uefau17.com

Prostitusi Anak di Kalibata City Terbongkar, LPAI Angkat Bicara - Health

, Jakarta Terkait terbongkarnya kasus prostitusi anak di bawah umur di Apartemen Kalibata, Jakarta Selatan, Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) rupanya sudah terhubung ke sejumlah penghuni apartemen Kalibata City.

Mereka mengaku risau melihat gelagat apartemen berubah menjadi tempat prostitusi. Yang lebih mencengangkan, di antara 32 pekerja seks komersial (PSK), 6 orang masih anak-anak.

Pantauan LPAI tersebut dilakukan sekitar enam bulan lalu. Jajaran Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Metro Jaya pun akhirnya berhasil membongkar kasus prostitusi di Kalibata City itu.

"Terbongkarnya kasus ini bermula dari laporan masyarakat. Polri langsung bersikap responsif. Terkait korban anak (yang jadi PSK), kami (LPAI) bekerjasama dengan Polda Metro Jaya dalam penanganan masalah perlindungan anak," kata Ketua Umum LPAI Seto Mulyadi, sesuai rilis yang diterima Health , ditulis Kamis (9/8/2018).

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Apresiasi kerja Polda Metro Jaya

LPAI mengapresiasi kerja Polda Metro Jaya yang berhasil mengungkap kasus prostitusi di Apartemen Kalibata City.

Dalam proses pengungkapan kasus prostitusi, para warga dan LPAI mendatangi Polda Metro Jaya dan diterima langsung Dirkrimum dan Kanit PPA Kompol Endang.

Pertemuan menghasilkan dua rencana, yakni penindakan terhadap masalah prostitusi serta pencegahan dari masyarakat. LPAI mengedukasi tentang pentingnya perlindungan anak.

"Kami menilai ada sejumlah indikasi pada kasus ini juga telah terjadi pelanggaran terhadap UU Perlindungan Anak dan UU Tindak Pidana Perdagangan Orang," ucap Kak Seto, sapaan akrabnya.

3 dari 3 halaman

Upaya perlindungan

LPAI berharap Polda Metro Jaya mengerahkan segala daya untuk memaksimalkan hukuman bagi para pelaku. Ini bertujuan agar para korban mendapat ganti rugi dari para pelaku (restitusi).

Untuk perlindungan terhadap anak, LPAI menyarankan, dibangunnya Seksi Perlindungan Anak tingkat RT (SPART) atau sejenisnya. SPART sudah didirikan di sejumlah daerah.

"Kami siap menyosialisasi SPART ke seluruh warga penghuni apartemen, khususnya di wilayah DKI Jakarta," ucap Kak Seto.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat