uefau17.com

Setop Merokok dan Sering Senyum Ampuh Tingkatkan Imun Tubuh - Health

, Jakarta Meningkatkan imunitas tubuh memang tidak bisa hanya mengandalkan satu atau dua hal. Perlu kombinasi banyak hal baik yang bisa meningkatkan imun tubuh, termasuk salah satunya tersenyum.

Ketua Perhimpunan Alergi dan Imunologi Indonesia Prof Iris Rengganis mengatakan bahwa tersenyum merupakan salah satu cara yang bisa meningkatkan imunitas tubuh.

"Kalau kita stres, (coba) kita itu senyum. Senyum itu salah satu yang meningkatkan imun sistem kita," katanya dalam dialog daring bersama Antara beberapa waktu lalu dikutip Minggu (31/10/2021).

Cara meningkatkan imunitas tubuh lainnya adalah menghindari stres dan bahagia. Jangan lupa juga, pastikan tidur cukup sekitar tujuh jam dan berat badan terkontrol agar imunitas terjaga baik.

Perhatikan juga asupan makanan yang membantu meningkatkan imunitas tubuh. Iris menyarangkan di masa pandemi seperti sekarang menambah asupan protein, sayur dan buah yang kaya antioksidan. Lalu, kurangi makanan berlemak dan karbohidrat."Kalau tidak yakin dengan makanan kita maka tambahkan vitamin, mineral dan juga antioksidan yang lainnya," saran Iris.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Setop Merokok, Aktivitas yang Hanya Ganggu Imun Tubuh

Di kesempatan yang sama Iris mengingatkan masyarakat untuk menjauhkan kebiasaan buruk. Dua diantaranya adalah merokok dan minum minuman beralkohol.

"Berhenti merokok dan berhenti alkohol. Ini sangat mengganggu sistem imun kita," ujar ahli alergi dan imunologi itu.

Dalam kesempatan berbeda, dokter spesialis paru RSUP Persahabatan Jakarta Agus Dwi Susanto mengatakan bahwa kebiasaan merokok awalnya akan mengganggu fungsi silia, yaitu pembersih saluran napas.

Asap rokok yang mengandung ribuan bahan kimia membuat silia harus bekerja keras menyaring benda asing. Hingga akhirnya fungsi silia menurun atau tidak berfungsi sama sekali

Iris juga mengingatkan masyarakat bahwa meningkatkan imunitas tubuh tetap penting dilakukan meski kasus COVID-19 rendah. Selain itu, tetap juga taat protokol kesehatan meski sudah divaksinasi.

 

3 dari 3 halaman

Infografis Kunci Hadapi Covid-19 dengan Iman, Aman dan Imun.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat