uefau17.com

Museum di Inggris Kolaborasi Hadapi Krisis Iklim, Kelola Koleksi Pakai Cara Berkelanjutan hingga Ajak Pengunjung Kontribusi - Global

, London - Museum-museum nasional dan regional di Inggris telah sepakat untuk mengambil tindakan kolektif dalam menghadapi krisis iklim. Upaya tersebut mencakup pengelolaan koleksi secara lebih berkelanjutan dan pemanfaatan peran mereka dalam mengajak pengunjung terlibat dalam permasalahan lingkungan.

Melansir dari The Guardian, Jumat (10/11/2023), perwakilan museum, organisasi terkait, dan pihak yang memberikan dukungan finansial turut ambil bagian dalam UK Museum Cop pertama di Tate Modern, London pekan lalu.

Mereka yang hadir berasal dari berbagai museum dan organisasi di kota-kota seperti Birmingham, Manchester, Bristol, Brighton, Leeds, Derby, Liverpool, York, Sheffield, dan London. Selain itu, juga ada badan-badan nasional dari Inggris, Wales, dan Skotlandia.

Museum-museum dan galeri ternama seperti Tate telah memutuskan hubungan sponsorship dengan perusahaan energi fosil dalam beberapa tahun terakhir setelah mendapat tekanan dari para aktivis lingkungan. British Museum, meskipun tidak ikut dalam Museum Cop, mengumumkan tahun ini bahwa mereka telah mengakhiri kerja sama sponsorship dengan BP setelah bekerja sama selama 27 tahun.

Dalam pernyataan yang disebut sebagai 'komitmen pertama untuk aksi kolektif', para pemimpin museum menyatakan bahwa mereka merasa memiliki kewajiban untuk mengadvokasi tentang isu krisis iklim dan keanekaragaman hayati.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Peran Strategis Museum dalam Krisis Iklim

Museum dianggap sebagai lembaga dengan visi jangka panjang. Banyak di antaranya memiliki koleksi terkait lima peristiwa kepunahan massal yang terjadi di Bumi sebelumnya, dan saat ini kita sedang berada di tengah-tengah peristiwa kepunahan massal keenam, yang dikenal sebagai Anthropocene.

Para pemimpin museum di Inggris merasa memiliki tanggung jawab moral untuk mengambil langkah-langkah guna mengurangi dampak negatifnya, seperti yang diungkapkan dalam pernyataan sebelumnya.

Mereka berkomitmen untuk memanfaatkan koleksi, program, dan pameran mereka untuk melibatkan masyarakat dalam isu krisis iklim serta memberi inspirasi untuk mengambil tindakan positif.

Selain itu juga dengan menjalankan pengelolaan koleksi dengan cara yang lebih berkelanjutan, mengembangkan dan menerapkan rencana dekarbonisasi, serta meningkatkan keanekaragaman hayati di area hijau museum.

 

3 dari 4 halaman

Visi Jangka Panjang Museum

Maria Balshaw, Kepala Dewan Direktur Museum Nasional yang mengadakan Cop, dan direktur Tate, mengungkapkan, "Museum dan galeri memiliki perspektif unik sebagai lembaga yang harus melihat ke depan dalam misi melestarikan koleksi dan narasi untuk masa depan yang jauh."

Ia menambahkan bahwa konferensi tersebut menyepakati sejumlah tindakan penting untuk mengurangi pengaruh museum terhadap lingkungan dan menunjukkan bagaimana museum dapat memberikan inspirasi untuk tindakan positif dalam masyarakat.

Nick Merriman, kepala eksekutif Horniman Museum and Gardens di London selatan sekaligus ketua Cop, menyatakan, "Museum memiliki peran istimewa dalam perdebatan tentang krisis iklim dan keanekaragaman hayati karena mereka dapat melihat secara lebih panjang daripada siklus waktu pendek dalam politik dan ekonomi."

"Fakta bahwa seluruh sektor museum bersatu dalam menekankan urgensi tindakan ini merupakan hal yang sangat berarti. Kami akan bekerja sama untuk mewujudkan tindakan-tindakan yang telah kami sepakati," Nick Merriman menambahkan.

4 dari 4 halaman

Komitmen dan Tindakan untuk Keberlanjutan Lingkungan

Konferensi tersebut mengajak para politisi dan pelaku bisnis di Inggris untuk segera mengambil langkah terhadap perubahan iklim sebelum terlambat.

Laporan ini menyarankan perlunya perubahan cepat dalam undang-undang perencanaan dan peningkatan investasi untuk memastikan keberlanjutan bangunan bersejarah. Selain itu, semua museum diharapkan menerapkan prinsip pengelolaan yang lebih ramah lingkungan dalam segala aspek praktik mereka.

Konferensi juga menekankan pentingnya memasukkan pendidikan dan pelatihan mengenai keberlanjutan lingkungan dalam sektor ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat