uefau17.com

Indonesia-France Business Forum 2024 Diharapkan Jadi Wadah UMKM-Pemerintah Pererat Kerja Sama Investasi dan Perdagangan - Global

, Nice - France-Indonesia Business Forum kembali digelar tahun ini oleh KJRI Marseille dan KBRI Paris. Kali ini mengangkat tema "Advancing Toward a Sustainable Future".

Forum bisnis ini diharapkan dapat mempererat kerja sama dalam bidang investasi, perdagangan dan ekonomi antara Prancis dan Indonesia, sekaligus menjadi wadah pertukaran informasi antara berbagai pihak termasuk UMKM, perusahaaan dan pemerintah untuk membahas peluang bisnis dan kolaborasi.

"Diskusi dalam forum ini diharapkan dapat memfasilitasi dialog konstruktif antara pemangku kepentingan dari kedua negara, membahas peluang bisnis dan investasi, serta mendorong kolaborasi di berbagai sektor strategis yang mendukung pembangunan berkelanjutan," demikian seperti dikutip dari pernyataan pers yang diterima , Rabu (12/6/2024).

Selain itu, forum tersebut juga bertujuan untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045, tujuan ambisius agar Indonesia menjadi negara yang berdaulat, maju, adil, dan makmur pada usia seratus tahun pada tahun 2045.

Diresmikan oleh Duta Besar RI untuk Prancis Mohamad Oemar, acara tersebut turut dihadiri oleh Konsul Jenderal KJRI Marseille Dian Kusumaningsih dan diikuti oleh sejumlah pengusaha perusahaan Prancis dan Indonesia, pelaku UMKM serta pemangku kepentingan kedua negara.

Adapun France-Indonesia Business Forum tahun ini turut menghadirkan sejumlah pembicara dengan topik diskusi yang berbeda, mulai dari Direktur Eksekutif Bank Indonesia-London Farida Peranginangin yang memaparkan soal situasi makroekonomi Indonesia, Atase Keuangan KBRI Brussels Saut Mulia yang membahas soal hubungan ekonomi internasional dan masih banyak lagi.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Potensi Investasi Prancis ke Indonesia

Sebelumnya, dalam penyelenggaraan France-Indonesia Business Forum 2023, Dubes Oemar menyebut bahwa Prancis dan Indonesia telah menjadi mitra strategis sejak tahun 2011, namun Indonesia hanya menempati posisi ke-30 sebagai mitra dagang Prancis.

Prancis sendiri merupakan investor terbesar ke-14 di Indonesia pada tahun 2023.

"Hal ini menandakan masih banyak potensi yang bisa digali untuk menarik investor Perancis ke Indonesia dan meningkatkan hubungan ekonomi kedua negara," kata Dubes Oemar, seperti dikutip dari laman resmi Kemlu RI. 

"Bahkan, sektor bisnis Prancis juga memiliki minat yang sama untuk berinvestasi di bidang hilirisasi industri, transisi energi, dan transformasi digital yang menjadi prioritas Pemerintah Indonesia," jelas dia ketika itu. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat