uefau17.com

NASA Kembali Jalin Komunikasi dengan Wahana Voyager 2 yang Hilang Kontak - Global

, Washington DC - NASA kembali melakukan kontak penuh dengan wahana Voyager 2 yang hilang, kata badan antariksa Amerika Serikat itu.

Pada Juli 2023, sebuah perintah yang salah dibuat untuk pesawat ruang angkasa wahana tersebut, mengubah posisinya dan memutus kontak dengan pusat kendali.

Staf menggunakan "pemancar daya tertinggi" untuk mengirim pesan ke pesawat ruang angkasa dan mengatur waktunya untuk dikirim selama "kondisi terbaik" sehingga antena berbaris dengan perintah, manajer proyek Voyager Suzanne Dodd mengatakan kepada AFP.

Butuh waktu 37 jam bagi pengendali misi untuk mengetahui apakah perintah antarbintang telah bekerja karena Voyager 2 berjarak miliaran mil jauhnya dari Bumi.

Pada periode putus komunikasi, wahana antariksa tersebut tidak dapat menerima perintah atau mengirim kembali data ke Deep Space Network NASA – serangkaian antena radio raksasa di seluruh dunia.

Tetapi badan antariksa mengkonfirmasi pada 4 Agustus bahwa data telah diterima dari pesawat ruang angkasa dan beroperasi secara normal, demikian seperti dikutip dari BBC, Sabtu (5/8/2023).

NASA mengharapkan pesawat ruang angkasa yang sarat dengan instrumen sains itu untuk tetap pada lintasan yang direncanakan melalui alam semesta.

Sebelumnya pada Senin 31 Juli 2023, badan antariksa itu mengatakan piringan besarnya di ibukota Australia, Canberra, berusaha mendeteksi sinyal nyasar dari Voyager 2. Saat itulah sinyal "detak jantung" samar pertama terdengar.

Antena telah membombardir area Voyager 2 dengan perintah yang benar, dengan harapan entah bagaimana melakukan kontak, kata Jet Propulsion Laboratory NASA, yang mengelola misi Voyager.

Probe diprogram untuk mengatur ulang posisinya beberapa kali setiap tahun untuk menjaga antenanya menunjuk ke Bumi. Pengaturan ulang berikutnya dijadwalkan pada 15 Oktober, yang diharapkan NASA jika semua upaya lainnya gagal.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sekilas Voyager 2

Voyager 2 dan kembarannya Voyager 1 adalah satu-satunya pesawat ruang angkasa yang pernah beroperasi di luar heliosphere (gelembung pelindung partikel dan medan magnet yang dihasilkan oleh Matahari). Mereka mencapai ruang antarbintang masing-masing pada 2018 dan 2012.

Wahana itu dirancang untuk mengambil keuntungan dari penyelarasan langka planet luar, yang terjadi setiap 176 tahun, untuk menjelajahi Jupiter dan Saturnus.

Voyager 2, yang dilesatkan ke angkasa luar pada tahun 1977, adalah satu-satunya pesawat ruang angkasa yang pernah terbang dengan Neptunus dan Uranus, sementara Voyager 1 sekarang hampir 15 miliar mil jauhnya dari Bumi, menjadikannya pesawat ruang angkasa paling jauh dari umat manusia.

Setelah kedua pesawat ruang angkasa kehabisan daya - diharapkan beberapa saat setelah 2025 - mereka akan terus berkeliaran di ruang angkasa.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat