kg. Lalu, saat tanggal 26 Oktober 2022 menjadi 132,6.

Mulai Berolahraga

Bukan hanya mengatur asupan makan, Saykoji juga memulai berolahraga. Tentu bukan dengan olahraga berat, melainkan yang ringan-ringan bermodalkan menonton video di YouTube.

"Jadi gue cari olahraga untuk orang obesitas di YouTube seperti (mengangkat) dumbell ringan di rumah dengan gerakan simpel yang cenderung membosankan," cerita pria 40 tahun itu.

Setelah sebulan rutin berolahraga, kemampuan angkat bebannya makin meningkat. Saykoji bisa mengangkat dumbell yang lebih berat.

"Gue tambah latihan berbeda dan mulai jalan di sekitar rumah," kata Saykoji soal prosesnya menurunkan berat badan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Disiplin Jalani Program, Badan Bugar dan Pikiran Bahagia

Setelah tiga bulan mengikuti program menurunkan berat badan juga olahraga, Saykoji mengaku efeknya sudah langsung terasa di badan. Ia juga merasa lebih bugar.

"Baju mulai terasa longgar dan lebih pas di badan gue, berasa lebih kuat. Bisa jalan tanpa sakit dan gue bisa angkat beban lebih berat," tuturnya lagi.

Kesehatan mentalnya juga ikut terdongkrak dengan kebiasaan hidupnya yang baru. 

"Dan, gue jadi lebih happy," cerita Saykoji

3 dari 4 halaman

Saykoji Ubah Cara Hidup

Seiring berjalannya waktu, pola makan dan olahraga yang dijalani Saykoji bukan cuma untuk menurunakan berat badan dan mengurangi lemak tubuh. Namun, dirinya menjalani kehidupan yang lebih sehat.

"Yang terjadi adalah gue mengubah cara hidup gue. Bukan hanya gue fokus ke weight loss atau fat loss," tuturnya.

Ia ingin hal yang tengah ia jalani saat ini menjadi kebiasaan bukan hanya program sementara.

"Secara perlahan, gue mengubah diri gue dari versi yang tidak sehat. Jadi, perlu progres yang pelan juga untuh diubah," tuturnya.

Pelan tapi pasti, keberhasilan penurunan berat badan ia dapat. Selain itu, pola pikir terhadap makanan juga berbeda. Baginya saat ini, makanan adalah bensin untuk bisa melakukan gaya hidup yang aktif.

"Secara perlahan dan konsisten gue mengubah kebiasaan, 8 bulan berlalu dan gue udah turun 35 kg," katanya.

4 dari 4 halaman

Kisah yang Menginspirasi

Unggahan video perjalanan delapan bulan Saykoji menurunkan berat badan dapat reaksi positif. Di kolom komentar akun media sosialnya dipenuhi dukungan agar pelantun lagu "Online" terus semangat jalani hidup sehat.

"35  kg is no smeal deal," kata @hmanampiring.

"You can do it my broooo," kata @giring.

"Bisa sekonsisten itu keren om saykoji," tulis lilthinnn.

Apresiasi juga diberikan dokter gizi klinik yang menanganinya, "Kak kerennn," tulis Feni.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat