uefau17.com

Israel Belah Jalur Gaza dengan Jalan Baru, Ahli: Penghalang bagi Pengungsi untuk Pulang - Global

, Gaza - Pasukan Pertahanan Israel (IDF) telah selesai membangun jalan baru yang melintasi Gaza utara dari timur ke barat. Demikian menurut citra satelit yang diverifikasi oleh BBC.

IDF mengatakan kepada BBC bahwa mereka berusaha mendapatkan "pijakan operasional" dan memfasilitasi pergerakan pasukan dan peralatan. Namun, beberapa ahli khawatir hal itu akan digunakan sebagai penghalang, mencegah warga Palestina kembali ke rumah mereka di Gaza Utara.

Yang lain mengatakan hal itu tampaknya merupakan bagian dari rencana Israel untuk tetap berada di Jalur Gaza setelah perang saat ini berakhir. Demikian seperti dilansir BBC, Senin (11/3/2024).

Pada Februari, Perdana Menteri (PM) Benjamin Netanyahu mengungkapkan visi pasca perang di mana Israel akan mengontrol keamanan Jalur Gaza tanpa batas waktu.

Para pemimpin internasional sebelumnya telah memperingatkan Israel agar tidak menggusur warga Palestina secara permanen atau mengurangi luas Jalur Gaza.

Jalur baru melintasi Gaza Utara, dengan wilayah tengah dan selatan terletak di bawahnya. Dimulai dari pagar perbatasan Gaza dengan Israel di dekat Kibbutz Nahal Oz dan berakhir di dekat pantai. Jalur ini juga bersinggungan dengan Jalan Salah al-Din dan al-Rashid, dua arteri utama yang melintasi wilayah tersebut.

Meskipun terdapat jaringan jalan yang menghubungkan timur dan barat, rute baru yang dibangun IDF adalah satu-satunya yang melintasi Jalur Gaza tanpa gangguan.

Analisis citra satelit oleh BBC mengungkapkan IDF telah membangun ruas jalan baru sepanjang lebih dari 5 km untuk menghubungkan jalan-jalan yang sebelumnya tidak terhubung.

Bagian awal jalan di timur Gaza dekat perbatasan Israel dibangun antara akhir Oktober lalu dan awal November. Namun, sebagian besar ruas baru dibangun pada Februari dan awal Maret.

Rute baru ini lebih lebar dari jalan biasa di Jalur Gaza, tidak termasuk Salah al-Din.

Analisis pencitraan juga menunjukkan bahwa bangunan-bangunan di sepanjang jalur yang tampak seperti gudang dibongkar sejak akhir Desember hingga akhir Januari. Ini termasuk satu gedung setinggi beberapa lantai.

Jalan tersebut membentang di wilayah yang sebelumnya memiliki lebih sedikit bangunan dan kepadatan penduduknya lebih sedikit dibandingkan wilayah lain di Gaza.

Lokasinya juga berada di bawah jalur darurat dan berkelok-kelok yang digunakan IDF untuk bergerak dari timur ke barat.

Sebuah saluran TV Israel, Channel 14, melaporkan bahwa jalan baru ini diberi nama kode "Highway 749".

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Akses Cepat

Analis Janes, sebuah perusahaan intelijen pertahanan, mengungkapkan jenis permukaan jalan tidak beraspal yang terlihat dalam rekaman Channel 14, cocok untuk kendaraan lapis baja yang dilacak.

IDF tidak merinci hal tersebut dalam pernyataannya.

"Sebagai bagian dari operasi darat, IDF menggunakan jalur operasional," sebut IDF.

Pensiunan Brigadir Jenderal Jacob Nagel, mantan kepala Dewan Keamanan Nasional Israel dan mantan penasihat keamanan Netanyahu, mengatakan kepada BBC Arab bahwa tujuan rute baru ini adalah untuk memberikan akses cepat bagi pasukan keamanan ketika menghadapi ancaman baru.

"Ini akan membantu Israel masuk dan keluar ... karena Israel akan mempunyai pertahanan, keamanan dan tanggung jawab penuh atas Jalur Gaza," kata Nagel kepada BBC Arab.

Nagel menggambarkannya sebagai "jalan yang memisahkan bagian utara dan selatan".

"Kami tidak ingin menunggu sampai ancaman muncul," ujarnya.

3 dari 3 halaman

Proyek Jangka Panjang

Mayor Jenderal Yaakov Amidror, mantan IDF, memiliki pandangan serupa Nagel. Tujuan utama dari jalan baru ini menurutnya adalah untuk memfasilitasi kontrol logistik dan militer di wilayah tersebut.

Sementara itu, mantan perwira Angkatan Darat Inggris yang menjalankan Sibylline, sebuah perusahaan intelijen risiko, Justin Crump mengatakan rute baru ini penting.

"Ini jelas merupakan bagian dari strategi jangka panjang untuk melakukan setidaknya beberapa bentuk intervensi dan kontrol keamanan di Jalur Gaza," terang Crump.

"Daerah ini memotong Kota Gaza dari selatan jalur tersebut, menjadikannya garis kendali yang efektif untuk memantau atau membatasi pergerakan, dan memiliki medan tembak yang relatif terbuka."

Khaled Elgindy, peneliti senior di Middle East Institute yang berbasis di Amerika Serikat, juga berpendapat bahwa jalan tersebut adalah proyek jangka panjang.

"Tampaknya militer Israel akan tetap berada di Gaza tanpa batas waktu," ungkap Elgindy kepada BBC.

"Dengan membagi Gaza menjadi dua, Israel tidak hanya akan mengontrol apa yang masuk dan keluar dari Gaza, tapi juga pergerakan di dalam Gaza. Hal ini termasuk kemungkinan besar mencegah 1,5 juta pengungsi Palestina di wilayah selatan untuk kembali ke rumah mereka di wilayah utara."

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat