uefau17.com

Mengenal Kepribadian Orang yang Suka Nonton Film Horor - Global

, Jakarta - Menonton film horor sebagai hobi adalah hal yang mungkin mengejutkan, melihat fakta bahwa aktivitas tersebut berkaitan dengan kengerian. Namun, tahukah Anda bahwa di balik hobi itu ada fakta kepribadian yang tersembunyi dan dapat diungkap lewat ilmu psikologi?

Film horor adalah bisnis besar. Cukup dengan mencari dengan kata kunci "horor" di internet, Anda akan mengetahui, misalnya akan ada puluhan acara atau pun film horor yang telah dijadwalkan dari September hingga akhir tahun. Rata-rata, sekitar 7 per bulan. Dengan fakta ini, wajar untuk percaya bahwa kengerian adalah hobi.

Beberapa sifat kepribadian terkait dengan kenikmatan akan merasakan "ngeri" meliputi mencari: sensasi, empati, kebutuhan akan efek, dan dark triad.

Melansir dari Mind Tools, dark triad adalah ungkapan yang mungkin belum pernah Anda dengar, namun ini adalah salah satu "kata kunci" dalam dunia psikologi. Ini mengacu pada tiga ciri kepribadian yang berbeda namun terkait: narsisme, machiavellianism, dan psikopat.

Penasaran dengan ciri kepribadian atau fakta apa yang dikatakan film horor tentang Anda, si penyuka horor?

Berikut penjelasannya merangkum dari Shirley M. Mueller, M.D., seorang dewan ilmuwan saraf bersertifikat di bidang neurologi dan psikiatri yang dikutip dari Psychology Today, Rabu (6/9/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sifat Kepribadian Si Penyuka Horor

G. Neil Martin menemukan beberapa sifat kepribadian dalam tinjauan literaturnya yang terkait dengan kenikmatan akan kengerian. Sifat-sifat tersebut meliputi pencarian: sensasi, empati, kebutuhan akan efek, dan dark triad.

Pencarian sensasi adalah motivasi yang mudah dipahami untuk mengejar kengerian. Tidak perlu penjelasan lebih lanjut. Mengenai empati, meskipun penelitian tentangnya rumit dan membingungkan, secara umum, mereka yang memiliki tingkat empati rendah lebih cenderung menyukai horor dibandingkan dengan mereka yang memiliki tingkat empati tinggi. 

Dengan kata lain, tingkat empati tinggi berkorelasi negatif dengan kenikmatan akan kengerian.

Kebutuhan akan "efek" ini berhubungan dengan keinginan kita untuk mencari pengalaman positif dan menghindari yang tidak menyenangkan. Hubungannya dengan preferensi terhadap film horor masih perlu dijelaskan, tetapi penelitian masa depan mungkin akan menjawab pertanyaan ini.

Terakhir, dark triad, terdiri dari kepribadian Machiavellian, gangguan kepribadian narsistik subklinis, dan gangguan kepribadian antisosial. Triad ini dapat tercermin dalam perilaku yang tidak berperasaan dan penuh tipu daya.

 

3 dari 4 halaman

Banyak yang Jadikan Horor Sebagai Hobi

Tidak tahu pasti berapa banyak orang Amerika yang mengoleksi horor sebagai hobi, tetapi kemungkinan besar cukup banyak, mengingat hasil pengumpulan pendapat oleh situs berita CBS yang dilakukan pada Agustus 2021 menunjukkan bahwa hampir separuh penduduk Amerika menikmati film horor. 

Mayoritas dari mereka berusia 18-34 tahun (71%), sementara yang paling sedikit adalah kaum lanjut usia 65 tahun ke atas (23%). Perbedaan antara pria dan wanita hampir tidak terlihat.

Menonton film horor tidak selalu mengakibatkan mimpi buruk seperti yang diperkirakan. Bahkan, 42 persen penonton film horor mengklaim bahwa mereka tidak pernah bermimpi buruk setelah menonton film tersebut. 

Namun, 8 persen lainnya mengaku sering mengalami mimpi buruk setelah menonton, 15 persen mengaku kadang-kadang, dan 25 persen jarang mengalaminya.

Pada tahun 2019, G. Neil Martin melakukan tinjauan literatur yang luas tentang horor yang diterbitkan dalam Frontiers in Psychology. 

Tinjauan ini berjudul "(Mengapa) Anda Suka Film Seram? Tinjauan atas Penelitian Empiris tentang Respon Psikologis terhadap Film Horor." Martin adalah anggota Fakultas Sekolah Psikoterapi dan Psikologi, Universitas Regent London.

Yang menarik dari artikel Martin bukan hanya isinya, tetapi juga tingkat popularitasnya yang tinggi. Artikel ini memiliki lebih banyak pembaca daripada 99 persen dari semua artikel di Frontier. Ini menunjukkan betapa populernya horor, bahkan di kalangan akademisi. 

 

4 dari 4 halaman

Pria Diklaim Paling Banyak Suka Horor

Tidak mengherankan bahwa pria dan anak laki-laki lebih menyukai horor dibandingkan dengan wanita dan anak perempuan. 

Pria cenderung lebih suka kengerian yang lebih grafis dan tayangan televisi yang lebih kejam. Di sisi lain, wanita menunjukkan sensitivitas terhadap rasa jijik yang lebih tinggi, yang mungkin berpengaruh pada ketidaknyamanan mereka terhadap film yang penuh kekerasan.

Ada satu kasus di mana seorang wanita berusia 44 tahun dengan cedera pada kedua amigdala-nya, tidak merasa lebih takut dibanding orang lain dalam kondisi ketakutan. 

Dia juga mengalami kesulitan mengenali ketakutan dalam wajah dan ketakutan yang berhubungan dengan interaksi sosial. Yang menarik adalah dia juga kebal terhadap kengerian dalam film.

Amigdala dikenal sebagai pusat ketakutan kita, dan kerusakan atau penurunan aktivitas amigdala bisa mengurangi respons ketakutan. Ini membawa pertanyaan menarik apakah mereka yang suka film horor mengalami stimulasi amigdala ketika menonton. 

“Saya sangat takut akan film horor dan tidak bisa menontonnya, atau apapun yang mungkin memiliki elemen menakutkan. Sebaliknya, kenalan saya sangat menyukai film horor dan bahkan mengoleksi memorabilia horor. Perbedaan dalam struktur otak kami dan proses neurokimia yang mendasarinya belum bisa dijelaskan, tetapi Martin telah membuka pintu bagi penelitian lebih lanjut,” Shirley M. Mueller menyimpulkan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat