uefau17.com

1 Desember 2013: Tragedi Kereta Tergelincir di New York Tewaskan 4 Orang - Global

, New York - Sebuah kereta commuter mengalami kecelakaan di tikungan di Bronx, New York, pada hari Minggu, 1 Desember 2013, menewaskan empat orang dan melukai puluhan lainnya, kata penyelidik.

Kereta itu, yang membawa tujuh gerbong penumpang dan lokomotifnya, tergelincir di dekat stasiun Spuyten Duyvil, sekitar 10 mil atau sekitar 16 km di utara Terminal Grand Central Manhattan, seperti yang dilaporkan oleh Badan Keselamatan Transportasi Nasional atau National Transportation Safety Board (NTSB).

Tiga dari korban tewas terlempar keluar dari kereta ketika "keluar jalur dan berputar-putar," kata Kepala Departemen Pemadam Kebakaran New York, Edward Kilduff, kepada wartawan.

Seorang penumpang yang selamat, Amanda Swanson, mengatakan kepada CNN, bahwa jendela-jendela gerbong pecah, dan "kerikil terbang ke arah wajah kami."

"Aku benar-benar tidak tahu apakah aku akan selamat," kata Swanson, yang menempatkan tasnya di depan wajahnya untuk melindungi diri dari reruntuhan. "Kereta terasa seperti terguling dan ditarik untuk waktu yang lama... Semuanya terasa seperti bergerak dalam kecepatan lambat."

Melansir dari CNN, kereta itu sedang dalam perjalanan menuju Grand Central dari Poughkeepsie, 74 mil (119 km) di sepanjang Sungai Hudson, ketika tergelincir sekitar pukul 7:20 pagi, kata anggota NTSB, Earl Weener.

Sedikitnya 67 orang terluka, kata Joe Bruno, komisioner manajemen darurat New York, dengan 11 orang dalam kondisi kritis pada Minggu malam, kata Gubernur Andrew Cuomo kepada wartawan.

Lokomotif diesel itu sedang mendorong gerbong penumpang melalui tikungan dengan kecepatan 30 mph di utara stasiun saat kecelakaan terjadi, kata Weener. Dia mengatakan konfigurasi itu salah satu dari banyak hal yang akan diselidiki untuk mencari penyebab kecelakaan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Korban dan Rekaman Sudah Ditemukan

Para penyelidik langsung mengambil perekam kejadian dari lokomotif dan gerbong lainnya, tetapi belum memeriksanya pada hari itu, kata Weener.

"Misi kita adalah untuk memahami tidak hanya apa yang terjadi, tetapi mengapa itu terjadi, dengan maksud mencegahnya terulang lagi," katanya.

Ada sekitar 150 orang di dalam kereta saat kecelakaan terjadi, kata Laureen Coyne, direktur manajemen risiko Otoritas Transit Metropolitan New York, yang mencakup kereta api Metro-North. Salah satu gerbong berhenti hanya beberapa kaki dari Sungai Harlem.

Otoritas Transit Metropolitan New York telah mengidentifikasi korban tewas sebagai: Donna L. Smith (54) dari Newburgh, New York; James G. Lovell (58) dari Cold Spring, New York; James M. Ferrari (59) dari Montrose, New York; dan So Kisook Ahn (35) dari Queens, New York.

Lovell bekerja sebagai audio freelancer dan sedang menuju New York untuk bekerja pada hari Minggu pagi, kata Dave Merandy, anggota dewan kota di komunitas Hudson Valley, Philipstown.

"Ia sangat mencintai keluarganya dan melakukan apa pun yang diperlukan untuk menjaga keluarganya. Dia adalah orang hebat," kata Merandy.

Istri Lovell, Nancy Montgomery, duduk di dewan Philipstown, dan Merandy serta Lovell adalah teman sekelas di sekolah menengah, kata Merandy. Ia meninggalkan tiga putra dan seorang putri dari pernikahan sebelumnya.

"Kami hanya terkejut. Benar-benar terkejut," kata Merandy.

3 dari 5 halaman

Disangkut Pautkan dengan Kecelakaan Sebelumnya

Lin Hudson Metro-North memiliki jumlah penumpang 15,9 juta tahun lalu, dengan ratusan orang naik kereta saat jam sibuk di hari kerja, kata pejabat.

Operator kereta, yang juga terluka, mengatakan kepada penyelidik bahwa ia telah menggunakan rem, tetapi kereta tidak melambat, kata seorang pejabat penegak hukum yang berada di lokasi kejadian dan terbiasa dengan penyelidikan tersebut.

"Itu akan menjadi titik perhatian utama, apakah kereta ini bergerak terlalu cepat," kata Bruno.

Sebuah kereta barang juga mengalami kecelakaan di tikungan yang sama pada bulan Juli, merusak sekitar 1.500 kaki rel, kata MTA pada waktu itu.

Weener mengatakan bahwa NTSB akan menyelidiki apakah ada hubungan antara kecelakaan itu dan kecelakaan hari Minggu, tetapi baik dia maupun Cuomo menolak kemungkinan tersebut.

"Tikungan ini sudah ada selama bertahun-tahun, kan, dan kereta melaluinya setiap hari, 365 hari dalam setahun... Kami selalu memiliki konfigurasi ini. Kami tidak pernah mengalami kecelakaan," kata Cuomo. "Jadi pasti ada faktor lain, dan itulah yang ingin kita pelajari dari NTSB."

Penyelidik akan melihat kondisi rel, sistem sinyal, kinerja kru, dan faktor-faktor lainnya. Mereka juga akan mencari data dan rekaman video yang mungkin merekam detail terkait dengan kecelakaan, kata Ketua NTSB, Deborah Hersman.

"Kami memiliki banyak pekerjaan yang harus dilakukan," katanya. "Kami tidak memiliki banyak jam siang untuk melakukannya, tetapi kami akan melakukan sebanyak yang kami bisa."

Insiden tersebut dengan cepat menimbulkan obrolan di Twitter dan menarik kerumunan penonton ke lokasi kejadian.

Penumpang Frank Tatulli mengatakan kepada WABC bahwa ia merasa kereta itu "berjalan dengan kecepatan yang jauh lebih cepat" dari biasanya.

Ia berhasil keluar dari gerbong yang tergelincir sendiri dan mengalami cedera pada kepala dan leher, katanya kepada WABC. Penumpang lain masih berada di dalam kereta, katanya kepada WABC.

4 dari 5 halaman

Saksi dan Korban dengar Rintihan Minta Tolong

Seorang korban lainnya mengatakan kepada WABC bahwa ia naik dari gerbong kereta yang terbalik. Di sekitarnya, katanya, ia mendengar korban yang terluka merintih dan meminta pertolongan.

"Aku hampir merasa bersalah," katanya. "Aku berada di tempat yang benar-benar aman di dalam kereta, persis di tempatnya jatuh."

Swanson mengatakan kepada CNN bahwa gerbong kereta tempatnya berada berhenti dengan benturan keras.

"Aku hanya menutup mataku dan berharap kepada Tuhan bahwa aku akan bisa menelepon ibuku dengan berita baik," kata Swanson. Ia keluar dari kereta dengan ponselnya di tangan: "Layar hancur, tapi masih berfungsi," katanya.

Di antara yang terluka, satu orang mengalami cedera pada sumsum tulang belakang yang bisa membuatnya lumpuh dari leher ke bawah, kata Dr. David Listman, direktur departemen darurat di Rumah Sakit St. Barnabas di Bronx.

Rumah Sakit New York-Presbyterian mengatakan sedang merawat 17 pasien, empat di antaranya dalam kondisi kritis.

Otoritas federal juga menyelidiki insiden Metro-North lainnya di mana dua kereta penumpang bertabrakan selama jam sibuk di Connecticut pada bulan Mei.

5 dari 5 halaman

Pejabat Minta Periksa Kondisi Rel

Meskipun belum ada hubungan antara insiden tersebut, seorang anggota dewan negara bagian mengatakan pada hari Minggu bahwa kecelakaan tersebut merupakan tanda bahwa penyelidik federal harus memeriksa kondisi rel di seluruh wilayah.

"Penting untuk memeriksa infrastruktur rel regional secara menyeluruh untuk mengidentifikasi masalah kronis yang telah menyebabkan kecelakaan masa lalu atau bisa menyebabkan kecelakaan di masa depan untuk memastikan keselamatan jutaan orang yang menggunakan kereta setiap hari," kata Senat Negara Bagian New York Charles J. Fuschillo Jr. dalam sebuah pernyataan.

Layanan dihentikan pada bagian Hudson Line pada hari Minggu dan tidak akan dilanjutkan sampai NTSB selesai mendokumentasikan lokasi kejadian dan mengembalikan rel ke MTA untuk diperbaiki, kata Cuomo.

"Saya pikir sudah tepat untuk mengatakan bahwa besok, orang-orang yang menggunakan jalur ini harus merencanakan perjalanan yang lama atau menggunakan Jalur Harlem," kata Cuomo.

Kereta Amtrak dihentikan antara New York dan Albany selama beberapa jam setelah kecelakaan. Pada sore hari Minggu, pejabat mengatakan layanan akan dilanjutkan dengan kecepatan terbatas di daerah tersebut. "Beberapa keterlambatan dapat diharapkan," kata Amtrak.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat