uefau17.com

Bisa Kurangi Sakit, Steroid Berbahaya untuk Tubuh - Health

, Jakarta Selama ini orang mengenal steroid sebagai suntikan untuk membesarkan otot. Tapi ternyata, penggunaannya memiliki fungsi lain. Joan, kontestan Indonesia Idol 2018 menggunakannya untuk mengurangi rasa sakit akibat pita suara yang lecet.

Ada dua jenis steroid yang umum digunakan. Steroid anabolik untuk membangun otot, yang biasanya diberikan pada atlet. Lalu, kortikosteroid digunakan untuk mengurangi pembengkakan dan respon berlebihan dari sistem kekebalan tubuh.

Penyuntikan steroid harus dilakukan oleh dokter yang legal dan tidak boleh terlalu sering, sebab bisa menimbulkan efek samping berikut ini.

Rambut rontok

Rambut rontok adalah salah satu efek samping yang paling terjadi akibat suntikan steroid secara berlebihan. Pada tingkat ekstrim, bisa menyebabkan kebotakan.

Saksikan juga video menarik berikut:

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perubahan tubuh

Suntikan steroid anabolik yang terlalu kuat pada pria memberikan efek samping pada tumbuhnya payudara, ereksi yang menyakitkan, mengecilkan ukuran testikel, serta mengurangi jumlah sperma. Sementara efek samping di tubuh wanita adalah pertumbuhan rambut yang berlebih, klitoris membesar, ukuran payudara berkurang, dan perubahan suara.

Meningkatkan risiko penyakit mental

Terlalu banyak suntikan steroid juga bisa mengganggu kesehatan mental seperti mengembangkan perilaku agresif dan kekerasan. Selain itu suntikan steroid juga menyebabkan delusi dan depresi.

Tak hanya efek samping di atas, suntikan steroid mampu menyebabkan ketergantungan. Oleh karena itu, penggunaannya harus benar-benar diawasi dokter.

Penulis: Febrianti Diah Kusumaningrum. Sumber: Merdeka.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat