uefau17.com

28 Siswa-Siswi Wisuda dari Sekolah Republik Indonesia Tokyo - Global

, Jakarta Sekolah Republik Indonesia Tokyo (SRIT) menggelar upacara wisuda dari jenjang taman kanak-kanak hingga sekolah menengah atas. Wisuda ini bertepatan dengan hari ulang tahun SRIT yang ke-61.

Pada kesempatan itu sejumlah pejabat dari KBRI Tokyo turut hadir, termasuk Wakil Dubes John Tjahjanto Boestami. Ia memberikan pesan motivasi kepada para wisudawan untuk menyambut tantangan baru dalam kehidupan. 

“Selamat kepada seluruh wisudawan dan wisudawati yang telah menyelesaikan studi di sekolah yang kita cintai banggakan ini. Apresiasi juga saya haturkan untuk seluruh guru atas bimbingan kepada putra dan putri kita semua. Wisuda hari ini adalah jembatan menuju proses berikutnya menuju lembaran baru yang pastinya akan penuh tantangan dan petualangan baru," ujar Wakil Dubes RI untuk Jepang John Tjahjanto Boestami dalam keterangan resminya, Sabtu (17/6/2023). 

Ia pun mendorong para wisudawan agar terus berjejaring dan bersama-sama menjaga SRIT. 

“Terus tingkatkan prestasi, perluas jejaring pertemanan dan jangan berhenti belajar. Mari kita sama-sama jaga SRIT. Kita jaga fasilitasnya, kita jaga kualitasnya dan kita jaga prestasinya. Jangan lupa untuk terus menjaga persahabatan diantara kalian,” tambahnya.

Wisudawan Berprestasi

<p>Foto Upacara Wisuda Sekolah Republik Indonesia Tokyo (SRIT) pada Juni 2023. Dok: KBRI Tokyo</p>

Kepala Sekolah RI Tokyo Ari Driyaningsih menjelaskan di tahun ajaran 2022/2023 ini ada tiga siswa yang berhasil masuk ke kampus negeri di tanah air dan Jepang serta raihan kemenangan berbagai lomba tingkat internasional.

“Dua siswi SRIT berhasil lolos ke Universitas Ibaraki atas nama Safrina Azwa Karimah dan Zahra Pertiwi. Sementara itu Yuri Intan Shafira berhasil masuk Teknik Industri Universitas Indonesia. Untuk prestasi non akademik ada 24 siswa siswi yang meraih juara lomba akademik tingkat nasional dan internasional," terang Ari.

Prestasi yang diraih SRIT di antaranya Macca Tanka Soemadipradja juara 2 Motion Graphic IDN International Creative Competition, Zifa Falisha Surachman juara 2 Desain Microblog dan Hana Aisyah Rustam pemenang The Best English 5th Meguro English Speech Contest.

Gelaran acara wisuda SRIT ini dimeriahkan dengan pertunjukan kesenian dari para siswa di antaranya adalah Tari Sajojo dari siswa TK, Tari Padupa dan pencak silat dari siswa SD, tari Merak dari siswa SMA serta persembahan kesenian angklung.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dubes RI di Jepang Ajak WNI Segera Daftar Pemilu Serentak 2024

Sebelumnya dilaporkan, WNI di Jepang diimbau untuk segera mendaftarkan diri sebagai pemilih di Pemilu Serentak 2024. Bertepatan dengan hari Valentine 2024, rakyat Indonesia akan memilih presiden, anggota parlemen, hingga pemimpin daerah.

Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang Heri Akhmadi menyerukan kepada WNI di Jepang untuk segera mendaftarkan diri sebagai pemilih agar tidak kehilangan hak pilihnya. Seruan ini disampaikan Dubes Heri dalam keterangan resminya yang diunggah di akun Instagram resmi KBRI Tokyo pada Selasa, 6 Juni 2023.

“Kepada seluruh WNI yang tinggal di Jepang saya menyerukan untuk bersama-sama mendaftarkan diri sebagai pemilih untuk Pemilu 2024 melalui situs web PPLN Tokyo selambat-lambatnya Selasa, 20 Juni 2023,” terang Dubes Heri, dikutip Rabu (7/6).

Dubes Heri menjelaskan Panitia Pemilihan Luar Negeri (atau PPLN) Tokyo sebagai badan ad-hoc di bawah Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menetapkan DPTLN untuk Pemilu Serentak 2024 pada 21 Juni 2023 mendatang.

Partisipasi dalam pemilu menurut Dubes Heri, bukan hanya merupakan hak individu, tetapi juga tanggung jawab sebagai warga Indonesia.

“Mari turut berperan dalam membangun demokrasi Indonesia, menyuarakan aspirasi, serta memilih pemimpin Indonesia. Ayo, kita bergerak bersama mengajak teman dan keluarga untuk mendaftarkan diri agar tingkat partisipasi pemilu di luar negeri meningkat. Ini penting dilakukan sebagai wujud nyata dukungan kita bagi Indonesia,” tegasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat