uefau17.com

6 Tanda Persahabatan Anda Tidak Akan Bertahan - Health

, Jakarta - Dalam hidup ini, datang dan perginya seseorang dalam kehidupan merupakan hal yang biasa. Begitu juga dengan seorang sahabat yang terkadang hanya bisa bertahan sebentar dalam menjalin hubungan persahabatan denganmu.

Ini bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti perbedaan karakter, mempunyai mimpi yang berbeda, hingga berpisah karena sebuah jarak.

Namun, bagaimana cara kita mengetahuinya?

Melansir Huffpost, berikut adalah enam tanda persahabatan Anda tidak akan bertahan lagi.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Hubungan mulai terasa sepihak

Mengutip psikolog klinis dan pakar persahabatan Irene S. Levine, sebuah hubungan tidak bisa selalu sama sepanjang waktu, tetapi seiring waktu kedua pihak harus setara.

"Ada ketidaksetaraan dalam hubungan jika satu orang melakukan semua pekerjaan berat, selalu berada di pihak yang memberi."

Ketika hanya satu orang dalam persahabatan yang berusaha menghabiskan waktu bersama atau menaruh minat pada kehidupan orang lain, segalanya mulai menjadi berat sebelah. Anda mungkin merasa tidak dihargai dan cenderung tidak terbuka jika teman Anda tampaknya tidak benar-benar tertarik lagi dalam hubungan tersebut.

“Ini adalah tanda bahaya besar ketika seseorang yang seharusnya menjadi teman Anda mengubah sebagian besar percakapan Anda menjadi monolog pribadinya sendiri,” kata Glenda Shaw, penulis Better You, Better Friends.

“Atau ketika Anda tidak dapat mengekspresikan ide-ide atau berbagi pengalaman. Atau ketika Anda mulai bercerita dan dia mengubah topik pembicaraan kembali ke dirinya sendiri. Ini adalah indikasi penting bahwa persahabatan kalian bukanlah lagi persahabatan sejati.”

3 dari 6 halaman

2. Berada di dekat orang ini membuat Anda merasa tidak nyaman

Perhatikan apakah interaksi dengannya membuat Anda merasa lelah atau tidak, apakah orang itu menghakimi atau mengkritik Anda, apakah dia tidak pernah menegaskan atau menunjukkan rasa terima kasih atau penghargaan, atau jika substansi percakapan Anda selalu negatif.

Jika jawabannya 'iya', maka persahabatan Anda sudah tak lagi sehat dan tidak dapat bertahan lama.

3. Tidak punya rencana untuk berkumpul

“Salah satu penyebab terbesar hubungan persahabatan tidak bertahan adalah ketika orang tidak memulai waktu bersama,” kata pakar persahabatan dan penulis Shasta Nelson. 

Banyak persahabatan yang tidak pernah bisa bertahan hanya karena kedua belah pihak tidak menemukan cara untuk kembali dekat setelah perubahan besar dalam hidup, atau ketika satu orang merasa kesal karena menjadi orang yang selalu menjangkau.

Tentu saja, kita semua pernah melewati periode tersebut ketika jadwal bertemu sulit untuk dikoordinasikan. Tetapi jika Anda bahkan tidak dapat meluangkan waktu 10 menit untuk panggilan telepon atau pertukaran teks sesekali, itu mungkin merupakan indikasi dari prioritas Anda yang sebenarnya.

 

4 dari 6 halaman

4. Tidak merayakan kesuksesan Anda

“Tanda lain dari persahabatan yang mulai renggang adalah teman yang baru saja menjatuhkan Anda,” kata psikolog dan pakar persahabatan Marisa G. Franco.

Perhatikan reaksinya ketika Anda menemukan kesuksesan dalam hidup Anda, apakah itu pekerjaan atau masalah pribadi. Apakah dia bahagia untukmu? Atau apakah dia cemburu dan mencoba untuk menjatuhkanmu? 

Ketika seorang teman tidak merayakan kesuksesan Anda, itu sering kali karena rasa iri atau tidak aman.

“Menjadi bahagia atas kesuksesan Anda dan secara umum menginginkan Anda sukses adalah bagian penting dari persahabatan yang sehat,” kata Franco. “Kebalikannya lebih beracun.”

5. Komunikasi Anda tegang

Tidak ada persahabatan yang tidak ada konflik atau ketegangan dari waktu ke waktu, tetapi tetap harus ada kemudahan komunikasi. Jika ini kurang, pertimbangkan apakah ada dinamika beracun yang berperan atau Anda hanya terpisah.

“Mungkin sering terjadi kesalahpahaman, atau Anda kehabisan bahan untuk dibicarakan,” kata Levine.

Jika Anda mengalami masalah dengan teman Anda, pertimbangkan apakah dia akan melakukan percakapan yang jujur ​​dan konstruktif tentang hal itu.

“Sebagian besar dari kita mencoba untuk berbicara dengan teman-teman kita tentang hal-hal yang dia lakukan yang membuat kita kesal. Seperti selalu terlambat, mengirim SMS atau menelepon kita pada waktu yang tidak tepat, mengangkat topik sensitif di depan orang lain,” kata Shaw. 

“Ini adalah jenis masalah yang harus dinegosiasikan setiap orang dalam hidup. Apa yang menjadi tanda bahaya adalah ketika seseorang terus-menerus mengabaikan permintaan Anda untuk mengatasi situasi yang membuat Anda kesal.”

5 dari 6 halaman

6. Tidak mendengarkan perspektif Anda

“Dalam persahabatan yang sehat, Anda mengatasi konflik secara terbuka alih-alih mendorongnya dan berpura-pura tidak ada, atau berbayang atau menarik diri,” kata Franco. 

"Anda bisa mengatakan, 'Hei, ini menyakitkan saya,' dan orang lain ingin mendengarkan karena dia ingin melanjutkan hubungan dengan Anda."

Dalam persahabatan yang tidak sehat, orang mungkin menarik diri ketika dia sedang kesal. Atau dia mungkin menyerang Anda, menyalahkan Anda atas masalahnya atau sebaliknya memproyeksikan pengalaman negatif dia kepada Anda. Ada kurangnya minat untuk mencapai saling pengertian.

Ini adalah tanda utama dari hubungan yang beracun jika seorang teman jarang mempertimbangkan perspektif Anda, tambah Franco. 

Mendengarkan satu sama lain adalah bagian mendasar dari persahabatan yang sehat. Seperti yang dikatakan Nelson, “jika seseorang tampaknya tidak ingin mendengar Anda, maka itu adalah peringatan bahwa persahabatan ini tidak berhasil.”

 

Reporter: Lianna Leticia

6 dari 6 halaman

Infografis 5 Komitmen Bersama Tangani Pandemi Covid-19

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat