uefau17.com

Ragam Diet Bintang K-Pop, Mulai dari IU sampai Jennie BLACKPINK - Health

, Jakarta - Jenis diet yang tengah naik daun sejak meluasnya nama K-Pop ke seluruh penjuru dunia adalah diet K-Pop. Melihat tubuh idol K-Pop sekarang, banyak orang yang menjadi tertarik dengan diet yang dilakukan para idola.

Tak hanya itu, kesehatan juga sering dihubungkan dengan berat badan ideal, sehingga banyak orang tertarik mencoba tren diet terbaru seperti diet K-Pop yang menjanjikan hasil yang baik. 

Dalam diet K-Pop, ada beberapa hal dasar yang perlu diperhatikan untuk mengurangi kalori yang masuk ke dalam tubuh. Selain mengurangi porsi makan, diet ini juga menganjurkan untuk konsumsi sayur, sup, dan buah untuk mendapatkan kalori yang cukup tanpa perlu merasa lapar.

Selain itu, jenis diet ini juga mengharuskan menghindari makanan tinggi lemak dan gula sederhana seperti es krim, roti, dan makanan atau minuman manis lainnya. Sebagai gantinya, buah segar dianjurkan sebagai opsi yang lebih sehat.

Salah satu hal yang membedakan diet K-Pop dengan diet lainnya adalah diet ini tidak menganjurkan mengonsumsi camilan sebagai bagian dari menu diet sehari-hari, dilansir dari laman Koreaboo.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Idola K-Pop dan Cara Diet Mereka

Dari antara banyaknya idola K-Pop yang melakukan diet mereka dengan cara masing-masing, berikut contoh beberapa idola yang tubuh idaman beserta cara diet mereka, berdasarkan laman Koreaboo.

IU

Ketenaran diet IU memang tak main-main apalagi ia merupakan salah satu penyanyi dan aktris produktif Korea Selatan.

Banyak yang tergiur lantaran diet IU 1 minggu bisa turun beberapa kilogram. Bahkan ada yang bisa turun hingga 5 kilogram.

IU menjalankan diet selama satu minggu dengan hanya mengonsumsi tiga jenis makanan: satu buah apel untuk sarapan, satu ubi untuk makan siang, dan segelas protein shake untuk malam hari.

Diet ini IU lakukan kala dirinya merasa berat badannya agak berlebihan. Biasanya durasi diet yang dia lakukan sekitar tiga hingga empat hari saja.

Namun, perlu digarisbawahi, bahwa IU menyebut diet tersebut sangat ekstrem dan tidak boleh dilakukan setiap hari.

"Ini benar-benar ekstrem. Dulu aku tak ada masalah karena melakukan diet ini kala berusia 21-22 tahun dan hanya sebentar, 3-4 hari," kata IU diwawancarai TVN D setahun lalu.

IU yang saat ini berumur 29 tahun mengatakan dirinya tidak melakukan diet itu lagi. Dia merasa diet yang amat rendah kalori itu bisa membuat performanya tidak baik jika dilakukan di usianya yang hampir menyentuh kepala 3.

"Jika kulakukan diet itu sekarang, aku rasa aku takkan kuat menyanyi," kata pelantun lagu Celebrity itu sambil tertawa.

 

3 dari 5 halaman

Jennie BLACKPINK

Jennie menjalankan dietnya dengan batasan kalori secara bertahap. Pada hari pertama, ia hanya mengonsumsi 1.000 kalori, pada hari kedua hanya 500 kalori, pada hari ketiga 900 kalori, dan pada hari keempat hanya 600 kalori.

Selain itu, diet ini menerapkan aturan beberapa aturan, seperti tidak boleh makan terburu-buru, harus makan tiga kali sehari meskipun hanya mengonsumsi 500 kalori, menjaga asupan gula dan garam, dan minum 2 liter air putih per hari.

4 dari 5 halaman

Lisa BLACKPINK

Sebagian besar penggemar Lisa BLACKPINK tentu mengetahui bahwa wanita 25 tahun itu tak suka diet. Anggota BLACKPINK ini sangat vokal tentang kecintaannya pada makanan. Inilah alasan mengapa dia tidak benar-benar memiliki rencana diet yang tepat. 

Meski demikian, rapper asal Thailand ini secara konsisten mempertahankan tubuh yang ideal dan bugar. Begini cara Lisa menyantap makanan:

Makan dengan Porsi Sedikit

Lisa mengaku tidak melarang dirinya untuk mengonsumsi semua makanan yang dia inginkan. Namun, dia memastikan untuk memakannya dalam porsi kecil.

Lisa juga makan junk food seperti pizza. Namun, Lisa memastikan dirinya untuk selalu menyeimbangkan dengan makanan sehat, seperti buah dan sayuran.

Konsumsi Jus Detoks

Lisa tidak memiliki rencana diet, ia rutin mengonsumsi jus detoks setiap hari. Banyak yang mengatakan bahwa Lisa kerap mengonsumsi jus detoks setiap harinya untuk membantu pencernaannya.

Studi menunjukkan bahwa jus buah dan sayuran dapat membantu meningkatkan kadar vitamin esensial dan antioksidan, yang meliputi beta karoten, folat, vitamin E, dan vitamin C, melansir Kpop Starz.

Menari dan Olahraga

Selain mengonsumsi buah-buahan dan jus detoks, Lisa juga menyukai latihan boxing untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Tak hanya itu, Lisa juga kerap latihan menari yang tentunya membakar banyak kalori.

5 dari 5 halaman

Diet yang Sehat seperti Apa?

Terlepas dari diet di atas, diet yang sehat itu harus sesuai dengan kondisi kesehtan masing-masing individu. Hal ini seperti disampaikan dokter spesialis gizi klinik, Cindiawaty Josito Pudjiadi.

Hal yang perlu diluruskan bahwa diet tidak sama dengan makan sedikit. Diet adalah pengaturan makan.

"Sering orang menyangka diet itu makannya harus sedikit, padahal belum tentu. Semua orang butuh pengaturan makan dan pengaturan makan harus disesuaikan dengan kondisi kesehatan masing-masing," kata Cindy mengutip Antara.

Ia juga mengatakan bahwa saat seseorang berupaya menuurnkan berat badan harus tetap memperhatikan nilai gizi makanan yang masuk ke tubuh. 

"Tetap harus (diet) bergizi lengkap dan seimbang agar daya tahan tubuh kita tetap terjaga," pungkasnya.

  

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat