uefau17.com

Pidato Tahun Baru, Vladimir Putin Puji Tentara Rusia dan Sebut 2024 Tahun Keluarga - Global

, Moskow - Presiden Vladimir Putin memuji tentara Rusia dalam pidato Malam Tahun Barunya pada Minggu 31 Desember 2023, dengan alasan bahwa masyarakat telah "bersatu" di belakang Kremlin dalam pesan yang diperkecil dan tidak menyebut Ukraina.

Berbeda sekali dengan tahun lalu, ketika pemimpin Kremlin menyampaikan pidato agresif yang diapit oleh tentara Rusia, Putin menggambarkan tahun 2024 sebagai "tahun keluarga" dengan latar belakang tradisional Kremlin.

"Kami telah berulang kali membuktikan bahwa kami mampu menyelesaikan tugas-tugas tersulit dan tidak akan pernah mundur, karena tidak ada kekuatan yang dapat memisahkan kami," kata Vladimir Putin dalam pesan yang disiarkan di TV pemerintah seperti dikutip dari AFP, Senin (1/1/2024).

Pidato Tahun Baru 2024 tersebut disampaikan ketika Putin bersiap untuk kampanye pemilihan umum kembali pada tahun 2024, di mana konflik di Ukraina kemungkinan besar akan dikalahkan oleh prioritas dalam negeri seperti ekonomi dan inflasi.

Dia tidak menyebutkan serangan hari Sabtu (30//12) di Kota Belgorod, Rusia, di mana para pejabat mengatakan serangan ke Ukraina menewaskan sedikitnya 24 orang --sejumlah media menyebut 30 orang-- dan melukai puluhan lainnya, namun memuji tentara.

"Kepada semua orang yang bertugas, di garis depan perjuangan untuk kebenaran dan keadilan," kata Putin, "Anda adalah pahlawan kami. Hati kami bersama Anda. Kami bangga pada Anda, kami mengagumi keberanian Anda."

"Kami bersatu dalam pikiran kami, dalam kerja keras dan dalam pertempuran," katanya, seraya menambahkan bahwa orang-orang Rusia memahami bahwa negara mereka sedang melewati apa yang disebutnya sebagai "tahap sejarah" yang signifikan.

"Kami akan memastikan pembangunan Tanah Air yang penuh percaya diri, kesejahteraan warga negara kami, dan kami akan menjadi lebih kuat lagi," lanjut Putin dalam pidato penutupnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tradisi Pidato Tahun Baru

Adapun pidato Malam Tahun Baru yang disiarkan televisi, meneruskan tradisi yang dimulai oleh pemimpin Soviet Leonid Brezhnev, merupakan acara pokok di Rusia dan ditonton oleh jutaan orang di Negeri Beruang Merah.

Acara ini ditayangkan tepat sebelum tengah malam di masing-masing 11 zona waktu Rusia, dan biasanya merupakan ringkasan singkat peristiwa tahun lalu serta harapan untuk tahun depan.​

3 dari 4 halaman

Vladimir Putin Penjarakan Kritikus Pemerintah ke Siberia

Sementara itu, sebelumnya Vladimir Putin jadi sorotan karena pemerintah Rusia mengirim Alexei Navalny ke penjara Siberia yang berada di Arctic. Navalny merupakan sosok yang kerap mengkritik rezim Vladimir Putin yang sudah lama berkuasa. 

Navalny telah dipenjara sejak 2021 dan pada awal 2022 ia divonis sembilan tahun penjara karena dituduh penipuan. Amnesty International menyebut tuduhan itu bersifat politis. Tetapi kini hukumannya menjadi 19 tahun karena dituduh mendukung organisasi ekstrem.

Dilaporkan BBC, Rabu (27/12/2023), pihak Navalny menuliskan di situs X bahwa ia menjadi Santa Claus baru, pasalnya ia dipindahkan ke koloni hukuman IK-3 yang berada di kawasan Arctic. Lokasi itu dijuluki "Serigala Kutub" dan berlokasi di kota Kharp, distrik otonom Yamalo-Nenets.

IK-3 dikenal sebagai salah satu penjara paling keras di Rusia dan mayoritas narapidana di tempat itu didakwa atas kejahatan-kejahatan serius.

Navalny berkata ia ditransportasi dengan sangat hati-hati melalui "rute yang amat aneh".

Meski demikian, Navalny mengaku dalam keadaan sehat. 

"Terima kasih banyak atas dukungan kalian!" ujarnya. "Jangan khawatir tentang saya. Saya baik-baik saja."

Namun, kepala staf dari Navalny, Leonid Volkov, mengaku tetap khawatir atas nyawa Navalny, sebab sebelumnya Navalny juga pernah diracun. Volkov juga berkata pemindahan ke Siberia bersifat paksa.

"Kami khawatir. Kami tidak lupa sedetik pun bahwa ia ditahan oleh orang yang sama yang mencoba membunuhya tiga setengah tahun lalu dan bahwa ia merupakan tahanan politik yang sangat pribadi milik Putin," kata Volkov.

4 dari 4 halaman

Vladimir Putin Ingin Rusia Punya Stasiun Ruang Angkasa Sendiri pada 2027

Selain itu, Presiden Rusia Vladimir Putin sebelumnya juga disorot perihal bagian pertama stasiun orbit baru Rusia yang harus dioperasikan pada tahun 2027. Proyek ini dianggap Moskow sebagai pengembangan logis berikutnya dalam eksplorasi ruang angkasa setelah Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

"Ketika sumber daya Stasiun Ruang Angkasa Internasional habis, kita tidak hanya membutuhkan satu segmen, tapi seluruh stasiun untuk dapat dioperasikan," kata Putin, seperti dikutip CNA, Sabtu (28/10).

"Dan pada tahun 2027, segmen pertama harus ditempatkan di orbit."

Dalam pertemuan dengan para pejabat industri antariksa, Putin juga berjanji untuk melanjutkan misi Rusia ke Bulan, meskipun gagal melakukan penjelajahan pertama dalam 47 tahun pada bulan Agustus.

Dia mengatakan pengembangan stasiun tersebut harus berjalan "pada waktu yang tepat", dan jika tidak, program Rusia berisiko tertinggal dalam hal pengembangan penerbangan luar angkasa berawak.

Stasiun baru tersebut, sebut Putin, harus "mempertimbangkan semua pencapaian kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dan memiliki potensi untuk melaksanakan tugas-tugas masa depan".

Yuri Borisov, kepala badan antariksa Rusia Roscosmos, mendukung posisi Putin sebagai sarana untuk mempertahankan kemampuan negaranya dalam penerbangan luar angkasa berawak.

"ISS semakin tua dan akan berakhir sekitar tahun 2030," kata agensi Rusia mengutip pernyataannya kepada wartawan.

"Jika kita tidak memulai pekerjaan skala besar untuk membuat stasiun orbital Rusia pada tahun 2024, kemungkinan besar kita akan kehilangan kemampuan karena kesenjangan waktu. Maksud saya adalah ISS tidak akan ada lagi dan stasiun Rusia tidak akan ada lagi, tidak akan siap."

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat