uefau17.com

Ingat-Ingat Pesan CDC, Pakai Masker Lindungi Anda dan Semua Orang dari COVID-19 - Health

, Jakarta - Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) kembali mengingatkan pentingnya pakai masker di tengah kasus COVID-19 yang belum juga reda.

CDC mengatakan pakai masker tidak hanya melindungi orang lain dari penyebaran COVID-19, tapi juga melindungi pemakainya.

Terlebih jika di kehidupan sehari-hari semua orang mengadopsi kebiasaan memakai masker yang dibarengin dengan jaga jarak aman, cuci tangan, dan ventilasi yang baik, tidak menutup kemungkinan penguncian (lockdowns) dapat dihindari.

CDC menjelaskan bahwa virus SARS-CoV-2 penyebab COVID-19 menyebar melalui droplets saat seseorang batuk, bersin, bernyanyi, berbicara, bahkan bernapas.

Itu mengapa seseorang yang menutupi mulut dan hidungnya dapat terlindungi dari orang-orang yang ada di dekatnya.

Laporan CDC memerkirakan bahwa lebih dari 50 persen penualaran berasal dari orang tanpa gejala, atau mereka yang sebenarnya sudah terinfeksi tetapi belum menunjukkan gejala.

Ketika CDC pertama kali mendesak rakyat Amerika untuk memakai masker saat beraktivitas di luar rumah, panduannya adalah bahwa cara tersebut dapat melindungi orang lain.

 

Simak Video Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pakai Masker di Tengah Pandemi COVID-19 Beri Banyak Keuntungan

Tetapi ada bukti yang berkembang bahwa masker juga dapat memberikan perlindungan bagi orang yang memakainya.

"Studi menunjukkan bahwa masker kain pun dapat mengurangi paparan pemakainya terhadap tetesan infeksius melalui penyaringan, termasuk penyaringan tetesan halus dan partikel yang kurang dari 10 mikron," tulis CDC.

Direktur Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular, Dr Anthony Fauci, menekankan bahwa semakin jelas manfaat memakai masker merupakan 'jalan dua arah'.

"Data terbaru sekarang telah menunjukkan bahwa pada kenyataannya, ada juga manfaat tambahan untuk melindungi Anda dari tetesan dan virus yang datang ke arah Anda," kata Anthony dikutip dari situs NBC News pada Rabu, 11 November 2020.

Dengan memakai masker, lanjut Anthony, Anda melindungi orang lain, lalu masker mereka melindungi Anda, dan makser Anda juga melindungi Anda.

3 dari 3 halaman

Infografis Masker COVID-19

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat