uefau17.com

Memahami Kebutuhan Asupan Gizi Anak Lewat Permainan di Internet - Health

, Jakarta Memanfaatkan kemajuan teknologi, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) bersama Human Nutrition Research Center, menciptakan permainan berbasis website bernama 'Piringku Masa Depanku', untuk mengedukasi orangtua dan anak terkait asupan gizi yang seimbang.

"Edukasi gizi dengan teknologi informasi, akan memberikan kemungkinan kita bisa beradpatasi dengan kebiasaan baru, tetapi juga bisa menjangkau seluruh Indonesia, dan fleksibel, bisa dilakukan seharian," ujar Ketua Human Nutrition Research Center, Rina Agustina dalam Webinar bertajuk Piringku Masa Depanku pada Sabtu (26/12/2020).

Dalam Piringku Masa Depanku, anak akan disajikan dua jenis permainan. Pertama permainan mengelompokkan makanan, yaitu anak memilih beberapa stiker makanan untuk ditempel sesuai kelompoknya (makanan pokok, lauk-pauk, sayur, buah)

Yang kedua, permainan simulasi menu makanan. Anak akan merancang menu makanannya dengan bebas memilih stiker makanan yang dia mau.

"Nanti ada scoringnya juga, apakah keragaman makannya sudah baik atau belum," ujar Ketua Klaster Medical Technology IMERI, FKUI, Prasandhya Yusuf.

 

Simak Juga Video Berikut

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dorong Anak Tertarik Aneka Makanan

Dengan permainan ini, diharapkan mampu meningkatkan pemahaman orangtua dan anak terkait kelompok makanan yang diperlukan untuk tumbuh kembang. Anak diharapkan lebih tertarik untuk makan makanan yang lebih beraneka ragam sesuai dengan kebutuhan gizinya.

Lewat edukasi ini, diharapkan orangtua dan anak jadi sama-sama belajar tentang asupan gizi bagi anak. Dengan asupan gizi yang terpenuhi maka sistem imun akan meningkat, maka risiko terkena penyakit berkurang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat