uefau17.com

Rusia hingga Ukraina, Berikut Ucapan Selamat HUT ke-78 RI dari Negara-negara Eropa - Global

, Jakarta - Rangkaian acara perayaan dan upacara kemerdekaan Indonesia yang dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah digelar di Istana Merdeka, Jakarta pada hari ini, Kamis 17 Agustus 2023. 

Berbagai ucapan atas Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 RI pun datang dari berbagai pihak termasuk sejumlah kedutaan besar negara-negara Eropa di Jakarta. 

Berikut adalah sejumlah kantor kedutaan besar negara-negara Eropa di Jakarta yang mengirimkan ucapan selamat atas HUT ke-78 RI

1. Rusia

Kantor Kedutaan Besar Rusia di Indonesia mengucapkan selamat atas HUT ke-78 RI lewat unggahan di akun Instagram @rusemb_indonesia. Dalam unggahan itu tertulis, "Dirgahayu Republik Indonesia". 

Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva, yang turut hadir dalam perayaan dan upacara kemerdekaan Indonesia di Istana Merdeka hari ini, juga mengucapkan selamat lewat Twitter @RusEmbJakarta.

"Sebagai Duta Besar Federasi Rusia untuk Republik Indonesia, saya mengucapkan selamat Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Semoga persahabatan antara kedua negara kita semakin kuat terus, sesuai dengan petuah-petuah presiden pertama Republik Indonesia Soekarno. Dirgahayu Republik Indonesia," ujarnya. 

2. Ukraina

Lewat unggahan di akun Instagram @ukraineinIndonesia, Kedutaan Besar Ukraina di Indonesia menuliskan, "Kedutaan Besar Ukraina di Indonesia mengucapkan Selamat Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-78!"

Dalam caption foto yang diunggah itu, juga disebutkan soal masyarakat Ukraina yang kini sedang berjuang untuk meraih kemerdekaannya atas invasi oleh Rusia yang masih terus berlangsung. 

"Teman kami di Ukraina sedang memperjuangkan kemerdekaannya. Semoga kemerdekaan dan kedamaian segera terwujud. Mari terus mengobarkan semangat kemerdekaan dan perdamaian," sambung pernyataan itu

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Ukraine in Indonesia (@ukraineinindonesia)

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

3. Jerman

Duta Besar Jerman untuk Indonesia Ina Lepel mengucapkan selamat atas HUT ke-78 RI lewat akun Instagram resmi @germanembassyjkt. 

"Hari ini adalah 17 Agustus, hari peringatan lahirnya Republik Indonesia yang ke-78. Terus melaku untuk Indonesia maju, inilah tema untuk perayaan tahun ini," ujarnya. 

Ia meyakini bahwa Indonesia telah melaju pesat dalam banyak hal, terlebih dalam kepemimpinan Indonesia di forum multilateral G20 dan ASEAN.

"Setelah kepemimpinan G20 yang sukses tahun lalu, tahun ini sebagai ketua ASEAN, Indonesia memikul tugas penting dalam menjaga perdamaian, stabilitas dan kemakmuran di kawasan," sambungnya.

Duta Besar Lepel juga menyebut soal komitmen Indonesia dalam sektor energi hijau, lewat kehadirannya untuk membuka pameran Hannover Messe di Jerman. Ia pun mengatakan bahwa Jerman siap untuk terus mendorong kemajuan Indonesia. 

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by German Embassy Jakarta (@germanembassyjkt)

3 dari 6 halaman

4. Polandia

Kedutaan Besar Polandia di Indonesia mengucapkan selamat atas HUT ke-78 RI lewat unggahannya di akun Instagram @pldinindonesia. 

"🇮🇩🇮🇩🇮🇩 Selamat Hari Kemerdekaan, Indonesia🇮🇩🇮🇩. Yuk kita rayakan momen ini dan berikan ucapan terbaik untuk rakyat Indonesia. Semoga negaramu terus berkembang dan berjaya!" bunyi caption dalam unggahan tersebut. 

Pesan tersebut juga mengajak masyarakat luas untuk tetap dapat memaknai pentingnya kemerdekaan. 

"Di hari yang spesial ini, semoga kita dapat terus memaknai pentingnya kebebasan dan kemerdekaan untuk seluruh negeri. Setiap negara berhak atas hidup yang merdeka dan berkembang dengan caranya masing masing," sambungnya. 

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Embassy of Poland in Indonesia (@pldiindonesia)

5. Irlandia

Kedutaan Besar Irlandia di Indonesia mmengucapkan selamat atas HUT ke-78 RI lewat unggahannya di akun Instagram @irlandiadiindonesia.

"Selamat Hari Kemerdekaan, Indonesia! 🇮🇩⠀Salam hangat untuk kedamaian, kemakmuran dan kesuksesan Indonesia yang berkelanjutan. 🙌 👏 🙏," tulis keterangan di unggahan tersebut. 

 

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Embassy of Ireland, Indonesia (@irlandiadiindonesia)

4 dari 6 halaman

6. Inggris

Lewat akun Instagram @ukinindonesia, Wakil Dubes Inggris Untuk Indonesia Dan Timor Leste Matt Downing mengucapkan HUT ke-78 RI sambil memuji kemajuan Indonesia di berbagai sektor. 

"78 tahun Indonesia merdeka. Kemajuan yang telah diraih di sejumlah sektor dari ekonomi, pendidikan, perubahan iklim, hingga teknologi digital dan keamanan siber menjadikan Indonesia salah satu mitra utama Inggris di kawasan ini," ujarnya. 

Downing juga menyorot peran Indonesia sebagai ketua ASEAN pada tahun ini, mendorong agar kedua negara bisa menciptakan kawasan Indo-Pasifik yang terbuka, stabil dan iklusif. 

"Atas nama pemerintah Inggris, saya ucapkan Dirgahayu Republik Indonesia yang ke-78. Terus melaju untuk Indonesia maju," tutupnya.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by British Embassy Jakarta (@ukinindonesia)

5 dari 6 halaman

7. Belarus

Negara Eropa lainnya yang juga mengirimkan ucapan selamat atas HUT ke-78 RI adalah Belarus. 

"Selamat #HariKemerdekaan Republik Indonesia🇮🇩 HUT-78 dari Duta Besar Belarus H.E. Valery Kolesnik dan tim Kedubes Belarus🇧🇾," tulisnya dalam akun Twitter @BelarusEmb_IDN.

8. Austria  

Kedutaan Besar salah satu negara di Eropa Tengah, Austria, mengucapkan selamat HUT ke-78 RI lewat unggahan di Instagram @austriainid dengan menuliskan, "Kedutaan Besar Austria di Jakarta mengucapkan Dirgahayu Republik Indonesia 🇮🇩🇮🇩"

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Austrian Embassy Jakarta (@austriainid)

9. Switzerland

Kedutaan Besar Swiss di Indonesia mengucapkan selamat dengan menuliskan, "🇨🇭 🇮🇩 Kami mengucapkan Selamat Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78! 🎉"

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Swiss Embassy in Indonesia (@swissinindonesia)

10. Norwegia

Dalam momen HUT ke-78 RI, Kedutaan Besar Norwegia di Indonesia mendoakan Indonesia agar menjadi negara yang semakin kuat. 

"Dirgahayu ke-78 Republik Indonesia. 🇮🇩🥳🎉 Semoga Indonesia menjadi negara yang makin maju, kuat, dan sejahtera.Merdeka! 🇳🇴🤝🇮🇩," tulis keterangan foto di akun Instagram @norwayinindonesia. 

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Norwegian Embassy in Jakarta (@norwayinindonesia)

6 dari 6 halaman

11. Prancis

Kuasa Usaha ad Interim Kedutaan Prancis untuk Indonesia Laurent Legodec mengucapkan harapannya dalam rangka HUT ke-78 RI. 

"Atas nama pemerintah Prancis, saya ingin menyampaikan harapan terbaik saya dalam rangka kepada seluruh rakyat Indonesia dalam rangka HUT ke-78 RI. Hubungan antara Prancis dan Indonesia terus menguat," ujarnya.

Ia juga menyebut soal pertemuan antara Menteri Luar Negeri dan Menteri Pertahanan kedua negara di Prancis pada 21 Juli 2023 menekankan pentingnya kemitraan bilateral antara Indonesia dan Prancis. 

"Prancis dan Indonesia berkomitmen meghadapi bersama tantangan di tingkat regional atau global demi perdamaian, stabilitas dan kemakmuran global. Dirgahayu Republik Indonesia," tutupnya.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Embassy of France in Indonesia (@franceenindonesie)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat