uefau17.com

Kekeringan Memaksa Sebuah Desa di Himalaya Nepal Direlokasi - Global

, Himalaya - Kenangan masa kecil paling awal Bhakki Gurung adalah berlari-lari di sekitar lembah yang luas dan berangin di perbatasan terpencil dan sepi antara Nepal dan Tibet. Dia ingat merasa sangat kecil, seperti pasir, di hadapan puncak-puncak bersalju yang terukir di langit biru cerulean.

Pada ketinggian 4.100 meter di Upper Mustang, musim dingin sangat keras, tetapi selama musim panas, dia ingat sungai yang airnya berkilauan dengan aliran lelehan gletser.

"Nenek moyang kami biasa mengatakan bahwa kami telah berpindah dari satu tempat ke tempat lain selama berabad-abad di wilayah ini. Berpindah adalah apa yang membentuk kami," kata Gurung, yang sekarang berusia 70 tahun. "Pada suatu titik, kami mendiami Desa Samdzong kami juga," katanya mengutip dari BBC, Sabtu (1/6/2024). 

Selama berabad-abad, keluarga-keluarga nomaden telah menggiring ternak mereka melintasi stepa Tibet utara, menjaga cara hidup yang telah berlangsung selama generasi. Penduduk Upper Mustang, yang tiba sekitar 3.000 tahun yang lalu, awalnya datang dari utara dan memiliki budaya, tradisi, bahasa, dan praktik adat mereka sendiri yang unik.

Ketika mereka memasuki Mustang, mereka mengukir gua-gua ke dinding lembah yang curam, yang sekarang dikenal sebagai gua langit, dan tinggal di sana. Seiring berjalannya waktu, mereka menetap dan membangun biara serta rumah lumpur, sambil terlibat dalam "ekonomi garam" — memperdagangkan garam dan wol Tibet melintasi perbukitan tengah dan dataran.

Para penggembala nomaden ini terus-menerus terpapar iklim keras Himalaya. Sekarang, wilayah ini dianggap sebagai titik nol untuk dampak iklim.

Bagi penduduk Samdzong, migrasi telah menjadi trik bertahan hidup paling kuno, tetapi sekarang, mereka menghadapi ancaman dalam skala yang belum pernah terjadi sebelumnya. Desa ini pertama kali dilanda kekeringan pada awal 1990-an, kata Gurung.

Aliran sungai yang berasal dari gletser perlahan menghilang. Menghadapi kenyataan keras perubahan iklim, mereka pindah sekali lagi, melakukan perjalanan sejauh 10 mil (16 km) dari desa mereka, dan meninggalkan tanah leluhur serta warisan budaya mereka pada tahun 2012.

Musuh Tanpa Wajah

Tanah di bawah sebagian besar Samdzong tidak seperti dulu lagi. Saluran irigasi yang berjalan di sepanjang dasar sungai yang hampir kering tidak memiliki air untuk mengairi tanah, memperburuk tantangan pertanian selama musim kemarau, dan menyebabkan pertumbuhan tanaman yang buruk. Ternak mati dan penduduk lokal merasa frustrasi.

Wilayah ini juga mengalami hujan yang semakin memburuk selama musim panas. Tiba-tiba, ada lebih banyak air. Di wilayah trans-Himalaya yang menerima kurang dari 200 mm (7,9 inci) hujan per tahun, hujan dan salju yang tidak menentu dapat menyebabkan krisis air yang semakin dalam.

Artinya, hari-hari hujan atau salju semakin sedikit, tetapi curah hujan semakin berat pada hari-hari tersebut. Hasilnya adalah banjir dan kekeringan di tempat yang sama. Dan di desa pegunungan seperti Samdzong, ini sering datang dalam bentuk banjir bandang yang merusak.

Para ahli telah menyimpulkan bahwa peristiwa lain pada tahun 1988 disebabkan oleh curah salju yang berat disertai dengan suhu yang relatif tinggi, memicu banjir luapan danau es yang signifikan. Luapan tersebut melanda empat desa, menjatuhkan batu-batu besar, menghancurkan lebih dari 36 rumah, dan menyapu pergi banyak ternak, memaksa keluarga untuk pindah ke tempat lain. Lanskap masih dipenuhi dengan puing-puing dan batu-batu besar, menjadi pengingat yang kuat akan peristiwa tersebut.

Sementara itu, pada akhir tahun 1990-an, kekeringan semakin memburuk, kata Gurung. "Saya kehilangan dua bayi saya yang baru lahir. Kami tidak memiliki cara untuk mendapatkan bantuan atau perawatan medis," katanya. "Sepertinya musuh tanpa wajah telah meletakkan kutukan pada desa kami. Saya berdoa dan berdoa, kepada para dewa dan leluhur kami. Tapi tidak ada yang berhasil."

Tidak ada listrik, rumah sakit, kantor polisi, atau pusat kesehatan di sudut terpencil Nepal ini. Studi menunjukkan bahwa tingkat kemiskinan di daerah pegunungan melebihi tingkat di bagian lain negara tersebut, dengan banyak penduduk menghidupi diri dengan tingkat nafkah minimum. Karena itu, dan karena kerapuhan padang rumput, peristiwa cuaca ekstrem seringkali menjadi bencana di Himalaya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Keputusan Masing-masing

Dengan hati yang berat, desa harus membuat keputusan penting – apakah mereka akan tetap tinggal atau pergi.

Gurung mengingat hari ketika desa mengadakan pertemuan kelompok yang akan menentukan masa depan desa. Pada musim panas tahun 2006, hampir setiap penduduk desa dengan enggan memutuskan untuk meninggalkan rumah mereka. Meskipun banyak orang tua dengan tegas menyatakan bahwa mereka tidak ingin meninggalkan rumah leluhur mereka – satu-satunya sisa dari sejarah, kenangan, dan budaya mereka – karena khawatir akan masa depan generasi berikutnya, mereka merasa tidak punya pilihan.

"Menghadapi pemusnahan seperti itu, kami perlu mencari cara alternatif untuk memikirkan masa depan anak-anak kami. Pilihan itu dipaksa kepada kami," kata Pasang Tsering, seorang pemimpin lokal.

Penduduk kemudian meminta izin dari raja Mustang saat itu untuk pindah ke tanah subur sekitar 11 km dari desa lama. Di tengah-tengah semua ini, pada bulan Agustus 1997, seorang biksu dari kota tetangga Lo Manthang berhasil mendapatkan dukungan dari fotografer Swiss Manuel Bauer. Bauer membantu penduduk desa untuk pindah dengan mengumpulkan dana melalui ceramah di Swiss.

Pada tahun 2016, 17 rumah tangga yang terdiri dari 86 penduduk telah direlokasi dari Samdzong ke pemukiman baru yang mereka beri nama "Namashung", yang berarti padang rumput hijau. Para penduduk desa senang pindah lebih dekat ke kota Lo Manthang, yang dahulu merupakan ibu kota Kerajaan Lo, dengan harapan akan membawa mereka kemakmuran ekonomi.

Biaya untuk Memindahkan Sebuah Desa

Biaya untuk memindahkan sebuah desa bisa menjadi sangat tinggi, baik dalam hal finansial maupun tenaga manusia. Proses membangun Namashung memakan waktu lebih dari lima tahun. Ini dimulai dengan tugas membersihkan batu-batu besar yang tersisa dari banjir danau es tahun 1988. Alokasi lahan dilakukan dengan membagi area yang tersedia menjadi permukaan yang sama dan didistribusikan melalui sistem lotere.

Sumber daya lokal seperti tanah dan kapur menjadi bahan bangunan rumah-rumah baru penduduk, sementara material-material penting seperti paku, kunci, dan kaca diperoleh dari pasar-pasar regional. Para penduduk merobohkan perabotan di rumah mereka yang sudah ada untuk menggunakan elemen kayu tersebut kembali untuk membangun rumah-rumah baru di Namashung karena kekurangan kayu di daerah tersebut. Sebagian besar pekerjaan konstruksi dilakukan oleh anggota keluarga dengan bantuan kerabat dan teman-teman, sebagai bentuk pertukaran jasa.

Selain biaya langsung seperti pembelian bahan bangunan dan peralatan, ada juga biaya tidak langsung yang perlu dipertimbangkan, seperti waktu dan tenaga manusia yang dibutuhkan untuk membangun kembali infrastruktur dan rumah-rumah.

Selain itu, ada biaya sosial dan emosional yang terkait dengan meninggalkan rumah leluhur, seperti penyesuaian dengan lingkungan baru dan kehilangan ikatan sosial dengan tetangga lama.

Namun, meskipun biaya dan tantangan yang terlibat, pembangunan kembali desa seperti Namashung dapat menjadi investasi jangka panjang dalam meningkatkan kualitas hidup penduduk dan memberikan mereka kesempatan untuk membangun masa depan yang lebih baik.

3 dari 4 halaman

Tersisa 5 Penduduk

Kembali ke desa lama, rumah-rumah masih berdiri berdebu cokelat oleh pasir. Hanya lima penduduk desa yang tinggal di Samdzong. Tinzen Angmu, yang berusia 65 tahun, adalah salah satunya.

"Kami dulu menanamkan sawi, gandum, dan gandum dua kali setahun," katanya, mengolah tanah. Karena tidak ada cukup air sekarang, mereka hanya menanam gandum sekali setahun, dan itu tidak mencukupi bahkan untuk lima orang. Kerabat mereka yang telah pindah memberi mereka makanan yang tidak dapat mereka tanam sendiri.

"Kami hanya lima orang di sini, terlalu tua untuk pergi dan memulai dari awal di desa baru. Ini adalah satu-satunya rumah kami," katanya. "Semuanya baik di sini. Kecuali untuk kekosongan... itu kadang-kadang menakutkan."

Di Samdzong, bekas luka erosi terlihat, dan para ahli memperingatkan bahwa ada risiko tinggi luapan banjir danau es serta longsor. Menurut laporan dari Kam for Sud, sebuah kemitraan pengembangan berkelanjutan Swiss-Nepal, lokasi baru tersebut "lebih menguntungkan dalam hal risiko geologis". Warga setempat mengatakan bahwa irigasi dan ketersediaan air telah meningkat setelah pemindahan tersebut.

Meskipun demikian, Gurung dan penduduk desa lainnya merindukan fragmen-fragmen masa lalu, seperti biara-biara, rumah-rumah, dan gua-gua langit, yang tetap tak tergantikan.

Tsering, pemimpin lokal di Namashung, mengatakan bahwa belum semua tantangan pemukiman ulang terselesaikan. Para penduduk harus berbagi sumber air mereka dengan desa tetangga Nenyol. Komunitas tersebut menyatakan kekhawatiran bahwa pasokan air sudah sangat langka. Sementara itu, penduduk Namashung masih belum memiliki hak kepemilikan tanah yang aman karena mereka menunggu persetujuan dari keluarga kerajaan sebelumnya.

Pasang Dolma Sherpa dari Center for Indigenous Peoples' Research and Development, sebuah lembaga nirlaba yang berdedikasi untuk memajukan hak-hak masyarakat pribumi di Nepal, mengatakan bahwa memastikan hak atas tanah bagi komunitas rentan seperti Samdzong sangat penting.

Tanpa hak tersebut, mereka rentan terhadap pengusiran, marginalisasi, dan diskriminasi. Dia menekankan bahwa pemerintah setempat perlu memvalidasi proses tersebut dan mengeluarkan sertifikat kepemilikan tanah setelah para penduduk pindah untuk mengformalkan pemukiman ulang.

'Tanah Baru'

Meskipun memiliki tanah baru, tampaknya penduduk lokal harus berdamai dengan kemungkinan kehilangan sebagian besar warisan material mereka. Biara-biara bersejarah dan gua-gua langit mereka terancam oleh krisis iklim.

Di Mustang, peningkatan curah hujan telah mengganggu arsitektur tanah. Angin yang lebih kencang, kelembaban, dan suhu yang lebih tinggi telah memengaruhi biara-biara abad ke-15, dengan dinding putih mereka yang dulu sekarang memudar menjadi abu-abu pucat. Di beberapa daerah Mustang, penduduk lokal sedang berupaya untuk melestarikan biara-biara Nepal yang hancur. Di Samdzong, warisan budaya ini juga terancam. Gua-gua desa ini berisi pemakaman yang rumit dan memberikan wawasan tentang sejarah pra-Buddhis Himalaya.

"Kami hanya menerima kehilangan rumah dan biara kami yang tercinta," kata Tsering. "Di desa kami, tidak ada yang memiliki sifat kepemimpinan. Kami adalah penggembala dan peternak; kami tidak mendapatkan pendidikan. Inilah bagaimana kami hidup selama berabad-abad."

Migrasi yang dipicu oleh perubahan iklim terjadi di seluruh Nepal, dan situasi di Samdzong dapat dianggap sebagai lambang dari tren lebih luas yang dihadapi banyak komunitas Himalaya. Desa tetangga Dhye telah memindahkan seluruh pemukiman mereka ke tempat yang lebih subur dan aman, meskipun dengan biaya sejarah, kenangan, dan tradisi mereka. Desa lain, Yara, juga menghadapi kemungkinan harus pindah suatu saat nanti.

Di Nuwakot di Nepal bagian tengah, hampir seluruh penduduk secara bertahap bermigrasi seiring waktu karena kekhawatiran akan kelangkaan air. Demikian pula, di distrik Ramechhap lainnya, sebuah komunitas nelayan pindah secara tiba-tiba karena sungai mereka mengering, sementara yang lain memutuskan untuk menunggu. Orang-orang bermigrasi ke dataran lebih rendah untuk memenuhi kebutuhan dasar dan mencari penghidupan yang lebih baik, yang mengakibatkan konflik internal dalam rumah tangga.

"Kemungkinan untuk tetap tinggal di daerah pedesaan semakin menantang," kata Amina Maharjan, seorang spesialis senior untuk mata pencaharian dan migrasi di International Centre for Integrated Mountain Development di Patan, Nepal. "Sementara Samdzong dapat memindahkan lokasi dengan dukungan internasional, baik Nuwakot maupun Ramechhap merasa tidak mampu mengakses bantuan internasional atau pemerintah."

"Sebagian besar dari populasi yang rentan terhadap perubahan iklim ini mundur dari daerah-daerah yang stres ke daerah baru atas inisiatif mereka sendiri dengan sedikit atau tanpa dukungan pemerintah. Beban adaptasi semata-mata ada pada populasi yang rentan," katanya.

Samdzong hanya merupakan salah satu contoh, kata Maharjan. "Migrasi ini yang terus berlanjut sangat terasa. Kami telah menyaksikan banyak individu melarikan diri dari daerah-daerah yang kering di seluruh mata pencaharian pedesaan yang tidak lagi layak," katanya. "Populasi migran global hampir meningkat secara signifikan dalam dekade terakhir, menyoroti kekhawatiran mendesak untuk menangani jumlah individu yang terus bertambah yang terdampak. Krisis iklim akan membuat banyak daerah berisiko tinggi tidak layak dihuni, memaksa orang untuk bermigrasi."

4 dari 4 halaman

Bermigrasi Secara Bertahap

Di Nuwakot di Nepal bagian tengah, hampir seluruh populasi secara bertahap bermigrasi seiring waktu karena kekhawatiran akan kelangkaan air. Demikian pula, di Distrik Ramechhap lainnya, sebuah komunitas nelayan pindah secara tiba-tiba karena sungai mereka mengering, sementara yang lain memutuskan untuk menunggu. Orang-orang bermigrasi ke dataran yang lebih rendah untuk memenuhi kebutuhan dasar dan mencari penghidupan yang lebih baik, yang mengakibatkan konflik internal dalam rumah tangga.

"Kemungkinan untuk tetap tinggal di daerah pedesaan semakin menantang," kata Amina Maharjan, seorang spesialis senior untuk mata pencaharian dan migrasi di International Centre for Integrated Mountain Development di Patan, Nepal. "Sementara Samdzong dapat memindahkan lokasinya melalui dukungan internasional, baik Nuwakot maupun Ramechhap merasa tidak mampu mengakses bantuan internasional atau pemerintah."

"Sebagian besar dari populasi yang rentan terhadap perubahan iklim ini mundur dari daerah-daerah yang stres ke daerah baru atas inisiatif mereka sendiri dengan sedikit atau tanpa dukungan pemerintah. Beban adaptasi semata-mata ada pada populasi yang rentan," katanya.

Samdzong hanya merupakan satu contoh, kata Maharjan. "Migrasi ini yang terus berlanjut sangat terasa. Kami telah menyaksikan banyak individu melarikan diri dari daerah-daerah yang kering di seluruh mata pencaharian pedesaan yang tidak lagi layak," katanya. "Populasi migran global hampir meningkat secara signifikan dalam dekade terakhir, menyoroti kekhawatiran mendesak untuk menangani jumlah individu yang terus bertambah yang terdampak. Krisis iklim akan membuat banyak daerah berisiko tinggi tidak layak dihuni, memaksa orang untuk bermigrasi."

Kenaikan Suhu

Suhu di Upper Mustang diperkirakan akan naik 6°C hingga 10°C di musim dingin dan 4°C hingga 10°C selama periode musim hujan pada akhir abad ke-21.

Banyak yang khawatir bahwa yang terburuk masih akan datang bagi wilayah yang lebih luas. Es dan salju yang terdapat di pegunungan Hindu Kush Himalaya (HKH) menyediakan air tawar bagi dua miliar orang di Asia. Menurut sebuah studi tahun 2023, gletser di HKH bisa kehilangan hingga 80% volume saat ini pada tahun 2100. Dari Afghanistan, India, hingga Pakistan, penduduk desa di pedesaan mengalami kombinasi kekeringan yang merusak jangka panjang dan hilangnya gletser yang dahulu menyediakan air leleh untuk irigasi.

Dharam Uprety, seorang spesialis ketahanan iklim dan peneliti di Universitas Tribhuwan di Kirtipur, Nepal, mengatakan bahwa secara global, komunitas yang tinggal dekat dengan alam, terutama mereka yang bergantung pada sumber daya alam untuk kehidupan mereka, adalah di antara yang pertama kali mengamati pergeseran seperti peningkatan suhu, curah hujan yang tidak teratur, perubahan pola musim, rute migrasi yang berubah, intensifikasi angin dan gelombang, penurunan gletser, kekeringan, dan kenaikan permukaan air.

"Tetapi apa yang dulunya perubahan kecil dan agak mengkhawatirkan sekarang telah meningkat menjadi tingkat ekstrem, yang menghasilkan berbagai bencana yang belum pernah terjadi sebelumnya dan berkelanjutan bagi komunitas manusia yang paling rentan dan rapuh di seluruh dunia," kata Uprety.

Tidak ada Salju 

Musim dingin ini tidak ada salju sama sekali di Mustang, kata penduduk desa padaku. Mereka sekarang bersiap diri untuk musim kering yang terkenal, khawatir pasokan air yang sudah rapuh dapat semakin berkurang.

Kembali ke Samdzong, desa itu sunyi; tidak ada suara hewan ternak yang melengking atau anak-anak berlarian di luasnya lanskap yang kering. Hanya sesekali suara gemuruh batu atau puing yang diaduk angin yang memecah keheningan.

Gurung berjalan diam-diam di padang rumput kering yang akrab di depan rumah lamanya di Samdzong tempat dia menghabiskan masa kecilnya. Ketika ditanya bagaimana masa depannya dan komunitasnya, Gurung menunduk dan berkata: "Tanah kami menyimpan sejarah kami, dan sejarah kami memberi nafas kehidupan pada eksistensi kami. Dengan tanah leluhur kami, pondasi kita sendiri, berada dalam risiko, hidup kami berada dalam risiko konstan."

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat