uefau17.com

Ilmuwan China Inovasi Mangkuk Toilet Super Licin untuk Hemat Air - Global

, Wuhan - Sudah bukan rahasia umum bahwa porselen menjadi salah satu bahan mangkuk toilet yang banyak dipakai dan belum ada penggantinya.

Mangkuk toilet dengan kualitas yang baik dilihat dari kelicinan permukaannya. Meski porselen memiliki tingkat kelicinan yang baik, tentu saja masih ada bahan dengan kualitas yang lebih unggul. Sebab noda kotoran beberapa kali masih menempel dan perlu untuk digosok lalu dibersihkan pada porselen, sehingga membuang banyak air. 

Sekelompok ilmuwan di Huazhong University of Science and Technology (Universitas Sains dan Teknologi Huazhong) di Wuhan, China telah mengembangkan inovasi mangkuk toilet baru yang sangat licin. Hampir tidak ada kotoran yang menempel sama sekali. 

Para ilmuwan di China itu telah meluncurkan mangkuk toilet inovatif dari bahan sangat licin yang hampir tidak menempel pada apa pun.

Yike Li dan rekannya menciptakan mangkuk toilet ringan dari campuran plastik dan butiran pasir hidrofobik yang dilumasi dengan minyak silikon untuk mendapatkan kelicinan ekstra. 

Inovasi mangkuk toilet licin ternyata sudah banyak, namun yang paling terkenal menggunakan pelapisan teflon. Kendati demikian dikabarkan bahan tersebut sangat sensitif terhadap lecet sehingga cenderung rusak jika intensitas penggunaannya tinggi. 

Sementara material buatan ilmuwan China ini dikabarkan jauh lebih tangguh. Hal ini dikarenakan struktur bahannya. Mangkuk kloset ini menggunakan minyak silikon hingga ke lapisan dalam agar tetap licin bahkan setelah ribuan kali digunakan, digosok, dan dicuci. 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Disebut Cocok untuk Toilet Umum

Berbagai limbah umum seperti kotoran buatan, air berlumpur, susu, yogurt, madu, dan gel dari pati diuji coba pada kloset tersebut. Tidak ada yang menempel di mangkuk kloset, semua luruh berkat struktur super licin bikinan Yike Li dan rekannya. Bahkan setelah digosok dengan amplas seribu kali, semua kotoran tidak ada yang menempel, membuktikan kelicinan kloset ini unggul daripada porselen.

Kloset tersebut diberi nama The 3D-printed Abrasion-Resistant Super-Slippery Flush Toilet (ARSSFT) atau Toilet Siram Super Licin Tahan Abrasi, yang kini telah dicetak secara tiga dimensi. Cetakan uji coba tersebut memanglah sepuluh kali lebih kecil dari ukuran asli tetapi dilaporkan bahwa skala tidak mempengaruhi eksperimennya dengan cara apa pun. 

Para ilmuwan asal China tersebut mengakui bahwa penggunaan toilet ini memang dinilai cukup mahal bagi rumah tangga biasa. Namun, mereka menyarankan bahwa toilet super licin ini cocok ditempatkan seperti di toilet umum karena dapat menghemat banyak air.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat