uefau17.com

Potret Megahnya Gala Dinner KTT ASEAN, Pesta Kembang Api hingga Video Mapping Hiasi Gedung di Jakarta - Global

, Jakarta - Gala dinner KTT ASEAN 2023 yang digelar pada Rabu (6/9/2023) di Hutan Kota Gelora Bung Karno (GBK), mencuri perhatian dan menuai pujian. Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Jokowi tidak hanya menjamu para pemimpin ASEAN, namun juga negara mitra, perwakilan organisasi internasional, dan sejumlah undangan lainnya.

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Jokowi hadir di Hutan Kota GBK sekitar pukul 19.1pa5 WIB dengan mengenakan pakaian khas Betawi. Keduanya kemudian menyambut kedatangan para tamu satu per satu dan melakukan sesi foto bersama sebelum memasuki area jamuan.

Sementara itu, para pemimpin negara dan organisasi internasional tampil dengan mengenakan pakaian batik motif tumpal pucuk rebung. Motif batik ini sendiri menggambarkan keselarasan hidup manusia dan alam.

Selaku tuan rumah, Presiden Jokowi mengajak para tamu undangan yang hadir untuk menikmati kebersamaan sembari menyaksikan pertunjukan. Presiden Jokowi yakin bahwa pertunjukan pada gala dinner dapat menjadi hadiah terbaik setelah serangkaian pertemuan KTT ASEAN 2023 sepanjang hari.

"Jadi, silakan duduk dan menikmati pertunjukan yang disajikan," kata Presiden Jokowi seperti dikutip dari keterangan tertulis Sekretariat Presiden, Kamis (7/9).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Makanan Khas Nusantara dari Sumatra hingga IKN

Pada gala dinner KTT ke-43 ASEAN kali ini, para undangan disuguhi beragam makanan khas nusantara dari Sumatra Utara, Jawa, dan Ibu Kota Nusantara (IKN). Sebagai makanan pembuka, para pemimpin menikmati sajian kepiting andaliman yaitu salad kepiting yang disajikan dengan saus dari rempah Andaliman dan dilengkapi dengan potongan buah semangka, biji labu, dan bayam.

Untuk menu utama, para undangan disuguhi antara lain daging wagyu khas Lampung dengan saus kemiri chimichurri dan dilengkapi dengan kentang dan kecambah kubis. Adapun untuk menu penutup, para undangan menikmati pisang bumbu dengan coklat, jasmine apple, dan matcha moss.

Selepas santap malam, para tamu undangan kemudian disuguhi beragam penampilan dari sejumlah musisi di Tanah Air. Penampilan tersebut terbagi menjadi empat segmen dengan masing-masing tema yaitu "The Sound of Indonesia, "The Soul of ASEAN", "The Wave of Tomorrow", dan "The Epicentrum of Growth".

 

3 dari 4 halaman

Momen-momen Gala Dinner KTT KE-43 ASEAN

Gala dinner di Hutan Kota GBK, Jakarta, pada Rabu mengakhiri hari kedua pelaksanaan KTT ke-43 ASEAN.

Berikut sejumlah potret Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Jokowi bersama tamu undangan dan suasana yang menggambarkan megahnya gala dinner KTT ASEAN 2023:

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Jokowi bersama dengan Wakil Presiden Amerika Serikat Kamala Harris.

<p>Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Jokowi menyambut Wakil Presiden Amerika Serikat Kamala Harris saat gala dinner KTT ASEAN 2023 di Hutan Kota Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Rabu (6/9/2023). (Dok. Muchlis Jr/Biro Pers Sekretariat Presiden)</p>

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi bersama dengan Perdana Menteri Australia Anthony Albanese dan pasangannya Jodie Haydon.

<p>Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Jokowi menyambut Perdana Menteri Australia Anthony Albanese dan pasangannya Jodie Haydon saat gala dinner KTT ASEAN 2023 di Hutan Kota Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Rabu (6/9/2023). (Dok. Muchlis Jr/Biro Pers Sekretariat Presiden)</p>

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi menyambut Presiden Filipina Ferdinand Marcis Jr dan Ibu Negara Louise Marcos.

<p>Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Jokowi menyambut Presiden Filipina Ferdinand Marcis Jr dan Ibu Negara Louise Marcos saat gala dinner KTT ASEAN 2023 di Hutan Kota Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Rabu (6/9/2023). (Dok. Muchlis Jr/Biro Pers Sekretariat Presiden)</p>

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi menyambut Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov.

<p>Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Jokowi menyambut Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov saat gala dinner KTT ASEAN 2023 di Hutan Kota Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Rabu (6/9/2023). (Dok. Muchlis Jr/Biro Pers Sekretariat Presiden)</p>

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi menyambut Perdana Menteri Laos Sonexay Siphandone dan istri Vandala Siphandone.

<p>Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Jokowi menyambut Perdana Menteri Laos Sonexay Siphandone dan istri Vandala Siphandone saat gala dinner KTT ASEAN 2023 di Hutan Kota Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Rabu (6/9/2023). (Dok. Muchlis Jr/Biro Pers Sekretariat Presiden)</p>

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi menyambut Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim dan istri Wan Azizah Wan Ismail.

<p>Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Jokowi menyambut Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim dan istri Wan Azizah Wan Ismail saat gala dinner KTT ASEAN 2023 di Hutan Kota Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Rabu (6/9/2023). (Dok. Muchlis Jr/Biro Pers Sekretariat Presiden)</p>

4 dari 4 halaman

Gala Dinner KTT ASEAN Dihadiri Megawati hingga Jusuf Kalla

Gala dinner KTT ASEAN 2023 di Hutan Kota GBK turut dihadiri pula oleh mantan Presiden Megawati Soekarno Putri, Ketua DPR RI Puan Maharani, mantan Presiden Jusuf Kalla, mantan Ibu Negara Sinta Nuriyah dan putrinya Yenny Wahid.

Berikut potret Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Jokowi bersama dengan sejumlah tamu undangan dan suasana megah gala dinner KTT ASEAN:

<p>Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Jokowi berpose bersama dengan mantan Presiden Megawati Soekarnoputri dan Ketua DPR RI Puan Maharani, serta Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim dan istri Wan Azizah Wan Ismail saat gala dinner KTT ASEAN 2023 di Hutan Kota Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Rabu (6/9/2023). (Dok. Muchlis Jr/Biro Pers Sekretariat Presiden)</p><p>Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Jokowi bersama dengan mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla saat gala dinner KTT ASEAN 2023 di Hutan Kota Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Rabu (6/9/2023). (Dok. Muchlis Jr/Biro Pers Sekretariat Presiden)</p><p>Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Jokowi bersama dengan mantan Ibu Negara Sinta Nuriyah Wahid dan putrinya Yenny Wahid saat gala dinner KTT ASEAN 2023 di Hutan Kota Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Rabu (6/9/2023). (Dok. Muchlis Jr/Biro Pers Sekretariat Presiden)</p><p>Potret megahnya gala dinner KTT ASEAN 2023 yang diwarnai pesta kembang api hingga video mapping hiasi gedung-gedung pencakar langit Jakarta. (Dok. Muchlis Jr/Biro Pers Sekretariat Presiden)</p>

<p>Potret megahnya gala dinner KTT ASEAN 2023 yang diwarnai pesta kembang api hingga video mapping hiasi gedung-gedung pencakar langit Jakarta. (Dok. Muchlis Jr/Biro Pers Sekretariat Presiden)</p><p>Potret megahnya gala dinner KTT ASEAN 2023 yang diwarnai pesta kembang api hingga video mapping hiasi gedung-gedung pencakar langit Jakarta. (Dok. Muchlis Jr/Biro Pers Sekretariat Presiden)</p>

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat