uefau17.com

Gempa Magnitudo 5,9 dan 4,8 Guncang Jepang, Tidak Ada Peringatan Tsunami - Global

, Tokyo - Gempa kuat pada Senin (3/6/2024) pagi melanda wilayah Ishikawa, Jepang, yang dilanda gempa fatal pada 1 Januari.

Badan Meteorologi Jepang mengatakan gempa magnitudo 5,9 melanda ujung utara Semenanjung Noto. Beberapa menit kemudian, terjadi gempa magnitudo 4,8. Tidak ada bahaya tsunami dari kedua gempa tersebut. Demikian seperti dilansir kantor berita AP.

Tidak ada laporan kerusakan atau cedera. West Japan Railway Co menyatakan bahwa kereta super-ekspres Shinkansen dan layanan kereta lainnya dihentikan sementara untuk pemeriksaan keselamatan, namun sebagian besar beroperasi kembali.

Otoritas Pengaturan Nuklir menyebutkan tidak ada kelainan yang ditemukan di dua pembangkit listrik tenaga nuklir di dekatnya. Salah satunya, Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Shika di Semenanjung Noto, mengalami kerusakan ringan, meskipun para pejabat menuturkan hal itu tidak memengaruhi fungsi pendinginan kedua reaktor tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Trauma Warga

Guncangan yang terjadi pada hari Senin menghidupkan kembali ketakutan di antara warga yang masih berjuang untuk pulih dari kerusakan akibat gempa pada momen Tahun Baru. Televisi publik, NHK, menayangkan sejumlah orang yang keluar rumah dan tempat penampungan sementara untuk melihat apakah ada kerusakan tambahan.

Di Kota Wajima, yang merupakan salah satu kota yang paling parah dilanda gempa pada 1 Januari, seorang operator penginapan mengatakan kepada NHK bahwa dia langsung merunduk di bawah meja resepsionis ketika gempa pertama terjadi pada hari Senin. Tidak ada benda yang jatuh ke lantai atau pecah, namun hal itu mengingatkannya pada guncangan di bulan Januari dan membuatnya khawatir jika gempa besar seperti itu terjadi lima bulan kemudian.

Gempa magnitudo 7,6 pada 1 Januari yang melanda Semenanjung Noto menewaskan 241 orang. Kerusakan masih terjadi dan banyak warga yang mengungsi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat