uefau17.com

9 Fakta Calon Istri Pangeran Mateen, Anak Sultan Brunei yang Bakal Menikah Januari 2024 - Global

, Bandar Seri Begawan - Pangeran Muda Abdul Mateen Bolkiah akan menikah dengan Dayang Anisha Rosnah Adam dalam upacara kerajaan yang gemerlap Januari 2024 mendatang, demikian dilaporkan Harian Metro.

Menurut Radio Television Brunei, seperti dikutip dari DailyStar.my, Senin (9/10/2023), rangkaian acara pernikahan Pangeran Mateen tersebut akan dilangsungkan selama 10 hari dimulai dengan majlis istiadat bersuruh di-Raja atau lamaran kerajaan pada 7 Januari.

Akad nikah atau upacara pernikahan akan menyusul pada 11 Januari. Puncak perayaan 10 hari ini adalah resepsi pernikahan kerajaan di Istana Nurul Iman pada 14 Januari.

Pasangan kerajaan Brunei Darussalam tersebut kemudian akan melakukan prosesi pernikahan di ibu kota Brunei, Bandar Seri Begawan. Perjamuan akan diadakan untuk mengakhiri perayaan pernikahan pada malam tanggal 15 Januari. Sejumlah media melaporkan bahwa pesta akhirnya diadakan pada 16 Januari.

Pengeran Muda 'Abdul Mateen adalah putra Penguasa Brunei Sultan Hassanal Bolkiah dan mantan istrinya Datin Paduka Seri Mariam Abdul Aziz.

Wanita yang beruntung menjadi pengantin Pangeran Mateen dilaporkan adalah seseorang yang dekat dengannya – cucu dari Penasihat Khusus ayahnya. Anisha Rosnah binti Adam kabarnya adalah cucu dari Pehin Dato’ Haji Isa Ibrahim.

Mengutip situs Singapura Must Share News, pangeran berusia 32 tahun itu disebutkan sebagai sosok pangeran yang paling dekat dan pangeran tampan di kawasan. Oleh karena itu, kabar pernikahannya membuat hati banyak penggemar patah hati.

Situs itu mengatakan potret resmi Pangeran Mateen dan tunangannya disiarkan di TV pemerintah Brunei pada Sabtu (8 Oktober).

Berikut ini sembilan fakta tentang Anisha Rosnah binti Adam calon istri Pangeran Mateen, mengutip situs Murai.MY:

  1. Tak banyak yang bisa diungkap dari profil Anisha Rosnah binti Adam. Ia diketahui memiliki sebutan Yang Mulia Dayang Anisha Rosnah binti Adam atau Anisha Isa Kalebic.
  2. Mengutip situs pemerintahan Brunei, pmo.gov.bn, diketahui bahwa ia cucu pendiri maskapai penerbangan Royal Brunei Airlines. Sang kakek Pehin Dato Haji Isa adalah pendiri Royal Brunei Airline. 
  3. Anisha Rosnah binti Adam juga cucu seorang pembesar Brunei yang kini menjabat Penasihat Khusus Sultan dan Menteri di Departemen Perdana Menteri di pemerintahan Brunei. Kakeknya golongan pembesar kerajaan yang bergelar "Pehin Orang Kaya Laila Setia Bakti Diraja". Pada 1968, kakek Anisha Isa diangkat menjadi Wakil Jaksa Agung dan Wakil Menteri Besar pada 1970. Setahun kemudian, yakni 1971 hingga 2005, ia diangkat sebagai Penasihat Umum Sultan dan Yang Di-Pertuan Negara Brunei Darussalam. Sejak itu, kakek Anisha dekat dengan anggota pemerintahan. Pada November 1974 hingga Januari 1984, Pehin Dato Awang Isa menjabat sebagai Founding Chaieman Royal Brunei Airlines yang didirikannya.
  4. Anisha Rosnah dan Pangeran Mateen sudah saling mengenal sejak kecil. Hal ini terungkap dari unggahan Danial, kakak Anisha di media sosial. Melalui Instagram, ia pernah mengunggah potret dirinya bersama Mateen sewaktu kecil.
  5. Kakak kandung Anisha yang akrab disapa Danial Ceen Isa Kalebic adalah teman dekat Pangeran Mateen. Mereka kerap bertemu dan punya hobi yang sama, yakni bermain sepak bola.
  6. Anisha diketahui sebagai lulusan universitas ternama di Inggris.
  7. Anisha juga disebut punya bisnis fashion Slik Collective
  8. Selain itu, Anisha juga disebut memiliki bisnis travel bernama Authentinerary yang dibangun bersama sahabatnya, Emily.
  9. Anisha disebut sebagai sosok yang suka travelling. Dalam potret yang beredar di Instagramnya, Anisha kerap berkunjung ke beberapa negara.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hat-Trick Pernikahan Anak Sultan Brunei Selalu Bulan Januari

Pangeran dan calon istri terlihat di pernikahan lainnya. Pernikahan Pangeran Mateen bukanlah kejutan bagi mereka yang telah mengikuti beritanya dengan cermat.

Dia dan Anisha sudah sering muncul pada foto bersama dalam beberapa tahun terakhir, sering kali di berbagai acara dan dikelilingi orang lain.

Namun yang menarik, pasangan tersebut berfoto bersama kedua mempelai di pernikahan saudara perempuan Pangeran Mateen pada Januari 2022.

Mereka kemudian berfoto bersama di pernikahan saudara perempuan Pangeran lainnya pada bulan Januari tahun ini.

Apa yang bisa menjadi tanda resmi dari sebuah pasangan selain tampil di pesta pernikahan bersama?

Karena Keluarga Kerajaan Brunei tampaknya lebih memilih mengadakan pernikahan pada bulan Januari, pernikahan Pangeran pada tahun depan akan menjadikannya hat-trick pernikahan bulan Januari dalam beberapa tahun berturut-turut.

Sayangnya, kakak laki-laki Pangeran Mateen tidak bisa hadir untuk menyaksikan pernikahannya — dia meninggal pada tahun 2020 karena kegagalan beberapa organ yang disebabkan oleh penyakit autoimun.

Selamat kepada Pangeran Mateen atas pencapaiannya yang akan datang. Semoga para penggemarnya tidak terlalu patah hati dan bahagia karena dia menemukan cinta.​

 

3 dari 4 halaman

Memiliki 2,4 Juta Penggemar

Pangeran Kerajaan Brunei ini memiliki banyak penggemarPangeran Mateen, yang akun Instagramnya memiliki lebih dari 2,4 juta pengikut, memiliki banyak penggemar di seluruh wilayah berkat ketampanan dan ototnya yang kekar.

Hal ini juga membantu bahwa dia adalah pahlawan nasional yang sah, menjadi pilot helikopter terlatih dan mayor di Angkatan Udara Kerajaan Brunei.

Terlebih lagi, sebagai pemain polo ia telah mewakili negaranya di Asian Games Tenggara (SEA Games), dan memenangkan dua medali perunggu.

Sang Pangeran juga sering terlihat menghadiri berbagai acara kenegaraan bersama ayahnya, Sultan Hassanal Bolkiah, sehingga ia terbiasa bertemu dengan para pemimpin dunia.

Dia juga telah melakukan pendekatan sendiri dengan tokoh dunia. Baru bulan lalu, dia berada di Singapura dan dijamu makan siang oleh Perdana Menteri Lee Hsien Loong.

 

4 dari 4 halaman

Pesta Pernikahan Pangeran Mateen Selama 10 Hari

Menurut agenda pernikahan Pangeran Mateenyang diungkap Radio Televisyen Brunei, putra mahkota berusia 32 tahun itu akan melangsungkan rangkaian pernikahan kerajaan selama 10 hari.

Mereka akan mulai pada 7 Januari dengan Proposal Kerajaan atau acara lamaran. Upacara ini akan dilanjutkan dengan upacara lainnya selama tiga hari ke depan.

Upacara Pernikahan Kerajaan, di mana upacara Islam untuk meresmikan pernikahan dilakukan, akan berlangsung pada 11 Januari.

Sementara itu pada 14 Januari akan digelar Resepsi Pernikahan Kerajaan di Istana Nurul Iman, setelah itu pasangan kerajaan akan menjalani prosesi di Bandar Seri Begawan.

Perjamuan perayaan akan diadakan pada 15 Januari, dengan upacara terakhir diadakan pada 16 Januari.​

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat