uefau17.com

Presiden Vietnam Mundur Akibat Kampanye Anti-Korupsi, Menteri Keamanan Publik To Lam Jadi Calon Kuat Penganti - Global

, Hanoi - Partai Komunis Vietnam telah mencalonkan Menteri Keamanan Publik To Lam, untuk menjadi presiden baru negara itu, kata media pemerintah pada Sabtu (18/5/2024), setelah pendahulunya mengundurkan diri sebagai bagian dari pembersihan besar-besaran anti-korupsi.

Ribuan orang – termasuk pejabat tinggi dan pemimpin bisnis senior – telah terperangkap dalam tindakan keras terhadap korupsi, yang dipimpin oleh Sekretaris Jenderal Partai Komunis Nguyen Phu Trong.

Komite pusat partai telah menyetujui “pencalonan Kamerad To Lam, anggota Politbiro, Menteri Keamanan Publik untuk dipilih sebagai Presiden,” lapor Kantor Berita Vietnam seperti dikutip dari Channel News Asia, Minggu (19/5).

Lam, 66 tahun, telah menjadi menteri keamanan publik sejak tahun 2016 dan mengambil tindakan keras terhadap gerakan hak asasi manusia di negara komunis tersebut.

Pencalonannya dilakukan setelah pengunduran diri Vo Van Thuong pada bulan Maret, selang satu tahun menjabat sebagai presiden, dan menjadi pemimpin terbaru yang gagal dalam upaya pemberantasan korupsi.

Tran Thanh Man, 61 tahun, juga dinominasikan sebagai ketua baru Majelis Nasional Vietnam, kata media pemerintah, dan menjadi salah satu dari empat pemimpin paling berkuasa di negara tersebut.

Man, yang saat ini menjabat sebagai wakil ketua majelis nasional, menggantikan Vuong Dinh Hue, yang meminta mundur bulan lalu karena “pelanggaran dan kekurangannya”.

Nominasi tersebut telah diterima oleh komite pusat partai namun akan secara resmi dipilih oleh Majelis Nasional, yang dijadwalkan bertemu minggu depan.

Seluruh pimpinan puncak “harus benar-benar bersatu, benar-benar menjadi teladan, sepenuh hati dan mengabdi pada tujuan bersama”, VNA melaporkan komite pusat mengatakan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pejabat Lain yang Mundur, Pergolakan Politik Vietnam

Pada hari Kamis, Truong Thi Mai juga mengundurkan diri. Dia adalah anggota tetap sekretariat di komite partai pusat – posisi paling penting dalam politik Vietnam di luar struktur kepemimpinan empat pilarnya.

Dengan mundurnya Mai, politbiro yang tadinya beranggotakan 18 orang turun menjadi 12 orang setelah juga kehilangan dua presiden, ketua Majelis Nasional, wakil perdana menteri, dan ketua komisi ekonomi partai dalam 18 bulan terakhir.

Namun, partai tersebut mengatakan pada hari Kamis bahwa empat anggota baru telah ditunjuk, termasuk Bui Thi Minh Hoai, menggantikan Mai sebagai satu-satunya perempuan di politbiro.

Pergolakan politik ini sangat tidak biasa di Vietnam, dimana selama bertahun-tahun semua perubahan diatur secara hati-hati dengan penekanan pada stabilitas yang hati-hati.

Gerakan antikorupsi terbukti populer di masyarakat.

Namun para analis memperingatkan gejolak ini dapat mengancam reputasi stabilitas negara tersebut, yang telah membantunya membangun perekonomian manufaktur yang didorong oleh ekspor, yang memproduksi produk-produk untuk merek-merek besar global.

Selain para pemimpin politik, tokoh-tokoh bisnis besar juga ikut terjerumus dalam tindakan pembersihan tersebut, dengan taipan properti Truong My Lan dijatuhi hukuman mati bulan lalu dalam kasus penipuan bernilai miliaran dolar.

Semua ini terjadi ketika Vietnam berupaya meningkatkan investasi asing – khususnya dari Amerika Serikat – untuk mengembangkan perekonomiannya dari lapangan kerja manufaktur bernilai rendah ke industri teknologi tinggi.

 

3 dari 3 halaman

Sepak Terjang To Lam di Pemerintahan

To Lam yang dicalonkan jadi presiden Vietnam menghabiskan seluruh karirnya di kementerian rahasia keamanan publik, yang menangani pemantauan perbedaan pendapat dan pengawasan terhadap aktivis di negara otoriter tersebut.

Kelompok hak asasi manusia mengatakan pemerintah, dalam beberapa tahun terakhir, telah meningkatkan tindakan keras terhadap kelompok masyarakat sipil.

Lam juga menjabat wakil ketua komite pengarah anti-korupsi.

Menurut Zachary Abuza, seorang profesor di National War College di Washington, Lam telah mempersenjatai investigasi anti-korupsi untuk “secara sistematis menjatuhkan saingannya di politbiro yang memenuhi syarat untuk menjadi sekretaris jenderal” Partai Komunis, yang merupakan posisi paling kuat di Vietnam. sistem politik. Selain Perdana Menteri Pham Minh Chinh, "menjadikan To Lam sebagai orang terakhir yang bertahan".

Pencalonan To Lam ini hampir tiga tahun setelah ia difilmkan menikmati sepotong steak yang disiram daun emas di sebuah restoran di London, tak lama setelah meletakkan karangan bunga di makam Karl Marx.

Insiden pada tahun 2021 itu memicu kemarahan online di Vietnam, di mana rata-rata rakyatnya berpenghasilan hanya beberapa dolar sehari.

Restoran tersebut, Nusr-Et Steakhouse, dinamai sesuai nama koki Turki Nusret Gokce - yang dikenal oleh hampir 40 juta pengikut Instagram-nya sebagai Salt Bae - menyajikan steak yang dibungkus dengan daun emas 24 karat yang dapat dimakan, dilaporkan berharga lebih dari $1.000.

Lam juga merupakan ketua komite pengarah di Dataran Tinggi Tengah, sebuah wilayah yang sangat sensitif yang telah lama menjadi pusat ketidakpuasan atas isu-isu termasuk hak atas tanah dan merupakan rumah bagi beberapa kelompok etnis minoritas.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat