uefau17.com

Rumah Sakit Indonesia di Jalur Gaza Kekurangan Bahan Bakar, Listrik Mati 48 Jam ke Depan - Global

, Jakarta - Rumah Sakit Indonesia di Jalur Gaza utara mengalami kekurangan bahan bakar dan meminta negara-negara Arab serta PBB untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mengatasi krisis tersebut.

Dalam sebuah pernyataan yang diterbitkan di surat kabar Jerusalem Post, Hamas mengatakan mereka menganggap pemadaman listrik sebagai akibat dari agresi Israel yang terus berlanjut terhadap Gaza sejak 7 Oktober, dikutip dari Anadolu, Selasa (24/10/2023).

“Aib bagi negara-negara yang menutup mata atau bergabung dengan pendudukan dalam agresi dan genosida terhadap rakyat kami dan warga sipil tak bersenjata.”

Kelompok tersebut memperingatkan “konsekuensi dari pengabaian krisis bahan bakar, karena hal ini akan mengakibatkan hal buruk bagi semua korban luka dan pasien di rumah sakit.”

Rumah Sakit Indonesia di Gaza tidak dapat digunakan karena fasilitas vitalnya terganggu pada Senin (23/10) akibat pemadaman listrik, menurut sumber medis.

Kementerian Kesehatan di Gaza pada Selasa (24/10) pagi memperingatkan bahwa generator listrik di semua rumah sakit akan berhenti berfungsi dalam 48 jam ke depan karena kekurangan bahan bakar.

“Kami memiliki waktu kurang dari 48 jam sebelum semua generator listrik di rumah sakit kehabisan bahan bakar,” kata juru bicara kementerian Ashraf Al-Qudra dalam pernyataan singkat di Telegram.

Dia menambahkan bahwa kebutuhan mendesak rumah sakit harus diprioritaskan dalam hal distribusi bantuan, dan mendesak PBB dan Komite Palang Merah Internasional untuk mendorong izin pasokan bahan bakar dan unit darah untuk mendukung sektor kesehatan di Jalur Gaza, Palestina yang terkepung.

Video yang beredar secara online menunjukkan tim medis di rumah sakit menerima pasien yang diangkut oleh petugas ambulans sambil menggunakan senter.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perang Israel Vs Hamas Tewaskan 5.087 Orang di Gaza, Sekitar 40 % Anak-anak

Hampir 5.100 warga Palestina telah terbunuh di Jalur Gaza sejak Israel melancarkan serangan pemboman tanpa henti terhadap daerah kantong yang terkepung tersebut, setelah serangan Hamas di wilayah Israel lebih dari dua minggu lalu. Demikian menurut info pejabat kesehatan Gaza soal korban perang Israel vs Hamas di wilayahnya, mengutip Al Jazeera, Selasa (24/11/2023).

Sekitar 40 persen dari 5.087 orang yang tewas adalah anak-anak, kata Kementerian Kesehatan Gaza pada Senin 23 Oktober, hari ketika tentara Israel mengatakan mereka melancarkan lebih dari 300 serangan udara baru dalam waktu 24 jam. Para pejabat Palestina mengatakan lebih dari 400 orang tewas dalam periode tersebut.

Ribuan bangunan hancur, dan lebih dari satu juta orang mengungsi di wilayah tersebut, yang dikepung dan sebagian besar kekurangan air, makanan, dan pasokan dasar lainnya.

Pertempuran berkecamuk semalaman setelah Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu berjanji bahwa Israel akan "menghapus Hamas", sebuah kelompok bersenjata yang menguasai Gaza, ketika invasi darat besar-besaran akan terjadi.

Serangan Hamas di Israel selatan menewaskan sedikitnya 1.400 orang, sebagian besar warga sipil, menurut pejabat Israel.

Pada hari Senin, militer Israel mengatakan mereka telah mencapai "lebih dari 320 sasaran militer di Jalur Gaza" dalam 24 jam sebelumnya.

Dikatakan bahwa target tersebut "termasuk terowongan yang berisi teroris Hamas, puluhan pusat komando operasional" serta "kompleks militer dan pos pengamatan" yang digunakan oleh Jihad Islam Palestina, kelompok bersenjata lainnya.

Kantor media pemerintah Gaza mengatakan lebih dari 60 orang tewas dalam serangan malam itu, termasuk 17 orang dalam satu serangan yang menghantam sebuah rumah di Gaza utara, dan setidaknya 10 orang tewas dalam serangan baru pada Senin pagi.

3 dari 4 halaman

Kesaksian Warga Gaza Soal Pengeboman Israel

Di selatan, warga Rafah Mohammed Abu Sabalah mengatakan dia kembali ke rumah dari masjid setelah salat subuh pada hari Senin dan "seperempat jam kemudian terjadi pemboman".

"Kami tidak dapat melihat apa pun karena asap tebal," katanya, seraya menambahkan "Kami bersyukur kepada Tuhan bahwa kami berhasil keluar dengan selamat" dan "hanya beberapa jendela dan pintu yang hancur".

Tala Herzallah, 21, yang mengungsi ke selatan menyusul perintah Israel untuk meninggalkan Jalur Gaza utara pada 13 Oktober, mengatakan tadi malam “tidak dapat “digambarkan dengan kata-kata”.

"Kami benar-benar gemetar karena ketakutan. Kami tidak tahu apakah kami akan bangun dalam keadaan hidup atau tidak," kata Tala, seraya menambahkan bahwa dia bangun di pagi hari karena "serangkaian pemboman" di dekatnya.

4 dari 4 halaman

Israel Bombardir Selatan Gaza Meski Imbau Warga di Utara Mengungsi ke Sana

Israel terus membombardir bagian selatan Gaza meskipun telah memberitahu 1,1 juta orang di bagian utara wilayah kantong yang terkepung itu untuk pindah ke sana, menjelang serangan darat yang diperkirakan akan dilakukan.

"Kami dipindahkan dari Tal al-Hawa ke Rafah atas permintaan tentara Israel, dan inilah yang terjadi pada kami. Anak saya adalah seorang martir berusia 3 bulan,” kata ayah dari seorang anak yang tewas dalam serangan di Rafah kepada Al Jazeera.

Pasukan Israel dilaporkan berkumpul di dekat perbatasan Gaza, dan unit-unit yang lebih kecil telah melakukan serangan terbatas, menargetkan Hamas dan berharap untuk menyelamatkan tawanan yang diambil kelompok itu dari Israel pada 7 Oktober. Israel kini menyebutkan jumlah tawanan sebanyak 222 orang.

Dalam salah satu operasi tersebut, seorang tentara Israel berusia 19 tahun tewas dan tiga lainnya luka-luka, kata militer, seraya menambahkan bahwa operasi tank tersebut bertujuan "untuk membongkar infrastruktur teror… dan menemukan orang dan jasad yang hilang".

Hamas mengkonfirmasi bentrokan tersebut, dan mengatakan bahwa para anteknya menghadapi unit lapis baja Israel yang menyusup ke timur Khan Younis di Gaza selatan. Kelompok itu mengatakan para anggotanya menghancurkan beberapa peralatan militer Israel.​

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat