uefau17.com

Kebakaran Hutan Kanada: 30 Ribu Orang Diperintahkan untuk Evakuasi dari British Columbia - Global

, British Columbia - Sekitar 30.000 orang diperintahkan untuk mengungsi dari rumah mereka di British Columbia, Kanada barat pada Sabtu 19 Agustus 2023 waktu setempat, di tengah ancaman kebakaran hutan yang memburuk di negara itu.

"Situasinya sangat dinamis dan jumlahnya berubah sepanjang waktu, tetapi sampai sekarang kami saat ini berada di sekitar 30.000 orang pada perintah evakuasi dan tambahan 36.000 orang pada siaga evakuasi," kata Bowinn Ma, menteri manajemen darurat dan kesiapan iklim British Columbia seperti dikutip dari Malay Mail, Minggu (20/8/2023).

Kelowna, sebuah kota berpenduduk 150.000 jiwa, diselubungi asap tebal karena wilayah tersebut menjadi pusat baru kebakaran hutan dramatis musim panas di Kanada yang telah menyebabkan jutaan hektar lahan hangus.

"Kami tidak bisa cukup menekankan betapa pentingnya mengikuti perintah evakuasi ketika dikeluarkan," kata Ma pada konferensi pers.

"Mereka adalah masalah hidup dan mati tidak hanya untuk orang-orang di properti itu, tetapi juga untuk responden pertama yang akan sering kembali untuk mencoba memohon orang untuk pergi."

Perdana Menteri David Eby memberikan angka yang sedikit berbeda untuk jumlah pengungsi di seluruh provinsi, mengatakan 35.000 orang telah diperintahkan untuk pergi dengan 30.000 disuruh bersiap untuk melarikan diri jika diperlukan.

Pihak berwenang mendesak para pencari sensasi untuk menjauh, karena kehadiran mereka dapat mengganggu pekerjaan petugas pemadam kebakaran dan responden pertama.

Eby dan Ma juga mengumumkan perintah darurat yang berusaha menghentikan kunjungan yang tidak penting ke daerah tersebut, termasuk untuk kepentingan wisata.

"Tolong jauhi saja daerah-daerah ini jika Anda tidak harus berada di sana," kata Eby.

Evakuasi itu terjadi satu hari setelah ibu kota Northwest Territories, Yellowknife, dikosongkan dalam evakuasi terbesar yang pernah ada dari wilayah tersebut.

Angin telah mengipasi kebakaran hutan ke arah Yellowknife, tetapi hujan semalam membawa sedikit bantuan pada hari Sabtu dengan penurunan suhu yang tajam, menurut prakiraan cuaca pemerintah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Status Darurat British Columbia

Keadaan darurat telah diumumkan untuk seluruh provinsi British Columbia, di mana ratusan kebakaran terpisah terjadi, demikian seperti dikutip dari BBC, Sabtu (19/8/2023).

Ratusan mil ke utara, api besar membakar kawasan Yellowknife.

Kanada mengalami musim kebakaran hutan terburuk dalam catatan, dengan setidaknya 1.000 kebakaran terjadi di seluruh negeri, menurut Canadian Interagency Forest Fire Centre.

Para ahli mengatakan perubahan iklim meningkatkan risiko cuaca panas dan kering yang kemungkinan akan memicu kebakaran hutan.

Panas yang ekstrem dan tahan lama menarik lebih banyak uap air keluar dari tanah, yang dapat menjadi pemantik kebakaran yang dapat menyebar dengan kecepatan luar biasa, terutama jika angin kencang terjadi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat