uefau17.com

Gemas, Ibu dan Anak Ini Tetap Nyambung Meski Ngobrol dengan 2 Bahasa Berbeda - Health

, Jakarta - Pernikahan antar individu yang memiliki kewarganegaraan berbeda sudah lumrah terjadi. Biasanya, anak akan mendapatkan dua ajaran yang berbeda pula mulai dari budaya hingga bahasa.

Hal tersebutlah yang terjadi pada Erna Megawati dan suaminya. Diketahui, Mega merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) yang menikah dengan warga Jepang.

Dalam video-video yang diunggahnya, Mega menggunakan bahasa Jawa Timur lengkap dengan logat-logatnya. Salah satu yang ramai disorot oleh warganet adalah saat Mega memberikan serundeng pada putranya Natsuki.

Di awal video, Natsuki terdengar berbicara bahasa Indonesia dan menanyakan makanan apa yang hendak dimakan olehnya. Mega pun menjelaskan ia akan makan serundeng dari Tulungagung.

"Ini mas sudah ada nasi hangat. Terus ini tuh serundeng dari Tulungagung. Ini serundeng dibikinin sama budeku," ujar Erna mengutip video yang diunggahnya melalui akun TikTok @megakenichiro, Senin (20/2/2023).

Saat menjelaskan soal serundeng, Natsuki merespons dengan bahasa Jepang. Setelahnya, ia ditanyai soal rasa serundeng yang disajikan dengan sepiring nasi putih tersebut dan menjawab menggunakan bahasa Indonesia.

"Enak. Nasi lagi," kata Natsuki.

Dalam video itu, terdengar bahwa Natsuki menggunakan dua bahasa berbeda, begitupun dengan Mega. Keduanya bergantian menggunakan bahasa Indonesia dan Jepang.

Tak berhenti di sana, lucunya lagi, Natsuki terlihat doyan makan serundeng buatan budenya di Indonesia. Ia pun tak segan-segan menambahkan serundeng dengan menyendok sendiri dan meletakkan di piringnya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Respons Warganet Lihat Komunikasi dengan Bahasa Campuran

Warganet yang ikut menyaksikan video-video mereka menganggap bahwa percampuran bahasa itu sangatlah lucu. Pasalnya, Mega dan Natsuki sama-sama nyambung saat berkomunikasi meski menggunakan bahasa berbeda. 

"Keluarga ini lucu banget mamahnya orang Indonesia terus nikah sama orang Jepang dan sekarang punya anak 2 tiap hari bahasanya campuran mamahnya pake bahasa Jawa anaknya bahasa Jepang tapi tetep nyambung kalo ngobrol," tulis akun @askrlfess saat mengunggah kembali video itu di Twitter.

"Jawa, Jepang, tp ttp aja nyambung banget kalo mama nya ngomong lucu banget," kata akun @b***i.

"Iyaa beberapa kali lewat fyp, lucu banget anaknyaa, ibunya juga kalo udh ngomong jawa lucu," ujar akun @p***o.

"Mas natsuki emg lucu bangettt mana maknya koplak," sambung akun @s***y.

3 dari 3 halaman

Tips Ajarkan Anak Beda Bahasa

Dalam video berbeda di akun TikTok @megakenichiro, ada salah seorang warganet yang menanyakan soal tips mengajarkan anak dua bahasa berbeda.

Mega mengungkapkan bahwa dirinya pun sebenarnya tidak jago berbahasa Jepang. Namun, ia sering mengajak putranya Natsuki untuk ngobrol.

"Mba, arep takon. Ngajarin anak bilingual gimana caranya ya? Apakah suaminya bisa bahasa Jawa? Atau si anak cukup sering diajak dialog aja?" tanya salah seorang warganet.

"Sering diajak ngobrol campuran. Aslinya q jg g pinter bhsa jp ngmg e jdi campur Jepang Jawa Indo hehe," jawab Mega.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat